M. Rasyid Nur

Guru Yang Ingin Terus Berguru. Tiada waktu kecuali perjalanan mencari dan menggunakan ilmu. Berguru itu memang tiada batas waktu: sedari akan lahir hingga hidup...

Selengkapnya
Navigasi Web
Safro Gagal Berangkat Haji

Safro Gagal Berangkat Haji

Tantangan 03.06.2023

SEMUA persyaratan keberangkatan untuk haji sudah dipernuhi Safro sejak awal namanya keluar sebagai calon jamaah haji tahun ini. Dia sudah melunasi sisa utang ongkos hajinya. Untuk seat dia sudah membayar 30 jt. Melwati jumlah minimal untuk mendapatkan nomor antrian. Tambahannya tinggal sedikit saja lagi. Manasik dan persiapan lainnya juga sudah. Masalah timbul ketika akan melwati scan mendapatkan visa. Jarinya tidak terbaca oleh alat scan itu. Sejak malam setibanya di asrama haji hingga akan masuk ke ruang pelepasan haji keloter satu gelombang pertama dia sudah puluhan kali mencecahkan jarinya. Tetap saja tidak terbaca.

"Pak Safro, usaha kita sudah maksimal. Sekarang semua calon sudah masuk aula. Insyaallah selepas seremoni pelepasan oleh gubernur nanti, semua akan ke bandara. Pak Safro sabar, ya?" Petugas yang mendampinginya sejak awal menjelaskan. Safro tidak keluar kamar asrama itu. Dia sedih. kenduri walimatussafar hingga pelepasan oleh bupari di daerah menjadi ingatan yang menyesakkan dadanya. Artinya saya gagal berangkat haji? Safro melamun dan bertanya kepada diri sendiri. Semuanya temannya sudah di ruang aula.

Dia telpon anaknya yang di kampung. Dia katakan, belum bisa berangkat pada keloter ini. "Tolong doakan ayah, ya? Hari ini tidak bisa berangkat. Mudah-mudahan ada jalan untuk berangkat tahun ini." Terdengar suara sedih di seberang sana. Safro juga ikut sedih. Tahun ini gagal berangkat haji.***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post