MOHAMAD YASIN

Mohamad Yasin, Lahir di Kediri, Tanggal 24 Agustus 1971. Bekerja sebagai dosen di Universitas Negeri Malang sejak tahun 1999. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
WORKSHOP ONLINE 'CARA TEPAT NAIK PANGKAT -  SERI PENDAMPINGAN PTK DAN ARTIKEL JURNAL'

WORKSHOP ONLINE 'CARA TEPAT NAIK PANGKAT - SERI PENDAMPINGAN PTK DAN ARTIKEL JURNAL'

Kemampuan menulis bagi guru sekarang sudah menjadi tuntutan. untuk pengembangan karir, guru wajib memenuhi syarat berupa karya tulis. Karya tulis yang dimaksud, dapat berupa buku, baik buku ajar maupun buku pengayaan, buku cerita, kumpulan puisi, novel, atau karya ilmiah. Karya ilmiah dapat berupa artikel yang diterbitkan di jurnal maupun majalah atau bulletin. Syarat ini seringkali menjadi penghambat kenaikan jenjang pangkat bagi guru mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka.

Selain menjadi syarat bagi pengembangan karir, menulis juga menjadi sarana bagipengembangan diri seorang guru. Guru memiliki banyak potensi dan potensi yang dimilikinya akan berkembang secara optimal dengan menulis. Hal ini didukung oleh banyaknya kondisi guru yang memperkuat peluang bagi berkembangnya kemampuan menulis. Pertama, guru selalu berinteraksi dengan ilmu pengetahuan yang bisa menjadi bahan untuk menulis. Kedua, guru selalu berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran di kelas yang bisa menjadi sumber tulisan. Ketiga, guru sering berinteraksi dengan dunia pendidikan dan berbagai kebijakannya yang dinamis yang selalu menuntutnya berpikir, mengeluarkan ide-ide inovatifnya. Keempat, banyaknya peluang lomba menulis, baik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan maupun Departemen Agama sebagai instansi yang menaunginya. Kelima, media massa menyediakan banyak rubrik pendidikan yang memungkinkan bagi guru untuk mengekspresikan gagasan-gagasan inovatifnya.

Banyak peluang menulis ada di depan mata para guru. Akan tetapi, sangat disayangkan peluang-peluang tersebut belum banyak dimanfaatkan oleh guru. Keluhan tidak bisa menulis masih saja menjadi hambatan bagi guru untuk menangkap peluang- peluang tersebut, sehingga pengembangan diri dan karirnya berjalan tidak seperti yang diharapkan. Bahkan, keluhan tidak bisa menulis juga menjadi keluhan guru Bahasa Indonesia yang semestinya lebih dekat dengan dunia tulis menulis.

Munculnya keluhan tidak bisa menulis di kalangan guru tentu saja bukan tanpa sebab. Secara umum ada beberapa kendala yang bisa ditemukan sehingga membuat tingkat partisipasi menulis di kalangan guru ini rendah. Pertama, rendahnya minat membaca dan minat menulis. Aktivitas menulis tidak bisa dilepaskan dari aktivitas membaca. Selama ini guru lebih banyak disibukkan dengan aktivitas mengajar di kelas sehingga kewajiban membaca untuk pengembangan dirinya menjadi tidak terpenuhi. Kedua, keterbatasan ketersediaan bahan bacaan yang bisa menjadi bahan tulisan. Ketiga, tidak adanya rasa percaya diri dan kurangnya pengalaman untuk menulis. Keempat, ketidakpahaman guru atas bekal-bekal keilmuan untuk bisa terampil menulis. Kelima, rendahnya motivasi untuk menulis.

Berangkat dari kondisi tersebut, Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Kabupaten Kediri merasa perlu menyelenggarakan pelatihan menulis untuk para guru. Lingkup penulisan diarahkan pada penulisan pada workshop ini adalah penulisan buku dan karya ilmiah. Hal ini mengingat kedua jenis karya tulis itulah yang diperlukan oleh guru untuk memanfaatkan peluang-peluang seperti yang disebutkan.

Workshop ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pengetahuan tentang penulisan karya tulis untuk menunjang pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru; (2) Meningkatkan kemampuan menulis karya tulis di kalangan guru.

Workshop ini diorientasikan pada guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kediri pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, mereka akan memetik manfaat kegiatan workshop ini apabila mengikuti kegiatan tersebut secara baik. Manfaat yang dimaksud, antara lain, adalah sebagai berikut: (1) Para guru memiliki motivasi dan rasa percaya diri untuk menulis, khususnya menulis buku, artikel ilmiah dan artikel ilmiah populer; (2) Para guru dapat mengembangkan potensi diri dan karirnya dengan menulis; dan (3) Para guru dapat menangkap peluang penulisan, baik di media massa maupun di berbagai penerbitan, baik mayor maupun minor

Materi workshop Penulisan Karya Tulis Untuk Menunjang Pengembang Keprofesian Berkelanjutan ini terdiri dari empat materi pokok, yaitu: (1) Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Best Practice serta mengubah laporan PTK menjadi buku; (2) Menyusun artikel ilmiah untuk diterbitkan di Jurnal dan/atau disampaikan pada Forum ilmiah; (3) Menyusun Buku Ajar dan Buku Penunjang; (4) Menyusun artikel ilmian popular untuk diterbitkan di majalah, bulletin dan media massa

Adapun pemateri dalam kegiatan Workshop ini adalah:

1. Prof. Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si (dosen Universitas Negeri Malang)

2. Mohamad Yasin, S.Kom, M.Kom (Dosen Universita Negeri Malang, Ketua Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Kabupaten Kediri)

3. Dr. Trianto, M.Pd (CEO Penerbit Klik Media Lumajang)

4. Priyandono, S.Pd (Pengawas Sekolah Cabdin Gresik, Penulis dan Wartawan)

Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Untuk Menunjang Pengembang Keprofesian Berkelanjutan untuk guru-guru ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 15 dan 16 Oktober tahun 2022. Kegiatan dalam workshop ini dikemas dengan pendekatan praktik, sehingga setiap peserta diharapkan dapat menghasilkan karya di akhir dari kegiatan workshop. Pertemuan dalam workshop ini menggunakan mode IN dan ON. Mode IN dilakukan secara online (IN), menggunakan meeting zoom sebanyak 4 kali. Tgl. 8,9, 15 dan 16 Oktober 2022. Mode ON dilakukan dalam bentuk pendampingan oleh para instruktur (ON) selama 2 hari. Tgl. 29 dan 30 Oktober 2022 (melalui grup WA). Dan diberi kesempatan mengerjakan tugas secara mandiri selama 14 hari.

Peserta workshop akan mendapatkan Kelengkapan untuk laporan pengembangan diri (SKP, kenaikan pangkat, dll.) berupa: Sertifikat diklat 32 JP dari PGRI Kabupaten Kediri, undangan, foto-foto bukti mengikuti diklat dan contoh laporan diklat dan wadah pembimbingan penulisan karya tulis melalui grup WA.

Untuk mengikuti workshop ini dapat melakukan pendaftaran melalui link di berikut ini https://bit.ly/pgrikti77. Atau dapat menghubungi nara hubung Ah. Burhanudin, M.Pd (081216370687) dan M. Aliyya Ilmi, S.Kom., M.M (085784114468).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post