Muhamat Sulkan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jarak Tempuh
sumber image : https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor

Jarak Tempuh

#tantangan gurusiana hari ke-120

Mulanya tulisan ini ingin saya upload semalam sekitar pukul 23.15 WIB. Namun, karena gurusiana.id sedang error akhirnya baru saya unggah sekarang.

*****

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur. Lima belas tahun sudah saya mengajar di MTs Sholihiyyah. Bukan waktu yang lama, tetapi tidak juga bisa dinggap sebentar dalam sebuah pengabdian.

Seperti halnya jarak antara rumah saya ke sekolah. Tidak terlalu jauh, tetapi tidak begitu dekat juga. Dua puluh lima kilometer setiap hari kutempuh pulang pergi ke sekolah. Itu artinya, sudah 136.875 km jarak yang saya tempuh selama lima belas tahun. Jika panjang keliling bumi ini adalah 40.008 km, berarti sama saja saya sudah mengelilingi bumi sebanyak 3,5 kali.

Sedangkan biaya yang saya keluarkan untuk beli bahan bakar sepeda motor 12 juta rupiah lebih. Tentu dengan memperhatikan perkembangan harga BBM selama kurun waktu lima belas tahun ke belakang.

Dengan menghitung estimasi jarak dan biaya perjalanan tersebut, kita bisa merasa lebih bersyukur. Karena di lain tempat sana masih banyak sekali orang-orang yang menempuh jarak puluhan kilometer lebih jauh dari pada kita. Apalagi medannya lebih berat.

Tentunya kita juga harus lebih bersyukur jika jarak tempuh rumah ke tempat kerja sangat dekat. Semoga dengan rasa syukur yang tulus, Allah akan menambah nikmat-Nya. Yang terpenting lagi, jangan sia-siakan pengorbanan ketika harus menempuh jarak yang jauh menuju tempat kerja. Perlu diimbangi dengan mengajar atau bekerja yang sungguh-sungguh pula.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post