MOH. ZAINI, S.Pd.SD

TEMPAT / TGL LAHIR, SUMENEP 1981. Riwayat Pendidikan : Menempuh Pendidikan Jenjang SD Tahun 1987 - 1993 di SD N Kalianget Timur IX, SMP N 2 Kalianget Tah...

Selengkapnya
Navigasi Web
AKSI NYATA 3.3PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

AKSI NYATA 3.3PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

3.3.a.9 AKSI NYATA - MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

”PROGRAM JUMAWA”

OLEH : MOH. ZAINI

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7

SD N KALIANGET TIMUR X

KAB. SUMENEP

SALAM DAN BAHAGIA

UCAPAN TERIMA KASIH SETINGI – TINGINYA kepada Bapak Agus Nurjito selaku Falitator dan Bapak Moh. Nasimi selaku pengajar praktik yang mendampingi dan menfasilitasi saya dalam berkegiatan di Pendidikan guru penggerak Angkatan 7 ini.

"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama."- Nadiem Makarim-

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.

CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

NAMA PROGRAM ; JUMAWA – JUM’AT TAQWA.

TUJUAN

Program Jum’at Taqwa bertujuan untuk membangun kesadaran beragama warga sekolah di lingkungan SD N KALIANGET TIMUR X serta menanamkan budaya islami melalui pembiasaan membaca Surah Yaa Siin bersama di lanjutkan Sholawat, tausiah dan doa untuk keberkahan sekolah dan warga sekolah secara khusus.

LATAR BELAKANG

Pendidikan Agama Islam merupakan upaya sadar terencana dalam membekali peserta didik agar mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa dan beraklak mulia dalam dalam mengamalkan ajaran islam berdasar kitab suci AL. Qur’an melalui kegiatan pembimbingan, pelatihan dibarengi dengan tuntunan untuk saling menghormati antar sesama agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa.

Peradapan manusia dewasa ini terus mengalami perubahan. Pengembangan ilmu social, ilmu alam, ilmu pasti dan ilmu terapan lainnya di sisi lain mesti di imbangi pula dengan pengembangan ilmu agama di sekolah. Hal ini untuk merespon fenomena krisis moral yang masih sering terjadi pada generasi penerus bangsa. Oleh karenanya Peranan dan efektivitas pengajaran agama di sekolah perlu terus di gerakkan dan di tingkatkan untuk memberikan penguatan nilai - nilai spiritual bagi Peserta didik salah satunya melalui PROGRAM JUMAWA ini.

TAHAPAN AKSI NYATA – B.

DOKUMENTASI - B

DIALOG DENGAN KEPALA SEKOLAH TERKAIT PROGRAM YANG DAPAT DI LAKUKAN UNTUK MENGUATKAN NILAI RELIGIUS MURID.

DISKUSI DENGAN REKAN GURU DAN MURID TERKAIT PROGRAM UNTUK MENGUATKAN NILAI RELIGI MURID.

DISKUSI DAN KOMUNIKASI DENGAN WAMUR DAN KOMITE SEKOLAH TERKAIT PROGRAM APA YANG DAPAT DI LAKUKAN UNTUK MENGUATKAJ NILAI RELIGI MURID.

REFLEKSI 4P

PERISTIWA ; Terkait dengan aksi nyata 3.3 saya membuat program JUMAWA ( JUMAT TAQWA ). Sengaja saya lebih memilih program ini karena saya sangat tertarik dan berniat untuk lebih menguatkan nilai – nilai religi murid melalui pembiasaan membaca surah Yaa siin, Bersholawat, Tauziah serta di tutup dengan Doa bersama. Menurut saya penguatan nilai – nilai agama mesti di kokohkan pada diri murid agar mereka memliki pondasi kuat dalam menghadapi era globalisasi kekinian.

Oleh karena itulah saya pun tergerak untuk bergerak melakukan aksi nyata tersebut. Di aksi nyata tahap B, langkah saya ambil dengan mengadakan komonikasi, dialog ataupun diskusi baik dengan kepala sekolah, rekan sejawat, murid, walimurid serta komite sekolah.

Hasil aksi nyata yang di lakukan dengan berbagai pihak tersebut sejalan dengan apa yang di harapkan. Saya dapat menemukan program yang sekiranya dapat menguatkan nilai nilai religi pada murid.

PERASAAN ; Senang dan bahagia tentunya saya rasakan karena dapat melaksanakan aksi nyata alur B ini dengan berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan guru, murid, walimurid dan komite sekolah.

PEMBELAJARAN ; Sangat luar biasa sekali pembelajaran yang bisa di ambil dalam kegiatan ini. Alhamdulillah tidak ditemukan kesulitan berarti dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena pada dasarnya semua warga sekolah telah sepakat dan berkomitmen untuk membuat sebuah PERUBAHAN meski terlihat sederhana tapi akan berdampak langsung pada murid.

PENERAPAN KE DEPAN : Tentunya segala hal yang telah di lakukan perlu di tindak lanjuti. Hal pertama adalah REFLEKSI sehingga kedepan praktik baik akan tetap di lakukan dan di sisi lain bagian yang di rasakan kurang perlu di perbaiki. Tentunya itu semua di lakukan agar kegiatan dan program benar – benar berpiham pada murid.

TAHAPAN AKSI NYATA – A

DOKUMENTASI – A.

MELAKSANAKAN KEGIATAN BERTEMA RELIGIUS

IDENTIFIKASI PRAKTIK YANG TELAH DI LAKUKAN UNTUK MENGENALI DAN MENGUATKAN NILAI RELIGI MURID.

DISKUSI DENGAN WALI KELAS UNTUK MERANGKUM HASIL DARI IDENTIFIKASI YANG DI LAKUKAN.

MENANYAKAN PADA MURID SIAPA MODEL YANG DIPILIH.

REFLEKSI 4P

PERISTIWA ; Di tahap aksi nyata A ini yang merupakan AMBIL PELAJARAN. Langkah atau kegiatan yang saya lakukan adalah Mengidentifikasi praktik baik yang telah di lakukan selama ini terkait kegiatan keagamaan di sekolah, kemudian mernagku hasil identifiaksi tersebut dengan beberapa walimurid. Selain itu pula saya pun menanyakan pada murid siapa yang bisa di jadikan figure atau tokoh berkenaan dengan program yang akan di jalankan tersebut.

PERASAAN ; Perasaan bahagia dan semakin semangat dalam membuat program berdampak positif pada murid.

PEMBELAJARAN : Banyak sekali hal yang dapat di ambil sebagai pembelajaran dalam kegiatan aksi nyata ini. Misalnya saja saya melihat betapa respon murid pun juga rekan guru sangat positif dan luar biasa sehingga membuat saya makin semangat pula dalam menyelesaikan aksi nyata ini.

PENERAPAN KE DEPAN ; Tentunya apa yang telah di lakukan sebagai wujud aksi nyata tersebut perlu terus di tingkatkan agar menjadi lebih baik lagi ke depan. Dan yang terpenting adalah bagaimana saya dan seluruh warga sekolah konsisten dam komitmen dalam membuat prakarsa perubahan yang di implementasikan dalam program sekolah yang berdampak positif pada murid dari segala dimensi profil pelajar pancasila agar mereka bisa mencapai tujuan utamanya yakni keselamatan dan kebahagiaan setingginya, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

YOUTUBE :

https://youtu.be/LZAHp2DaeI8

TERIMA KASIH.

SALAM GURU PENGGERAK.

TERGERAK.

BERGERAK. .

MENGGERAKKAN. . . !!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya, salam sukses.

16 Jun
Balas



search

New Post