Muhammad Faiz Hendry

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MULAI TUMBUH

Ini adalah kisah bukit di kampung ku yang telah lama gundul. Pertanyaan pertama yang diajukan pasti kenapa bukit tersebut bisa gundul. Hal ini disebabkan oleh kebakaran yang dialami bukit pada sekitar 4 tahun lalu.

Penyebab kebakaran ini masih menjadi teka-teki yang belum terpecahkan. Kebakaran menjadi ganas karena dukungan dari cuaca dan musim yang panas. Jika di lihat lihat titik awal kebakaran adalah di kampung sebelah yang berada di balik bukit.

Kejadian ini menjadi gempar di kampungku. Tak hanya Damkar kabupatenku bahkan damkar kabupaten dan kota Jiran ikut memberi bantuan dalam melahap si jago merah. Namun api tersebut tidak juga mudah padam. Penduduk merisaukan pemukimannya.

Keesokan harinya api masih saja menghanguskan bukit. Akhirnya bantuan berupa helikopter mengangkut air datang penduduk desapun terkagum melihatnya. Helikopter menyiram api selama sehari penuh. Manjur api menjadi jinak dan kecil. Atas pertolongan Allah SWT. Hujan mengguyur bukit esok harinya, Sehingga api bisa menjadi lenyap.

Bukit yang semula Hijau menjadi merah lalu hitam. Proses memerahnya sangatlah sebentar. Tetapi proses menghijaunya kembali sangatlah lama. Kata kakakku, bukit terbakar bisa kembali hijau selama 8 sampai 10 tahun. Alhamdulillah sekarang bukit sudah setengah hijau.

Lubuak Simato, 7 Februari 2020

Penulis adalah peserta SaSi SaBu Limapuluh Kota 3.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Monggo Dibaca

07 Feb
Balas

Sdh

07 Feb



search

New Post