Mohammad Saleh

Asli Bondowoso , SD hingga SMA di Bondowoso, kuliah di Jember dan pernah kerja di Lamongan hingga 1999 selanjutnya Kembali ke Bondowoso di SMPN 2 Tamanan hingga...

Selengkapnya
Navigasi Web
YANG TERCECER DARI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (  Tantangan hari ke 135 )

YANG TERCECER DARI PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( Tantangan hari ke 135 )

YANG TERCECER DARI PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( # Tantangan hari ke 135 )

Oleh Mohammad Saleh, M.Pd

Pembelajaran jarak jauh dilakukan selama pandemi covid -19 berlangsung. Tujuan pembelajaran jarak jauh adalah untuk memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid – 19, Mencegah penyebaran dan penularan Covid – 19 di satuan pendidikan dan memastikan dukungan psikososial bagi pendidik dan orant tua / wali.

Menurut UU no. 14 tahun 2005 guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Ada enam tugas utama guru yang harus secara utuh dijalankan agar tujuan pendidikan nasional tercapai.

Salah satu tugas utama guru adalah mendidik. Mendidik adalah mengajak, memotivasi, mendukung, membantu dan menginspirasi orang lain untuk melakukan tindakan positif yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain atau lingkungan. Mendidik lebih menitik beratkan pada kebiasaan dan keteladanan. Dalam pembelajaran jarak jauh peran guru sebagai pendidik tidak dapat dilakukan secara maksimal. Karena guru tidak bertatap muka secara langsung dengan peserta didik.

Karena kondisi pembelajaran yang demikian maka pembentukan karakter siswa melalui keteladanan tidak terlaksana. Interaksi sosial secara tatap muka antara guru dan peserta didik sangat diperlukan agar peran guru sebagai pendidik bisa dilakukan. Jika salah satu tugas utama guru tidak terlaksana maka tujuan pendidikan nasional tidak akan pernah tercapai. Dalam pembelajaran jarak jauh ada satu tugas utama guru yang tercecer yaitu mendidik.

Opini

Bondowoso , 3 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Iya Pak semoga ada perubahan yang lebih baik lagi...semangat dan sukses Pak...

03 Aug
Balas

Aamiin

04 Aug



search

New Post