Muammar Qadafi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Koneksi antar materi dari modul 1.1 tentang Filosofi Ki Hajar Dewantara, modul 1.2 Tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak dan modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak, yang ketiganya menuju ke satu pencapaian yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Modul 1.3 mempelajari mengenai Visi Guru Penggerak. Bandura menyatakan Visi adalah representasi kognitif mengenai gambaran masa depan. Visi dapat dikatakan sebagai sebuah imajinasi. Einstein mengatakan bahwa imajinasi merupakan tahap kecerdasan yang sebenarnya. Imajinasi menstimulasi adanya kemajuan dan melahirkan evolusi. Dari pemahaman tersebut, visi merupakan hal fundamental yang perlu dimilik. Visi berbasis pada kekuatan kata untuk menggerakkan hati, menyemangati, menguatkan untuk melangkah maju secara kolaborasi.

Visi seorang guru harusnya sejalan dengan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat, demi terciptanya student wellbeing.

Harapan kita semua bahwa peserta didik mampu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan cara jiwa yang trampil dan berkompeten dalam segala hal sesuai dengan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan. Hal ini kita sebagai pendidik harus mampu menuntun dan meciptakan peserta didik memiliki nilai nilai Pancasila. Hal ini dapat dilakukan dengan cara kita memulai dari diri kita sendiri dengan harapan peserta didik mampu melihat dan meniru apa yangsudah kita berikan kepada peserta didik. Syarat terpenting dari seorang pemdidik supaya dapat dijadikan tauladan yang biak bagi peserta didik yaitu sifat keteladanan, kedisiplinan dan yang paling peling penting yaitu membawa peruahan perubahan pendidik yang yang meiliki profil Pelajar Pancasil. Profil Pelajar Pancasila adalah karakter yang diharapkan muncul pada segenap murid di Indonesia dengan cara memberikan keteladanan yang konsisten.

Visi Guru Penggerak harus mampu mencerminkan nilai dan peran dari Guru Penggerak dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Sehingga Guru Penggerak haruslah memiliki nilai dan mampu menerapkan peran sebagai Guru Penggerak.

Apabila Guru Penggerak telah memiliki Nilai dan menerapkan Peran Guru Penggerak, maka akan mampu mewujudkan VISI Guru Penggerak. VISI tersebut akan tercapai bila terukur - konkrit - sistematis dan terencana, maka perlu rancangan yang disebut Inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJA

Inkuiri Apresiatif adalah manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Pendekatan IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal positif yang telah dilakukan, mencari cara bagaimana hal positif tersebut dapat dipertahankan dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan positif.

BAGJA adalah akronim dari:

Buat pertanyaan

Ambil pelajaran

Gali mimpi

Jabarkan rencana

Atur eksekusi

Kelima langkah utama BAGJA ini diimplementasikan dalam proses inkuiri apresiatif.

Visi saya sebagai Guru Penggerak :

Mewujudkan generasi berkarakter pelajar pancasila dan berwawasan global

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post