Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
HARANI, TOWAINE SALLANG SIALA TOMMUANE TANIA SALLANG

HARANI, TOWAINE SALLANG SIALA TOMMUANE TANIA SALLANG

KHUTBAH PERTAMA Kato’ba Mammesana FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

(QS ar-Rum [30]: 21).

Alhamdulillah, atas nikmat dan karunia-Nya, kita masih dalam iman dan Islam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah limpah kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah (naiya pappuji naappunnai Puang Allahu Ta’ala), pole di pappenyaman anna karunia-Na, ita’ di’e dilalang duapaitau pappenyamang tappa’ anna Asallangan. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolongi pammase lao di Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, for His favors and gifts, we are still in faith and Islam. Shalawat and salam may always be poured out on the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah. Ingatlah pesan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada; iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, maka kebaikan akan menghapuskan keburukan itu; dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Piatakwa le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala. Ingngarani pappasanna Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Piatakwa le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala mau inna muoroi; alai panggauwang kadae’ anna pogau’i panggauang macoa, maka iya di’o acoangano ma’ala’i tu’u adaeang; anna bergaulo’o (siama-ama’o) lao di parammu rupa tau (bai’ to Sallang mau tania to Sallang) dengan panggauwang macoa.” (HR. Tirmidzi).

Fear Allah. Remember the message of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam: "Fear Allah wherever you are; accompany bad deeds with good deeds, then the good will eliminate the bad; and associate people with good morals." (Narrated by Tirmidhi).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Di zaman dulu, Muslimah yang menikah dengan orang kafir, malu. Tak ingin diketahui orang lain. Tapi sekarang, diumbar melalui media sosial. Bangga. Seolah bisa mengubah aturan tegas dalam syariah Islam. Tak sedikit pun takut dosa. Naudzubillah min dzalik...

Diolo’ mai, towaine Sallang sialai to kaper, masiri’i. Andiani melo’ naissang tau laeng. Tapi dite’e, napipissangani tama di sosial media. Banggai. Rapalle’ba’i malai marroba atorang (atorang) iya pura nategaskan di lalang syare’ah Asallangan. Mau nasicco’na andiang marakke’ dosa. Naudzubillah min dzalik...

In ancient times, Muslim women who married non-believers were ashamed. Don't want other people to know. But now, it's being shared on social media. Proud. As if it could change the strict rules in Islamic sharia. She did not have the slightest fear of sin. Naudzubillah min zalik...

Yang terbaru, seorang Muslimah Staf Khusus Kepresidenan melangsungkan pernikahan dengan pria kafir. Para pembelanya menyebut, agama tidak boleh menghalangi cinta dan pernikahan. Ada yang menyebut, aturan Muslimah menikah dengan pria non-Muslim ini khilafiyah.

Iya baru dite’e, diang mesa towaine Sallang Staf Khususna Presiden mappogau’i asialang siola tommuane kaper. Ingganana to mattunduani ma’uani, iya di’o agamao andiani mahhala-halangi cinta anna asialangan. Diang to’o ma’uang, iya di’o aturanna towaine Sallang siala anna tommuane tania Sallang disangai khilafiyah.

Most recently, a Muslim woman from the Presidential Special Staff married an infidel man. Its defenders say religion should not get in the way of love and marriage. Some say, the rule of Muslim women marrying non-Muslim men is khilafiyah.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketahuilah, ini bukan masalah khilafiyah. Pernikahan Muslimah dengan pria kafir, telah tuntas dibahas oleh para ulama. Sudah terkategori ma’lûm min ad-dîn bi adh-dhrûrah. Dasar pembahasannya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Pi’issanni’i, iya di’e tania masa’ala khilafiyah. Naiyya alikkanganna towaine to sallang anna tommuane kaper, purai tuntas nabahas illao para ulama’. Pura toi mittama di sanga ma’lûm min ad-dîn bi adh-dhrûrah. Dasar pembahasanna iyamo pau-paun-Na Puang Allahu Ta’ala di lalang Koroang surah al-Baqarah aya’ duangngatus duappulo mesa:

You know, this is not a khilafiyah problem. Muslim women's marriages with infidel men have been thoroughly discussed by scholars. Already categorized as ma'lûm min ad-dîn bi adh-dhûrah. The basis of the discussion is the word of Allah subhanahu wa ta'ala:

وَلَا تَنْكِحُواْ ٱلمُشْرِكَٰتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ وَلَأَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيرٌ مِّنْ مُّشرِكَةٍ وَلَوْ أَعجَبَتْكُم

Janganlah kalian menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sungguh budak wanita yang beriman lebih baik dari wanita musyrik walaupun dia menarik hati kalian (TQS al-Baqarah [2]: 221).

Da mulikkai to baine-to baine mappa’dua diolo tammatappa’na. Sitonganna to baine iya batua matappa’ la’bi macoai dadi to baine mappa’dua maui naelo’i (nacinna) atemu (TQS al-Baqarah [2]: 221).

Do not marry idolatresses until they embrace faith. A faithful slave girl is better than an idolatress, though she should impress you. (Surah al-Baqarah [2]: 221).

Prof Wahbah az-Zuhayli menjelaskan ayat ini, “Tidak halal bagi seorang pria Muslim menikahi wanita musyrik atau penyembah berhala, yakni yang menyembah selain Allah sebagai Tuhan seperti berhala, bintang, api atau binatang; yang semisalnya seperti kaum wanita ateis atau para penganut akidah materialisme yang mengimani materi (benda) dan mengingkari keberadaan Allah; juga yang tidak menganut agama samawi, seperti penganut sosialisme, kaum Baha’iyah, Ahmadiyah Qadhiyani, Budha.” (Wahbah Az-Zuhayli, Fiqh al-Islâm wa Adillatuhu, 7/152).

Nauwa Prof. Wahbah az-Zuhayli najelaskani di’e aya’e ma’uang, “Andani hallal disesena tau tommuane Sallang mallikkai towaine musyrik atau passomba berhala ya’ni massombai selain Puang Allahu Ta’ala sebagai Puang rapang berhala, bittoeng, api atau olo-olo’; iya rapang towaine atheis (andiani ma’akui Puang) atau lao di penganu’ akida materialisme iya ma’atappa’i disanga materi (benda) anna massakka’ toi adianganna Puang Allahu Ta’ala; andiattoi mappogau’ agama langi’, rapang penganu’ sosialisme, kaum Baha’iyah, Ahmadiyah Qadhiyani, Budha.” (Wahbah Az-Zuhayli, Fiqh al-Islâm wa Adillatuhu, 7/152).

Prof. Wahbah az-Zuhaili explains this verse, “It is not lawful for a Muslim man to marry a mushrik woman or an idol worshipper, that is, those who worship other than Allah as God such as idols, stars, fire or animals; such as atheist women or materialist aqidah adherents who believe in material (objects) and deny the existence of God; also those who do not follow the divine religion, such as adherents of socialism, Baha'iyah, Ahmadiyah Qadiyani, Buddhists." (Wahbah Az-Zuhayli, Fiqh al-Islâm wa Adillatuhu, 7/152).

Selanjutnya Wahbah az-Zuhayli menjelaskan keharaman pernikahan seorang Muslimah dengan lelaki kafir. Ia mengatakan: Haram secara ijmak pernikahan seorang Muslimah dengan lelaki kafir berdasarkan firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Selanjutna najelaskani Wahbah az-Zuhayli aharanna siala tau towaine Sallang anna tau tommuane kaper. Ma’uani: Harani secara ijma’ siala tau towaine to Sallang anna tommuane kaper berdasarkani paunna Puang Allah subhanahu wa ta’ala:

Furthermore, Wahbah az-Zuhaili explained that it is forbidden for a Muslim woman to marry an infidel man. He said: It is forbidden by consensus to marry a Muslim woman with an infidel man based on the word of Allah subhanahu wa ta'ala:

وَلَا تُنْكِحُواْ ٱلمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُواْ وَلَعَبدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُم

Janganlah kalian menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman. Sungguh budak lelaki yang Mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hati kalian (TQS al-Baqarah [2]: 221).

Da mappalikkai to mappa’dua (lao di to baine matappa’) diolo matappa’na. Sitonganna to baine iya batua la’bi macoai dadi to baine mappada’dua maui naelo’i (nacinna) atemu (TQS al-Baqarah [2]: 221).

Do not marry idolatresses until they embrace faith. A faithful slave girl is better than an idolatress, though she should impress you (Surah al-Baqarah [2]: 221).

Juga berdasarkan firman Allah subhanahu wa ta’ala:

Berdasarkattoi firman-Na Puang Allah subhanahu wa ta’ala:

Also based on the word of Allah subhanahu wa ta'ala:

يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِيْنَ ءَامَنُواْ إِذَا جَاءَكُمُ ٱلمُؤْمِنَٰتُ مُهَٰجِرَٰت فَٱمْتَحِنُوهُنَّۖ ٱللَّهُ أَعْلَمُ بِإِيمَٰنِهِنَّۖ فَإِنْ عَلِمْتُمُوْهُنَّ مُؤمِنَٰتٍ فَلَا تَرْجِعُوهُنَّ إِلَى ٱلكُفَّارِۖ لَا هُنَّ حِلٌّ لَّهُم وَلَا هُم يَحِلُّونَ لَهُنَّۖ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang perempuan-perempuan yang beriman berhijrah kepada kalian, hendaklah kalian uji (keimanan) mereka. Allah lebih mengetahui tentang keimanan mereka. Jika kalian telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman maka janganlah kalian kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tidak halal pula bagi mereka (TQS al-Mumtahanah [60]: 10).

E inggannana tau iya matappa’, mua’ polei hijrah mating para to baine matappa’, jari sitonganna muuyi (tappa’na), Puang Allah Taala la’bi ma’issang tappa’na, jari mua’ muissammi mua’ ise’iya (tongang) matappa’mi jari dao mappepembali’i ise’iyaa lao (di para muanena) tau iya kaper. Jari andiangi hallal di sesemu tau iya kaper di’o andiang toi hallal di sesena ise’iya (TQS al-Mumtahanah [60]: 10).

O you who have faith! When faithful women come to you as immigrants, test them. Allah knows best [the state of] their faith. Then, if you ascertain them to be faithful women, do not send them back to the faithless. They are not lawful for them, nor are they lawful for them. (Surah al-Mumtahanah [60]: 10).

Profesor Dr. Wahbah az-Zuhayli mengatakan, meski nas tersebut menyebut larangan itu terhadap lelaki musyrik, ia berlaku umum untuk seluruh lelaki kafir (Wahbah Az-Zuhayli, Fiqh al-Islâm wa Adillatuhu, 7/152).

Menuru’ Profesor Dr. Wahbah az-Zuhayli, meskipun iya diting nas’o narappei pepusarana lao di tommuane musyri’, iya ditino berlaku umum’i untu’ inggannana tommuane kaper (Wahbah Az-Zuhayli, Fiqh al-Islâm wa Adillatuhu, 7/152).

Professor Dr. Wahbah az-Zuhaili said that although the text mentions the prohibition against polytheist men, it applies generally to all non-Muslim men (Wahbah Az-Zuhayli, Fiqh al-Islâm wa Adillatuhu, 7/152).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Memang benar, sebelum ayat ini turun kaum Muslim diizinkan untuk menikah dengan orang-orang kafir, seperti putri Rasulullah Ruqayyah dan Ummu Kultsum menikah dengan putra-putra Abu Lahab yang merupakan golongan musyrik. Namun, setelah ayat-ayat di atas turun, Islam mengharamkan pernikahan wanita Muslimah dengan lelaki kafir, baik dari golongan Ahlul Kitab—Nasrani dan Yahudi—ataupun golongan musyrik seperti penjelasan di atas.

Memang tongani, diandiannapa di’e aye’ mirrawune kaum to Sallang nalorangi siala tau to kaper, rapang ana’ towainena Rasulullah Ruqayyah anna Ummu Kultsum sialai ana’ tommuanena Abu Lahab mittamai di golonganna musyrik. Namun, wattunna di’e aya’ mirrawune, di lalanna ajaran Islam naharamkani siala towaine to Sallang anna tommuane kaper, bae’ pole di golonganna Ahlul Kitab–Nasrani anna Yahudi—atau golongan musyri’ rapang najelaskan digena’ diaya.

It is true, before this verse was revealed Muslims were allowed to marry infidels, such as the daughter of the Prophet Ruqayyah and Umm Kulthum married the sons of Abu Lahab who were polytheists. However, after the verses above were revealed, Islam forbade the marriage of Muslim women with infidel men, both from the Ahlul Kitab—Christians and Jews—or the polytheists as explained above.

Ormas-ormas Islam di negeri ini pun telah menyepakati keharaman nikah beda agama, khususnya Muslimah dengan pria kafir, tanpa ada perbedaan di antara mereka. MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 4/MUNAS VII/MUI/8/2005 yang menetapkan perkawinan beda agama adalah haram dan tidak sah. Nahdlatul Ulama (NU) juga telah menetapkan fatwa keharaman nikah beda agama dalam Muktamar ke-28 di Yogyakarta pada akhir November 1989. Demikian pula Muhammadiyah, melalui Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti, menegaskan pernikahan berbeda agama tidak sah menurut hukum Islam dan undang-undang (UU).

Naiya organisasi-organisasi masyaraka’ Islam dini di negarata’ purai nasepakati ma’uang harani siala to sisala agama, khususna towaine to Sallang anna tommuane kaper, tanpa diang dipa’uangan perbeda’an (asisalang) di’o digena’o. Naiya Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) purai mappasung patwa nomor 4/MUNAS VII/MUI/8/2005 mappannassai iya di’o disanga to siala beda agamao adalah haram’i anna andiani assa. Tipatengattoi Nahdlatul Ulama (NU) puratoi mattetapkan disanga patwa aharanna siala disanga siala beda agama di lalanna Muktamar ke-28 di Yogyakarta di ahir Nopember 1989. Tipatengattoi Muhammadiyah, melalui Sekretaris Umumna Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti, nategaskani iya di’o disanga asialangan sillaengani agama andani assa menuru’ hukum Islam anna undang-undang (UU).

Islamic organizations in this country have also agreed on the prohibition of interfaith marriages, especially Muslim women with infidel men, without any differences between them. The MUI has issued fatwa number 4/MUNAS VII/MUI/8/2005 which stipulates that interfaith marriages are unlawful and illegal. Nahdlatul Ulama (NU) has also issued a fatwa on the prohibition of interfaith marriages at the 28th Congress in Yogyakarta at the end of November 1989. Likewise, Muhammadiyah, through the General Secretary of the Muhammadiyah Central Executive (PP) Abdul Mu'ti, asserted that interfaith marriages are not legal according to Islamic law and legislation (UU).

Dengan demikian pernikahan seorang Muslimah dengan lelaki kafir jelas batil. Tidak sah menurut syariah. Status hubungan mereka bukanlah pasangan suami-istri dalam pernikahan, tetapi perzinaan.

Jari tipatengammi di’o disanga alikkangan towaine to sallang anna tommuane kaper mannassai batil. Andiani assa menuru’ syare’ah. Jadi oroanna (statusna) diting hubungannao tania tu’u pasangan suami istri di lalanna assialangan, tetapi disangai tau tomappanga’ding.

Thus the marriage of a Muslim woman with an infidel man is clearly vanity. Not legal according to sharia. Their relationship status is not husband and wife in marriage, but adultery.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Marak dan beraninya orang menampilkan pernikahan beda agama adalah bagian propaganda ajaran liberalisasi beragama yang tumbuh subur di alam sekularisme-demokrasi. Inilah biang masalahnya.

Pakka’i anna barani di’e taue mappipilattoang disanga alikkangan beda agama adalah bagianna tu’u propaganda ajaran liberalisasi beragama iya tuo marumbo di lalang sekularisme-demokrasi. Iyamo di’e biang massawa’ie (masalana).

The rise and the courage of people to present interfaith marriages is part of the propaganda of the teachings of religious liberalization that thrives in the realm of secularism-democracy. This is the root of the problem.

Muslim yang menolak aturan Islam tentang nikah beda agama, ditakut-takuti dengan sebutan radikal, intoleran. Kita pun didorong untuk mengubah sebutan kafir kepada kalangan non-Muslim.

Naiya to Sallang iya mattola’ atorang Islam tentang asialangan (likka) beda agama, naparakke-rakke’i dengan sebutan radikal, intoleran. Ita’ to’o nadorongi untu’ nama’oba (massallei) disanga sebutan kaper lao di kalanganna tania to sallang.

Muslims who reject Islamic rules regarding interfaith marriages are feared as radical, intolerant. We are also encouraged to change the term infidels to non-Muslims.

Padahal menghalalkan perkara yang sudah jelas keharamannya bisa menjadi pembatal keimanan. Ibnu Qudamah dalam kitabnya Al-Mughni menyatakan, “Siapa yang meyakini kehalalan sesuatu, sedangkan umat telah bersepakat atas keharamannya, dan sudah jelas hukumnya di tengah kaum Muslim, tidak ada syubhat di dalamnya pada nas-nas yang mencantumkan hal tersebut seperti (keharaman) babi, zina dan yang serupa dengan hal itu dalam hal yang tidak ada perbedaan pandangan, maka dia telah kufur.” (Ibnu Qudamah, Al-Mughni, 9/11. Maktabah Syamilah).

Padahal mappahallal perkara iya pura mannassa aharanna iya mala mappayari pappawatal atappang. Ma’uani Ibnu Qudaamah di lalang kitta’na disanga Al-Mughni ma’uang, “Inai ma’atappa’i ahalallanna apa-apa sedangkan umma’ iya pura massepakati aharamanna, anna puratoi mannassa hukumanna ditangnga-tangngana to Sallang, nandiang subhat di lalanna lao di nas-nas iya nacantumkan di lalang rapang aharanna boe, mappanga’ding anna iya sittengan lao di laennao dalam hal iya andiang perbedaan pandangan, maka iya diting tauo pura kapermi.” (Ibnu Qudamah, Al-Mughni, 9/11. Maktabah Syamilah).

In fact, justifying things that are clearly forbidden can invalidate faith. Ibn Qudamah in his book Al-Mughni states, "Whoever believes in the halalness of something, while the people have agreed on its prohibition, and the law is clear among Muslims, there is no doubt in it in the texts that include such things as (haram) pork. , adultery and similar things in that there is no difference of opinion, then he has disbelieved." (Ibn Qudamah, Al-Mughni, 9/11. Maktabah Syamilah).

Karena itu, berhati-hatilah terhadap kampanye nikah beda agama, kampanye moderasi. Jangan sampai cinta dan harta membutakan mata kita, sehingga berani melanggar syariah Allah subhanahu wa ta’ala. Ingatlah, tak mungkin terwujud keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah tanpa ridha Allah subhanahu wa ta’ala.

Jari, pihati-hatio (pi’asumayai) mie’ lao di kampanyena disanga siala sillaengan agama, kampanyena moderasi. Da le’ba’ cinta anna barang-barang mappabuta matatta’, sehingga barani tau mallanggar syare’ahna Puang Allahu Ta’ala Puang Mapaccing. Ingngarani andani mala terwujud disanga kelarga sakinah, mawaddah, anna rahmah tanpa riona Puang Allah subhanahu wa ta’ala.

Therefore, be careful of interfaith marriage campaigns, moderation campaigns. Do not let love and wealth blind our eyes, so that we dare to violate the sharia of Allah subhanahu wa ta'ala. Remember, it is impossible to realize a sakinah, mawaddah, and rahmah family without the pleasure of Allah subhanahu wa ta'ala.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II Kato’ba Mada’duanna

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post