Mudhofar

Aku berasal dari Lamongan dan tinggal di Gresik. Rempat mengajar di SMPN 41 Surabaya Jawa Timur. Jarak sekitar 30km harus kutempuh ke sekolah setiap hari. Berir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kejujuran

Kejujuran

Oleh Usdhof

Sebentar lagi siswa akan mengikuti ujian sekolah. Meski masih daring, guru pun harus mempersiapkan siswa lebih baik. Selama dua minggu sebelum pelaksanaan, mereka digencar dengan latihan soal yang diberikan melalui kelas teams-nya. Sebagai sekolah penyelenggara, jangan sampai kalah dengan sekolah swasta di rayonnya. Memalukan pastinya. Dan bagi Mat Kodar semuanya sudah beres. Mau meminta berapa soal di form office 365 , pasti akan diberikan untuk berlatih siswanya.

Pagi itu, di ruang guru ada keributan kecil. Dua guru semapel yang mempunyai pemikiran berbeda dalam memberikan siswanya. Satu guru muda menginginkan memberikan soal yang akan diujikan tapi tanpa pilihan. Artinya soal pilihan gandan dimodifikasi menjadi soal uraian. Guru senior tidak setuju. Dikarenakan tidak mengajarkan kejujuran.

Mat Kodar yang baru datang, belum sempat melepas jaket pudarnya karena terkena sinar matahari sejam perjalanan, ikut menengahi. Dia di sekolahnya dikenal sebagai orang yang solutif atas masalah yang pelik dan rumit. Dia mulai menjelaskan dengan menyampaikan sabda Nabi saw bahwasanya perbuatan membocorkan soal itu termasuk munafik. Dikarenakan guru yang sudah diberikan amanah tetapi malah justru berkhianat dengan membocorkan. Padahal sudah menandatangani surat integritas juga. Akan tetapi kemudian Mat Kodar melanjutkan dengan suatu perbandingan masalah di masyarakat yang menjadikan dia heran. "Kenapa ya? saat si mayit sudah dikubur kok diberikan bocoran jawaban atas pertanyaan malaikat Munkar Nakir oleh Pak Modin? Kan nggak jujur?!" Tertawa lepas pun keluar dari para guru yang mendengarnya.

Gresik, 03/03/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bu Rini, Bu Yani. Salam ugi...

04 Mar
Balas

Man robbuka itu ya bocorannya Wah asyik pentigrafnya pak salam kenal aka dari lumajang

03 Mar
Balas

Hahaha, lucu bund. Pentigraf yang menghibur

03 Mar
Balas



search

New Post