MOH. ZAINI, S.Pd.SD

TEMPAT / TGL LAHIR, SUMENEP 1981. Riwayat Pendidikan : Menempuh Pendidikan Jenjang SD Tahun 1987 - 1993 di SD N Kalianget Timur IX, SMP N 2 Kalianget Tah...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE.2 MODUL 1.2

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE.2 MODUL 1.2

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

MOH. ZAINI, S.Pd.SD

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 / 299

SDN KALIANGET TIMUR X

KAB. SUMENEP

Jurnal Refleksi ini di buat untuk melengkapi tugas di modul 1.2. Dan kali ini saya mencoba menggunakan Model SIX THINGKING HATS yang di perkenalkan oleh EDWARD DE BONO Tahun 1985.

1. TOPI PUTIH ( FACTS ) :

A. Pada Tgl 07 November 2022 mengawali Jadwal implementasi PGP di modul 1.2 dengan MULAI DARI DIRI DAN EKSPLORASI KONSEP MANDIRI dan Selanjutnya di lanjutkan penjadwalan dengan ALUR MERDEKA sesuai jadwal yang di tentukan.

Setiap hari Fasilitator dalam hal ini adalah Bapak Agus Nurjito selalu menginformasikan dan memfasilitasi kegiatan yang akan di lakoni oleh para CGP.

B. Mengenali dan memahami Nilai Guru Penggerak.

C. Mengenali dan memahami Peran dari Guru Penggerak.

D. Pertama kalinya saya mengirim surat kepada teman yang menginspirasi saya pada tgl 14 November di LMS pada saat Ruang Kolaborasi.

2. TOPI MERAH ( FEELINGS ) :

A. Merasa senang mendapat wawasan baru tentang materi kinerja otak seperti Eskalator.

B. merasa tertegun dan merenung dengan Filosofi Gunung Es dalam hal penjelasan karakter siswa.

C. Merasa sedih karena ternyata masih banyak Nilai dan peran Guru Penggerak yang belum dapat saya laksanakan selama menjadi Guru.

3. TOPI KUNING ( BENEFITS ) ;

Membuka cakrawala pengetahuan dan kesadaran saya bahwa ternyata selama ini saya belumlah melaksanakan apa yang menjadi Nilai dan peran guru penggerak dan segera terbesit untuk mengimplementasikannya secara sadar dan penuh tanggung jawab dalam proses pembelajaran.

4. TOPI HITAM ( CAUTIONS ) ;

Bagaimana caranya agar saya bisa menyatukan frekuensi dan searah dalam upaya mengimplementasikan Nilai dan Peran guru penggerak dengan rekan kerja. karena selama ini pemahaman dari rekan adalah dengan ikut guru penggerak ingin menjadi pimpinan atau kepala sekolah.

5 TOPI HIJAU ( CREATIVITY ) ;

A. Saya ingin memberikan atau berbagi pemahaman yang mendalam pada rekan kerja tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.

B. Saya ingin sekali melayani peserta didik ( siswa ) dengan melaksanakan pembelajaran Inovatif yang akan membuat mereka tambah semangat dalam mengikuti dan memaknai pembelajaran.

6. TOPI BIRU ( PROCESS ) :

Saya akan merubah diri dan berusaha dengan sepenuh hati untuk menjadi guru yang lebih baik dengan meninggalkan kebiasaan - kebiasaan lama yang tak sesuai dengan filosofi KHD, kemudian menuntun peserta didik dengan pembiasaan positif serta melaksanakan Nilai dan peran Guru Penggerak dengan penuh semangat...

TERIMA KASIH

SALAM GURU PENGGERAK.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post