Muhamad Ali Sodikin

Guru adalah profesi saya, pertama mengajar di SMK Nusantara Gubug, Grobogan, karena memang saya berasal dari sana. Kemudian dilanlanjutk...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menumbuhkan Karakter  Baik Dengan Circle Time

Menumbuhkan Karakter Baik Dengan Circle Time

Saat pembelajaran di sekolah dimulai, saat guru bertatap muka dengan siswa, sebelum penyampaian materi inti, saatnya circle time.

Apa itu circle time, circle time merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok baik anak maupun guru yang gunanya untuk membangun pemahaman atau konsep yang jelas mengenai suatu materi yang akan diajarkan.Tidak mengharuskan yang akan dibahas dalam circle time adalah materi yang akan diajarkan, tetapi tidak terbatas atau apa saja, asalkan memang bahasan itu disetujui oleh para siswa dan guru untuk dibahas dalam circle time.

Siswa akan merasa senang karena dapat berbicara, mendengarkan cerita, membaca, menyanyi, dan bergerak secara bebas walaupun masih dalam pengawasan guru. Kemampuan siswa dalam bersosialisasi dan beradaptasi dengan temannya dapat berkembang karena siswa berkumpul dan membaur menjadi satu dengan teman-temannya tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras maupun yang lainnya. Disinilah penumbuhan sikap saling toleransi, sikap saling menghargai akan berkembang.

Kegiatan circle time dapat dilakukan dengan membentuk kelompok besar yang berisi 1 kelas tersebut maupun dibuat kelompok-kelompok yang lebih kecil. Saat melaksanakan circle time lebih baik dalam keadaan duduk melingkar dengan bantuan alas berupa tikar ataupun lantai kelas jikalau memang laintainya bersih.

Apa saja kegiatan dalam Circle Time, siswa dapat dengan bebas mengekspresikan, berpendapat, mengemukakan pandangan, gagasan, atau ide terhadap topik yang sedang dijadikan bahasan. Jika bahasan dalam circle time adalah materi yang akan diajarkan, maka siswa akan memiliki bekal pandagan seperti apa materi nantinya, terjadi dialog dan kesepahaman mengerucut pada materi pelajaran sehingga memudahkan para siswa untuk konsentrasi pada materi yang akan dicapai.

Sebagai contoh tema yang dibahas adalah kegiatan sosial di lingkungan rumahnya. Apabila dalam kelompok besar, guru memandu secara acak memilih para siswa untuk menyampaikan atau menceritakan kegiatan sosial apa saja yang telah diikuti di lingkungannya. Saat temannya menyampaiakan didepan siswa yang lainnya mendengarkan dan bisa memberi timbal balik, atau bahkan bertanya.Setelah para siswa dengan waktu yang dibatasi melaksanakan diskusi kelompok maka diberikan waktu kepada guru untuk membantu merefleksikan hasil dari diskusi yang telah dilaksanakan dalam circle time.

Rasa saling percaya, respect, dan saling membantu dengan memberikan feedback akan tumbuh. Disinilah pengembangan karakter mereka untuk bekal di kehidupan yang mendatang, manakala harus hidup berdampingan dan bermasyarakat. Menghilangkan diskriminasi, saling toleransi, saling menghargai, adalah sedikit dari karakter-karakter yang bisa berkembang dalam kegiatan circle time.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ga dikasih contoh temanya apa, caranya bagaimana step by step, gitu?Kan, bisa jadi lebih jelas.Edit, ya.Kasih contohnya.Terima kasih.

25 Feb
Balas

Terimakasih ibu

25 Feb

Bertambah lagi ilmunya, di tingkat MI saya pernah coba tapi belum semua siswa dapat mengutarakan pendapatnya, mohon tipsnya pa...

25 Feb
Balas

Alhamdulillah

25 Feb

Perlu reward mungkin Bu, atau Pujian dengan katakata positif

25 Feb

Perlu reward mungkin Bu, atau Pujian dengan katakata positif

25 Feb

Sudah pa, tapi saya coba lagi yah, barangkali perlu beberapa kali rewardnya, haturnuhun sarannya

25 Feb



search

New Post