DEMONSTRASI KONTEKSTUAL 3.2

3.2.a.6. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL – MODUL 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
OLEH. MOH. ZAINI
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 / 299
SD N KALIANGET TIMUR X
KAB. SUMENEP.
SALAM DAN BAHAGIA.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
ANALISIS VIDEO PRAKTIK BAIK YANG MENGGAMBARKAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA SEKOLAH DENGAN MENJAWAB PERTANYAAN BERIKUT ;
Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi ?
VISI SEKOLAH dalam tanyangan video tersebut adalah TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG MANDIRI, KREATIF DAN GOTONG ROYONG SERTA BERKARAKTER DALAM MERDEKA BELAJAR.
Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video ? PRAKARSA PERUBAHAN yang di lakukan guru dalam tayangan video tersebut adalah Mewujudkan kelas yang nyaman MEWUJUDKAN KELAS YANG NYAMAN DAN MENYENANGKAN UNTUK BELAJAR.
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut ? PERTANYAAN UTAMA : Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
B-UAT PERTANYAAN.
Pertanyaan ;
Bagaimana cara menumbuhkan semangat belajar pada murid ?
Bagaimana cara mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan agar murid semangat belajar ?
Tindakan / penyelidikan ;
Berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan yang akan di lakukan.
Guru menuliskan di papan tulis “ penyemangat belajar “ kemudian mendiskusikannya dengan murid.
meminta pendapat murid terkait hal yang di sukai dalam kelas yang dapat meningkatkan semangat belajar.
Menggali informasi dari pendapat serta pengalaman murid berkenaan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.
A-MBIL PELAJARAN.
Pertanyaan ;
Strategi apa yang di gunakan untuk menumbuhkan semangat belajar di kelas ?
Kegiatan apa yang di lakukan untuk mengidentifikasi hal – hal yang dapat mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti yang di impikan ?
Tindakan / penyelidikan :
Guru Meminta pendapat murid untuk mengidentifikasikan hal - hal apa saja yang dapat menumbuhkan semangat belajar di kelas,
Menfasilitasi dan mengajak murid dalam melakukan observasi ke kelas 2 dan 6 untuk mencari informasi dan inspirasi kelas yang nyaman menyenangkan.
Membimbing diskusi tentang apa yang mereka temukan di kelas lain yakni kelas 2 dan 6 yang bisa di jadikan inspirasi dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
G-ALI MIMPI.
Pertanyaan :
Apa yang di lakukan guru untuk menggali keinginan murid dalam upaya menumbuhkan semangat belajar ?
Tindakan / penyelidikan ;
Mengajak murid membayangkan kelas seperti apa yang mereka impikan.
Meminta murid menggambarkan kelas yang mereka impikan.
Memberikan kesempatan murid untuk memaparkan kelas seperti apa yang mereka impikan.
J-ABARKAN RENCANA.
Pertanyaan :
Apa yang dapat di lakukan guru beserta murid untuk mewujukan kelas impian ?
Tindakan / penyelidikan ;
Guru dan murid berdiskusi mengenai apa saja yang di butuhkan untuk mewujudkan kelas impian.
Murid di berikan kesempatan berkontribusi positif dalam menyusun rencana yang bisa di lakukan untuk mewujudkan kelas impian mereka.
Guru menfasilitasi kegiatan diskusi dan mencatat hasil diskusi.
A-TUR EKSEKUSI
Pertanyaan :
Siapa saja yang akan terlibat dalam kegiatan ini ?
Kapan kegiatan ini akan mulai di laksanakan ?
Bagaimana cara agar pelaksanaan kegiatan bisa berjalan sesuai rencana ?
Tindakan / penyelidikan :
Guru dan murid berdiskusi menentukan pembagiab tugas dalam kelompok.
Mengajak murid menentukan kapan kegiatan tersebut di mulai.
Bekerja sama melaksanakan tugas masing masing kelompok dengan penuh komitmen da tanggung jawab.
Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video ?
Mendorong peningkatan kepemimpinan murid dengan cara mengajak seluruh murid berperan serta dalam upaya mewujudkan kelas impian.
Melakukan pendekatan komunitas berbasis asset untuk mewujudkan prakarsa perubahan yang di buat.
Memetakan dan mengelola sumber daya yang ada ( Aset ) dalam mewujudkan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan.
Menfasilitasi dan memotivasi siswa dalam berkegiatan.
Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video ? Lalu bagaimana pemanfaatannya ?
Modal utama yang telah di manfaatkan guru dalam tanyangan video tersebut adalah ;
MODAL MANUSIA
Murid : Kemampuan dalam berkreasi murid dalam menata dan menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan, kemudian murid kelas lain yakni kelas 2 dan 6 yang di jadikan sebagai sumber informasi dalam kegiatan bertanya jawab ( diskusi ).
Guru ; Ide kreatifitas serta kecerdasan rekan guru dalam berkolaborasi menciptakan sebuah prakarsa perubahan yang kemudian di tindak lanjuti oleh guru yang bersangkutan melaksanakan prakarsa perubahan yang di maksud, selain itu, ketika murid mengunjungi kelas 2 dan 6 tentunya sebelumnya telah ada kordinasi dengan guru atau wali kelas 2 dan 6 tersebut, jadi di situ ada kolaborasi yang baik.
MODAL SOSIAL.
Kolaborasi dengan rekan guru lain dalam merumuskan prakarasa perubahan, selain itu pula adanya kolaborasi antar murid dengan kelas 2 dan 6 dalam mengobservasi kelas.
MODAL POLITIK.
Kebijakan kepala sekolah yang siap mengakomodir kepentingan warga sekolah terkait perubahan positif di kelas atau sekolah dalam rangka peningkatan kualitas dan semangat belajar murid.
MODAL AGAMA DAN BUDAYA.
Budaya 5S ; di jadikan pembiasaan dalam membentuk karakter murid serta sikap gotong royong dan musyawarah mencerminkan dimensi profil pelajar pancasila.
MODAL FISIK.
Ruang kelas : Sarana menumbuhkan, mewujudkan kelas impian agar tercipta semangat belajar murid.
Dinding kelas ; dinding yang terlihat berjamur di hias dengan karya siswa sehingga tampak sedap di pandang.
Bangku murid ; di susun, di tata berubah membentuk huruf U agar tercipta kenyamanan belajar bagi murid.
Buku : di susun dan di tata di pojok ruang sebagai sudut baca dan juga untuk menghias ruangan kelas.
Gambar / Karya murid : Gambar - gambar yang di jadikan hiasan ruang sehingga menambah keindahan kelas.
MODAL LINGKUNGAN ALAM
Bahan ramah lingkungan seperti Dedaunan, biji bijian, bunga, sampah daur ulang yang di jadikan penghias ruang.
MODAL FINANSIAL.
Segala alat dan bahan dalam tanyangan video tersebut sudah di siapkan, di sediakan guru jadi saya melihat adanya modal atau pendanaan yang di berikan oleh guru tersebut.
Demikian Hasil analisa saya terkait tayangan video dalam praktik prakarsa perubahan di modul 3.2 ini yang merupakan tugas Demonstrasi Kontesktual 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Terima kasih.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap ulasan yang keren