MAS FAIZ MUHAMAD

Lahir di Grobogan, 17 September 1977. Saat ini aktif sebagai Staf di Korwilcam Bid. Pendidikan Kecamatan Kedungjati. Menempuh jenjang pendidikan dasar di SDN 1 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MANFAAT MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA
Kegiatan Pionering Jambore Ranting Kedungjati 2018

MANFAAT MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka adalah gerakan mendunia yang telah membentuk perkembangan pemuda dan orang dewasa. Gerakan ini awalnya dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris sekitar tahun 1906-1907.

Di Indonesia Gerakan Pramuka diresmikan melalui Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 yang kemudian diperbarui melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010. Secara umum mengikuti kegiatan Pramuka memiliki beberapa manfaat penting di antaranya :

1) Memahami nilai-nilai kepramukaan

Terdapat banyak sekali nilai-nilai luhur dalam kepramukaan seperti keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; kecintaan pada alam dan sesama manusia; kecintaan pada tanah air dan bangsa; kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan; tolong-menolong; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat; hemat, cermat, dan bersahaja; serta rajin dan terampil. Dengan mengikuti kegiatan pramuka maka diharapkan seseorang dapat memahami dan tumbuh sebagai pribadi yang baik sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

2) Mengasah keterampilan umum

Keterampilan yang secara tidak langsung menjadi terasah dari kegiatan pramuka antara lain keterampilan fisik, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, keterampilan emosional, dan keterampilan sosial.

3) Mengasah kecakapan khusus

Dalam kegiatan pramuka sendiri terdapat 10 Syarat Kecakapan Khusus (SKK) meliputi berkemah, P3K, gerak jalan, penabung, berkebun, pengamat, juru masak, pengamat, penjahit, pengaman kampung, serta pengatur ruangan. SKK tersebut tidak lain merupakan kecakapan hidup dasar yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari baik secara individu maupun berkelompok.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Betul, Pak banyak manfaat dari kegiatan Pramuka. Salam Pramuka. Salam literasi

01 Aug
Balas



search

New Post