JURNAL REFLEKSI DWIMING KE. 12

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE. 12
OLEH : MOH. ZAINI
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 / 299
SD N KALIANGET TIMUR X
KAB. SUMENEP
SALAM DAN BAHAGIA
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas segala nikmat yang di anugerahkan Allah S.W.T sehingga saya pun semua CGP masih terus di berikan kesempatan dan kesehatan melaksanakan alur kegiatan di Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 ini. Dan kali ini tibalah untuk membuat Jurnal Refleksi Dwi Mingguan yang merupakan Refleksi diri dalam berkegiatan di Pend. Guru Penggerak ini.
Kali ini sayapun akan membuat Jurnal Refleksi Dwi Mingguan menggunakan Model DRISCROLL , dimana model ini di adaptasi dari refleksi yang di gunakan pada praktik klinis ( Driscroll & Teh, 2001. model ini di kenal juga dengan Model "WHAT'' yang di dasarkan pada tiga bagian yakni ; 1. WHAT ? ( Diskripsi dari peristiwa yang terjadi ), 2. SO WHAT ? ( Analisis dari peristiwa yang terjadi ), 3. NOW WHAT ? ( Tindal lanjut dari peristiwa yang terjadi ).
Berikut REFLEKSI saya.
WHAT ? DISKRIPSI DARI PERISTIWA YANG TERJADI
-Alhamdulillah, jelang modul akhir 3.3 saya masih di berikan kesehatan dalam menuntaskan kegiatan Pendidikan guru Penggerak angkatan 7 ini. Elaborasi pemahaman materi pada tanggal 29 mei yang merupakan Elaborasi pemahaman ke. 10 sekaligus terakhir di jalani bersama Intruktur, Fasilitator, Pengajar Praktik dan rekan CGP lainnya. Setalah itu terdapat beberapa kegiatan yang di lakukan mulai dari Pendampingan individu 5, LOKAKARYA 5 serta penyelesaian tugas - tugas yang belum Finaly.
Banyak hal yang dapat di peroleh baik yang di lihat didengar dan alami tentunya dari berbagai kegiatan yang telah di sebut di atas yakni bisa berelaborasi dan berkolaborasi dengan rekan CGP dan Intrukur di elaborasi 3.3. mendengar begitu banyak inspirasi dari rekan CGP serta pemantapan materi dari intruktur. Kemudian saya pun berkesempatan melaksakan kegiatan luring bersama PP dan rekan Cgp lainnya di P1 5 dan Lokakarya 5. Dari semua kegiatan tersebut semakin memantapkan pemahaman akan materi di modul yang telah di jalani dan terselesaikan.
Tentunya Begitu bahagia dengan semua kegiatan yang telah saya jalani. Oleh karenanya sayapun tak menyiakan kesempatan untuk berusaha semaksimal mungkin melaksanakan setiap kegiatan tersebut dengan baik dan membawa manfaat keilmuan begitu luar biasa. Pun saya melihat rekan CGP lainnya terasa bersemangat dalam melaksanakan segala kegiatan ini karena mereka juga paham akan banyaknya hal positif yang akan mereka dapatkan.
2) SO WHAT? (Analisis dari peristiwa yang terjadi)
Senang dan bahagia dalam melaksanakan segala kegiatan tersebut. Meskipun harus pula di akui terkadang kegiatan tersebut berbenturan dengan kegiatan lain yang berhubungan dengan tugas - tugas sebagai abdi Negara tetapi hingga kini saya masih bisa menata dan membagi waktu dan membuat skala prioritas kegiatan hingga akhirnya segala kegiatan tersebut tidak membuat kegiatan lainnya terbengkalai., tapi terus berjalan bersama.
Apa yang saya rasakan itu ternyata sama dengan yang di rasakan oleh rekan CGP lainnya. Itu saya bisa ketahui di sela- sela komunikasi dengan mereka. Mereka sangat senang dan bahagia melaksanakan Alur / tahap kegiatan di Pend. Guru penggerak ini.
Pemikiran saya adalah bahwa kita harus selalu komitmen dan tanggung jawab atas pilihan langkah dan proses yang kita jalani. Selalu focus pada kegiatan agar mendapat hasil terbaik. Tentunya dari berbagai peristiwa yang terjadi kita pun bisa mengambil sebuah pelajaran berharga untuk di refleksikan yang kemudian di jadikan pendorong dan pemicu semangat agar ke depan jauh lebih baik lagi.
3) NOW WHAT? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi)
Setelah melalui pembelajaran ini, Pengelolaan Program Berdampak Positif pada Murid. sayapun merasakan banyak hal positif yang bisa di bagikan pada orang lain, Khususnya rekan sejawat di sekolah atau rekan lainnya. Apalagi saya merupakan satu satunya CGP angkatan 7 jenjang SD dari kecamatan Kalianget di pendidikan guru penggerak angkatan 7. Dengan predikat tersebut selama inipun saya pun sering mendapatkan kepercayaan untuk berbagi pemahaman, pengalaman dan melaksanakan praktik baik. Momentum ini tidak akan saya sia – siakan. Saya akan berupaya mengimplementasikan apa yang telah saya peroleh di Pend. Guru penggerak ini agar ilmu dan pemahaman tersebut berguna dan bermanfaat bagi orang lain.
Untuk itu hal saya lakukan kini dan ke depan adalah terus menggerakkan baik individu atau pun komunitas terkait dengan paradigma pendidikan yang tengah bergulir dan berkembang di negeri ini, Baik berupa praktik baik ataupun berbagi pengalaman dan pemahaman.
Demikian telah saya susun Jurnal refleksi dwi mingguan menggunakan MODEL DRISCOLL
TERIMA KASIH
SALAM GURU PENGGERAK.
TERGERAK
BERGERAK
MENGGERAKKAN.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar