Muhamat Sulkan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Peta Hidup Pembakar Semangat
sumber image : https://maufirohblog.wordpress.com

Peta Hidup Pembakar Semangat

#tantangan gurusiana hari ke-125

Alhamdulilah. Saya sangat bersyukur sudah melewati tantangan gurusiana hari ke-124. Semua dapat dilalui tentu dengan semangat khusus. Meski kadang-kadang semangat itu menurun dan kehilangan powernya.

Ada beberapa faktor yang bisa terus memberi semangat kepada kita. Inspirasi dari teman-teman dekat bisanya sangat berpengaruh. Ketika melihat teman yang bersemangat, kita jadi ikut bersemangat pula. Atau nasihat dari teman bisa menjadi kata sakti untuk meningkatkan semangat kita. Kalimat-kalimat motivasi bisa juga kita baca dari buku. Karenanya kita perlu sering memberi semangat kepada teman kita. Ada baiknya pula kita menulis artikel atau buku motivasi. Semangat yang kita peroleh dari lingkungan dapat disebut dengan faktor eksternal.

Faktor internal lebih penting untuk menjaga semangat kita. Motivasi diri harus kita jaga. Karenanya kita perlu menyusun visi hidup kita. Tujuanya agar kita selalu bersemangat untuk mencapainya. Dalam hal ini kita perlu membuat peta jangka pendek, menengah, dan panjang mengenai tujuan-tujuan hidup kita.

Jangka pendek berarti tujuan hidup apa yang ingin kita capai dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Jangka menengah artinya cita-cita hidup yang akan kita raih enam hingga dua puluh tahun yang akan datang. Sedangkan jangka panjang berarti mimpi yang ingin kita gapai dalam dua puluh satu tahun kedepan hingga akhir hayat kita.

Jangan pernah takut untuk menggambarkan mimpi-mimpi kita dalam bentuk visual, kata dan gambar. Peta hidup sangat perlu kita susun agar mampu membakar semangat dalam diri kita. Peta hidup dapat kita susun dalam bentuk mind map yang dicetuskan oleh Tony Buzan. Kemudian buktikan hasilnya!

Selalu semangat dan terus berkarya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post