Ghaisan Altamis Astabrata Manggala

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Puisi Mini Kata

Puisi adalah ungkapan ekspresi yang ditulis dengan bahasa kiasan dan gaya bahasa. Dalam seni puisi, penyair dikenalkan dengan berbagai macam gaya bahasa seperti metafora, litotes, hiperbola, dan lain-lain. Maka dalam puisi Mini Kata ini, kita sebagai penyair dikenakan untuk memakai satu gaya bahasa saja. Sekedar menyampaikan ungkapan kepada pembaca. Ungkapan ini nantinya diinterpretasi oleh pembaca dengan multimakna.

Contoh:

1. RUMAH

unggun kayu menyala di bawah tepi sawah

2022

Arti puisi:

Unggun kayu diartikan sebagai tumpukan kayu. Menyala diartikan sebagai ramai dan tidak sepi. Selalu ada suara. Di tepi sawah diartikan sebagai tempat atau keterangan. Jadi, makna puisi tersebut adalah: sebuah rumah yang ramai di tepi sawah.

2. SUNGAI

Dia berlari berkelok di jalan muara.

2022

Arti: dia berlari diartikan sebagai sebuah perumpamaan berjalan dengan deras atau cepat. Berkelok diartikan sebagai berbelok dan menghindar. Jalan muara berarti sebuah jalan menuju muara. Yang menuju muara berarti air. Jadi, arti puisi tersebut adalah, air sungai yang berarus deras ke muara.

Penyair dalam puisi tersebut menggunakan imaji visual dan taktil. Melalui pengalaman puisi tersebut, penyair mengatakan dan menyampaikan maksud tentang sebuah air sungai deras yang menuju pada muara.

Oleh: Muhammad Lutfi, S.S.

-Salam-

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post