mona faryda

Melalui tulisan , sebuah karya akan selalu dikenang. Tulislah dengan sepenuh hati dan berkaryalah melalui tulisan. Penulis bernama lengkap Mona Farida, akrab d...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Lebih dekat Penulisan Media On Line

Mengenal Lebih dekat Penulisan Media On Line

#Tantangan Menulis Hari Ke-1

#Gurusiana

#MGI_Baru

#TMG_hari-ke_1

Bismillahirrahmanirrahim

Pelatihan menulis yang di selenggarakan Majalah Literasi 10, telah berlangsung sejak Sabtu hingga Ahad 4 Desember 2022. Sebagian besar pesertanya ternyata sudah banyak memiliki pengalaman menulis . Bisa penulis rasakan selama beinteraksi baik ketika melalui zoom meeting ataupun ketika sharing dalam bentuk karya literasi yang sangat inspiratif.

Pembukaan acara , langsung dibuka Eko prasetyo selaku Pemred Media guru. Gaya bicara yang santai namun elegan membawakan materi tentang opini dan essay dengan sangat menarik. Membuka dengan membahas bagaimana bisnis media konvensional yang semakin meredup . Data yang disampaikan bagaimana media cetak terbesar di Indonesia mengakui kejatuhan di era internet. Dalam satu dekade terakhir, banyak koran maupun majalah yang berlaih ke media online.

Ada 5 catatan penting yang perlu diperhatikan dalam bidang jurnalistik Majalah literasi 10:

1. Penulis mampu dan menguasai bahasa .

2. Penulis mampu berkolaborasi dan menguasai teknologi di era digital

3. Penulis bersikap bijak dalam menyikapi perbedaan pendapat

4.Penulis memiliki kemampuan dan kreatifitas .

5. Penulis memiliki kemampuan dalam menulis tulisan essay .

Pembicara kedua akrab dipanggil Mas roy berbicara bagaimana photo jurnalistik menjadi bagian penting dalam jurnalistik. Ada 6 karakter photo jurnalistik yang baik yaitu :

1. Tentukan Tema

2.Kenali Lingkungan Sekitar

3.Cermati Sisi Yang Paling Menarik

4.Eksekusi dari Banyak Angle

5.Pose Tak Dibuat-buat (sewajarnya)

6.Meniru Gaya Selebritis

Sekilas begitulah materi pertama, masih ada pertemuan selanjutnya agar pengetahuan penulis lebih meningkat dan bisa lebih banyak mengekplore kemampuan dalam penulisan media on line .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

28 Nov
Balas

Salam literasi. Hari pertama mohon bimbingannya

28 Nov



search

New Post