Mohammad Saleh

Asli Bondowoso , SD hingga SMA di Bondowoso, kuliah di Jember dan pernah kerja di Lamongan hingga 1999 selanjutnya Kembali ke Bondowoso di SMPN 2 Tamanan hingga...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERAN GAWAI DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH  (  Tantangan hari ke 134)

PERAN GAWAI DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( Tantangan hari ke 134)

PERAN GAWAI DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

( # Tantangan hari ke 134)

Oleh Mohammad Saleh, M.Pd

Pandemi tak kunjung reda, perlahan tapi pasti selalu bertambah. Pembelajaran jarak jauh yang menjadi solusi pembelajaran mungkin akan terus berlanjut. Dampak positif dan negatif dari pembelajaran jarak jauh sudah dirasakan semuanya. Semua pihak mencari solusi terbaik agar pembelajaran terus berlangsung. Namun karena kondisi daerah yang tidak sama menyebabkan solusi tiap daerah berbeda.

Mungkin jika di tinjau dari gawai yang dimiliki siswa maka solusi yang dilakukan selama pembelajaran jarak jauh adalah sebagai berikut :

1) Jika siswa memiliki gawai semua maka pembelajaran jarak jauh bisa daring murni. keadaan seperti ini cocok untuk daerah perkotaan.

2) Jika siswa ada yang tidak punya gawai maka pembelajaran jarak jauh bisa dilkuakn dengan kombinsai anatar daring dan luring. Daring dilakukan untuk siswa yang sudah punya gawai, sedangkan luring dilakukan untuk siswa yang tidak punya gawai. Guru bisa langsung datang ke rumah siswa untuk melakukan pembelajaran.

3) Jika siswa tidak punya gawai semua maka pembelajaran jarak jauh dilakukan secara luring yaitu dengan cara guru berkunjung. Guru datang langsung kerumah – rumah siswa untuk melakukan pembelajaran.

Dalam artikel di Kompas.com pada tanggal 26 Juli 2020 dengan judul “ Blended Learning, Pembelajaran Ideal di Era New Normal” oleh Kiki Fatmawati seorang dosen di PGMI UIN STS Jambi menyebutkan bahwa Blended learning dipercaya bisa menjadi solusi yang tepat untuk Pembelajaran Jarak jauh. Karena Blended learning suatu bentuk sistem pembelajaran yang mengombinasikan sedemikian rupa antara strategi pembelajaran sinkron dan asinkron dalam rangka menciptakan pengalaman belajar untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditentukan secara optimal.

Bondowoso , 2 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Berkunjung ke rumah siswa? Sudah kami lakukan pak. Tapi apakah diberi dukungan? Tidak selalu. Malah mendapat sorotan oleh pihak yg menjadi tempat bagi kami didalam mencari solusi. Akhirnya kami sebagai pelaksana yg serba salah harus bagaimana?

03 Aug
Balas



search

New Post