Moh. Septa Herlambang

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Model Pembelajaran Kurikulum K13 - Kekreatifan Guru Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran
Siswa era milenial harus aktif di dalam KBM

Model Pembelajaran Kurikulum K13 - Kekreatifan Guru Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran

Siswa era milenial saat ini tentunya akan merasa bosan jika dalam pembelajarannya di kelas seorang guru masih saja memegang aktif dalam pembelajaran dan memasifkan siswa. Apalagi seorang guru yang hanya meninggalkan tugas, datang masuk kelas, menyuruh siswa untuk membuka buku dan mengerjakan lalu ditinggal entah kemana sampai waktunya selesai. Jika seorang guru era milenial saat ini masih seperti itu maka akibatnya siswa akan jenuh, malas, bosan, mengantuk di dalam kelas dan pengetahuan siswa akan kurang, serta materi tidak akan tersampaikan ke siswa secara sempurna.

Era milenial saat ini, pembelajaran harus diubah sesuai kurikulum yang saat ini ditentukan, yaitu kurikulum k13. Intinya dalam kurikulum ini, guru dituntut untuk kreatif dalam pembelajarannya, seorang guru dituntut untuk bagaimana suasana belajar siswa menjadi menyenangkan.

Selain itu inti yang mudah dipahaminya adalah siswa wajib dituntut aktif dalam pelajaran daripada seorang guru. Nah, ini tantangan guru era saat ini. mereka harus dapat menjadikan siswa aktif di dalam kelas dengan tanpa mengesampingkan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Intinya seorang guru wajib menggunakan model pembelajaran yang sesuai, atau model kekreatifan guru tersebut untuk eksen di kelas sehingga suasana pembelajaran menyenangkan, siswa dapat aktif, dan insyaallah materi yang disampaikan akan berkesan dan dapat diterima siswa dengan baik, sehingga pembelajaran berhasil.

Nah, di sini sekarang ada satu model pembelajaran yang kreatif untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan yang langsung dapat dipraktikan :

Model Pembelajaran Arisan ( Menjawab dan Menjelaskan )

Langkah-langkah :

1. Guru menyiapkan beberapa soal ( satu soal satu siswa )

2. Per item soal dilipat dan dimasukan ke dalam botol

3. Guru menunjuk setiap siswa secara acak dan mulai mengundi soal. ( soal yang keluar daro botol itulah yang akan dikerjakan siswa yang ditunjuk itu )

4. Siswa menulis soal tersebut di papan tulis ( depan ) dan menjawabnya

5. Setelah itu siswa menjelaskan alasan dari jawabannya kepada siswa lain, dan sekaligus menjelaskan materi dari soal yang dikerjakan tersebut

6. Setelah selesai menjelaskan, guru hanya sedikit memperjelas dari penjelasan siswa jika penjelasan siswa benar, jika salah barulah guru menjelaskannya.

7. Siswa yang benar menjawab dan benar menjelaskannya diberikan hadiah

8. Selanjutnya, hal yang sama kepada siswa selanjutnya yang ditunjuk guru

Hal yang perlu disiapkan :

1. Butir soal berbeda sebanyak siswa

2. Botol untuk pengundian soal

3. Spidol

4. Hadiah untuk siswa

Kelebihan Pembelajaran Arisan :

1. Siswa per siswa akan aktif

2. Mengetahui kemampuan siswa serta mental siswa

3. Pembelajaran menyenangkan

Kekurangan Pembelajaran Arisan :

1. Banyak memakan waktu

2. Jika guru tidak mampu mengkondisikan kelas, sebagian siswa akan ramai

Kesimpulan :

Guru era milenial saat ini dituntut menjadi guru professional dan kreatif dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mampu mengubah suasana belajar menjadi menyenangkan dan kreatif dan tidak monoton dengan satu model pembelajaran saja. Penyesuaian materi dengan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran itu sendiri. Dengan itu, model pembelajaran arisan dapat dicoba untuk mengembangkan ke profesionalan guru dan kekreatifan guru serta suasana pembelajaran yang segar dan menyenangkan.

Dalam versi vidio juga tersedia di link ini : https://www.youtube.com/watch?v=SrxZuUmP1go&t=83s

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

https://www.youtube.com/watch?v=SrxZuUmP1go&t=83s dalam versi vidio juga ada di link di atas lo...

21 Apr
Balas

Mantap pak

09 May
Balas

Terimakasih bang.

23 May



search

New Post