Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
IYA DIO KEKUASAANO AMANA TUU

IYA DIO KEKUASAANO AMANA TUU

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

وَقُلْ رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

(QS al-Isra’ [17]: 80).

Alhamdulillah, atas segala nikmat dan karunia-Nya yang tiada tara atas kita makhluk alam semesta. Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah curahkan kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman.

Alhamdulillah (naiya pappuji naappunnai Puang Allahu Ta’ala), inggannana pappenyamang anna karunia-Na lao di ita’ mahlu’na alalallolisa. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolong pammase lao di pangulunna alang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lao di keluargana, sahaba’na, anna umma’na lambi’ di paccappurang samang.

Alhamdulillah, for all His incomparable favors and gifts to us creatures of the universe. Shalawat and salaam may Allah always pour out on our noble Prophet Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam, his family, friends, and his people until the end of time.

Bertakwalah kepada Allah. Laksanakan perintah-Nya dan tinggalkan larangan-Nya. Waspadalah terhadap tipu daya setan yang terus berusaha menggelincirkan manusia dari ketaatan menuju kemaksiatan.

Piatakwa le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala. Dipogau’i di inggannana perintah-Na anna dipiakaramboi inggannana anu Nalarang. Waspada le’ba’o lao di tipudayana setang iya simata berusaha tarrusi namappatasala paranna rupa tau pole di keta’atan mi’olo lao di a’dorakang.

Fear Allah. Carry out His commands and leave His prohibitions. Beware of the tricks of the devil who keeps trying to derail people from obedience to disobedience.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Kekuasaan memang nikmat dunia yang dicintai oleh banyak manusia. Dengan kekuasaan, seseorang bisa melakukan apa saja untuk kepentingan dirinya maupun kelompoknya, semisal memperkaya diri, menyingkirkan musuh-musuhnya dan memuaskan hawa nafsunya. Terlebih dalam sistem politik demokrasi, sistem yang tidak berpatokan pada ketakwaan, semua bisa dilakukan, menghalalkan segala cara. Tak ada kamus dosa di dalamnya.

Iya di’o kekuasa’ano memang pappenyamang lino iya naolo’i lao mai’di paranna rupa tau. Iya di’e kekuasaane, mesa mesa tau malawoi mappogau’ untu’ kepentingan alawena maupun kelompo’na, rapang mappasugi alawe, ma’alai musu-musuna, anna mappapuas hawa napsunna. Tipatengattoi lalang di sistim politi demokrasi, sistim iya andiang berpatokang lao di ketakwaan, jari inggannana malai dipogau’, mappahallal segala cara. Nandiang kamus dosa di lalanna.

Power is indeed a world favor that is loved by many people. With power, a person can do anything for the benefit of himself and his group, such as enriching himself, getting rid of his enemies and satisfying his desires. Especially in a democratic political system, a system that is not based on piety, anything can be done, justifying any means. There is no dictionary of sins in it.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Empat belas abad yang lalu, Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan kaum Muslim akan bahaya hubb ar-ri’âsah (cinta kekuasaan). Apalagi jika kekuasaan itu ternyata dicapai dengan jalan manipulasi dan untuk kepentingan segelintir orang saja.

Sappulo appe’ aba’ diolo’ mai, nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam purai mipaingarang lao di to Sallang akan bahayana di’o disanga hubb ar-ri’âsah (ma’olo’i disanga kekuasaan). Apalagi di’o kekuasaano ternyata nalollongani (nadapa’i) dengan jalang ma’akkalanni anna untu’ kepentingan tau sicco’.

Fourteen centuries ago, our Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam warned Muslims of the dangers of hubb ar-ri'âsah (love of power). Especially if that power is actually achieved by means of manipulation and for the benefit of only a few people.

Apa bahayanya?

Pertama, mendatangkan kerusakan pada agama para pelakunya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Apa bahayana?

Mammesana, mappapole kerusakan agama lao di to mappogau’. Ma’uani Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

What's the danger?

First, it causes damage to the religion of the perpetrators. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

مَا ذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلَا فِي غَنَمٍ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حِرْصِ المَرْءِ عَلَى المَالِ وَالشَّرَفِ لِدِينِهِ

Dua ekor serigala yang dilepas kepada seekor domba tidak lebih parah kerusakannya bagi domba itu dibandingkan dengan ketamakan seseorang terhadap harta dan kedudukan dalam merusak agamanya (HR at-Tirmidzi).

Diang da’dua sirigala nalappasani lao di mesa domba andani lebi para kerusakanna (araeanna) lao di dombao dibandingkani amangoanna mesa tau lao di barang-barang anna kedudukan di lalangna marrusa-rusa’ agamana (HR at-Tirmidzi).

Two wolves loosed on a sheep do no more damage to the sheep than a person's greed for wealth and position in destroying his religion (Narrated by at-Tirmidhi).

Menurut Ibnu Rajab hadits itu mengisyaratkan bahwa tidak akan selamat agama seseorang jika dia tamak terhadap harta dan kedudukan dunia, kecuali sangat sedikit. Sebagaimana pula halnya seekor domba tidak akan selamat dari keberingasan dua ekor serigala yang sedang lapar, kecuali sangat sedikit sekali.

Nauwa Annangguru Ibnu Rajab iya di’o haddeso miwei tanda bahwa andiani nasalama agamana mesa-mesa tau mua’ diang sipa’ mangoa lao di barang-barang anna oroang lino sanga’dinna saicco’ sannali. Rapattoi diang mesa domba andiani nasalama’ pole di amasekkeanna da’dua serigala iya mamanya tamba’i, sanga’dinna sicco’ sannali.

According to Ibn Rajab the hadith indicates that a person's religion will not be safe if he is greedy for wealth and world position, except very little. Just as a sheep will not survive the ferocity of two hungry wolves, except very few.

Kedua, para pemburu kekuasaan itu tidak sadar bahwa jabatan dan kekuasaan adalah amanah yang menyusahkan di dunia dan bisa mendatangkan siksa bagi para pemikulnya pada Hari Akhir. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Mada’duanna, iya di’o to mattinro’ kekuasa’ano andiani sadar bahwa iya di’o disanga jabatan anna kekuasa’ano amana tu’u iya mala mipasussa dini di lino mala toi mappapole sessa lao di to mambawa amana lambi’ di allo diwoe’. Mauani nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Second, the power hunters are not aware that position and power are a burdensome mandate in the world and can bring torment to those who bear it on the Last Day. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

أَوَّلُ الإِمَارَةِ مَلامَةٌ، وَثَانِيهَا نَدَامَةٌ، وَثَالِثُهَا عَذَابٌ مِنَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، إِلا مَنْ رَحِمَ وَعَدَلَ

Kepemimpinan itu awalnya cacian, kedua penyesalan dan ketiga azab dari Allah pada Hari Kiamat nanti; kecuali orang yang memimpin dengan kasih sayang dan adil (HR ath-Thabarani).

Iya di’o kepemimpinan awalna tu’u cacian, mada’duanna penyesalan anna matallunna asab pole di Puang Allahu Ta’ala lambi’ lao di allo diwoe’ manini; sanga’dinna tau iya mappimpin dengan kasi-sayang anna adil (HR ath-Thabarani).

Leadership was originally an insult, the second was regret and the third was a punishment from Allah on the Day of Resurrection; except those who lead with compassion and justice (Narrated by At Thabarani).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan, hanya para pemimpin yang punya sifat kasih sayang kepada rakyat dan adil yang akan selamat di Pengadilan Allah. Dengan kasih sayangnya seorang pemimpin akan memudahkan urusan rakyat, menggembirakan mereka dan tidak menakut-nakuti mereka dengan kekuatan aparat dan hukum.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mipaingarani, sangga’ pemimpin iyapa mappunnai sipa’ kasi sayang lao di ra’ya’ (pa’banua) anna adil topai anna salama’ dio di pengadilanna Puang Allahu Ta’ala. Jari kasi sayanna tu’u mesa pemimpin iya mala mappalammor urusanna pa’banua mappamario toi anna andiani marrakke-rakke’i dengan kekuatanna apara’ anna hukum.

The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam reminded, only leaders who have compassion for the people and are fair will be safe in the Court of Allah. With love, a leader will ease the affairs of the people, make them happy and not frighten them with the power of the apparatus and the law.

Ketiga, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengancam dan mendoakan para pemangku jabatan dan kekuasaan yang menipu dan menyusahkan rakyat. Beliau bersabda:

Matallunna, naiya nabitta shallallahu ‘alaihi wa sallam na’ancani anna nado’akattoi lao di to ma’oroi jabatan anna kekuasaan lao di inggannana to matta’e kekuasaan iya mattipu anna mappasussa pa’banua. Ma’uani nabitta:

Third, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam threatened and prayed for those in office and power who deceived and troubled the people. He said:

مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللهُ رَعِيَّةً، يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ، إِلَّا حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ

Tidaklah seorang hamba—yang Allah beri wewenang untuk mengatur rakyat—mati pada hari dia mati, sementara dia dalam kondisi menipu rakyatnya, melainkan Allah mengharamkan surga bagi dirinya surga (HR al-Bukhari).

Nandiang mesa batuanna Puang Allahu Ta’ala nawengan wewenang untu’ nama’ator ra’ya’- matei di allo iya mate, sementarai dalam keadaan mattipu ra’ya’na sanga’dinna Puang Allahu Ta’ala napaharani suruga pole di sesena mittama di suruga (HR al-Bukhari).

It is not a servant—whom Allah has given authority to govern the

people—dies on the day he dies, while he is in a state of deceiving his people, but Allah has forbidden Paradise for him (Narrated by al- Bukhari).

Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan para pemimpin yang tidak amanah, yang menyusahkan umat, dengan doa yang buruk untuk mereka:

Bahkan nabitta shallallahu ‘alaihi wa sallam nadoakani lao di pemimpino iya andiang bertanggungjawab, iya mappasussa umma’, dengan do’a andiang macoa lao di to andiang amana:

Even the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam prayed for untrustworthy leaders, who troubled the people, with bad prayers for them:

اللَّهُمَّ، مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ، فَاشْقُقْ عَلَيْهِ، وَمَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ

Ya Allah, siapa saja yang mengurusi urusan umatku, lantas dia membuat mereka susah, maka susahkanlah dia. Siapa saja yang mengurusi urusan umatku, lantas dia mengasihi mereka, maka kasihilah dia (HR Muslim).

E puang, inai-inai tau ma’urusi umma’u, anna napapiangani sussa pamasussa toi tia Puang. Inai-inai tau ma’urussi umma’u anna nasayanni’i asayanni toi tia Puang (iya di’e haddese nariwayatkani Muslim).

O Allah, whoever takes care of the affairs of my Ummah, then he

makes it difficult for them, so make it difficult for him. Whoever takes care of the affairs of my Ummah, then he loves them, then have mercy on him (Narrated by Muslim).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Dalam Islam, kekuasaan itu dibutuhkan demi kemaslahatan agama dan umat. Bukan yang lainnya. Ini sebagaimana permintaan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Allah subhanahu wa ta’ala:

I lalanna Asallangan, iya di’o kekuasa’ano nabutuhkani demi kemaslahatanna agama anna umma’. Tania lae-laenna. Iya di’e mi’apai perminta’anna Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lao di Puang Allah subhanahu wa ta’ala Puang mapaccing:

In Islam, power is needed for the benefit of religion and the people. Not anything else. This is as the request of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam to Allah subhanahu wa ta'ala:

وَاجْعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلْطَانًا نَّصِيرًا

Berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong (TQS al-Isra’ [17]: 80).

Bengana’ pole di seseMu Puang kekuasaan iya mala mattulung (TQS al-Isra’ [17]: 80).

Give me from Your side a helping power (Surah al-Isra’ [17]: 80).

Qatadah, sebagaimana dikutip oleh Ibnu Katsir, menyatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. amat menyadari bahwa beliau tidak memiliki daya untuk menegakkan agama ini kecuali dengan kekuasaan. Karena itulah beliau meminta kekuasaan agar bisa menolong Kitabullah, menegakkan hudûd Allah, menjalankan berbagai kefardhuan Allah dan menegakkan agama Allah.” (Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur’ân al-Azhîm, hlm. 1134).

Nauwa Annangguru Qatadah, mi’apai iya nakutip ibnu Katsir, ma’ua, “Iya di’o nabitta shallallahu ‘alaihi wa sallam, nasadarri sannali bahwa andiani mappunnai kekuatan untu’ namakke’deang agamae kecuali dengan kekuasaan. Jari iyamo tu’u namirau kekuasaan agar supayai mattulung kitta’na Puang Allahu Ta’ala, makke’deang hudûd Allah, mappogau’ marrupa-rupa keparduanna (awajian) Puang Allahu Ta’ala anna makke’deang agamaNa Puang Allahu Ta’ala.” (Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur’ân al-Azhîm, hlm. 1134).

Qatadah, as quoted by Ibn Kathir, stated, "The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam. very aware that he has no power to enforce this religion except with power. That's why he asked for power so that he could help the Book of Allah, establish the hudud of Allah, carry out various obligations of Allah and establish Allah's religion." (Ibn Kathir, Tafsr al-Qur'ân al-Azhîm, p. 1134).

Pentingnya kekuasaan juga ditegaskan oleh para ulama. Imam al-Ghazali menyatakan, “Agama adalah pondasi, sedangkan kekuasaan adalah penjaganya. Apa saja yang tidak memiliki pondasi akan hancur. Apa saja yang tidak memiliki penjaga akan lenyap.” (Al-Ghazali, Al-Iqtishâd fî al-I’tiqâd, hlm. 199).

Penting sanna’i di’e disanga kekuasa’ane iya nategaskan to’o para ulama’. Menuru’ Annangguru Imam al-Ghazali, “Iya di’o agamao pondasi tu’u, sedangkan iya di’o kekuasaano panjagana tu’u. Apa saja mua’ andiammi mappunnai pondasi accurui tu’u. Apa saja andiang mappunnai pa’jaga nalanynya’i tu’u.” (Al-Ghazali, Al-Iqtishâd fî al-I’tiqâd, hlm. 199).

The importance of power was also emphasized by the scholars. Imam al-Ghazali said, “Religion is the foundation, while power is the guardian. Anything that has no foundation will crumble. Anything that does not have a guard will perish.” (Al-Ghazali, Al-Iqtishâd fî al- I'tiqâd, p. 199).

Ketahuilah, kekuasaan dalam Islam terwujud hanya dalam bentuk pemerintahan yang menerapkan syariah Islam secara kaffah yakni khilafah, bukan dalam wujud negara demokrasi atau kerajaan. Itulah yang dicontohkan para khulafaur rasyidin.

Pi’issanni’i, iya di’o kekuasa’an dalam ajaran Islam’o ma’dupai tu’u hanya dalam bentu’ pemerintahan iya matterapkan di sanga syariah Islam secara keseluruhan ya’ni disangai khilafah, tania dalam wuju’ negara demokrasi atau arayang. Iyamo di’o nacontohkano lao di para khulafaur rasyidin.

You know, power in Islam is manifested only in the form of a government that implements Islamic sharia kaffah, namely the caliphate, not in the form of a democratic state or kingdom. That is the example of the khulafaur Rasyidin.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Kekuasaan yang disyariatkan Islam bertujuan:

Pertama, mengatur urusan dunia kaum Muslim dan seluruh warga negara dengan syariah Islam; seperti menjamin kebutuhan hidup mereka, menyelenggarakan pendidikan yang terbaik dan terjangkau, menyediakan fasilitas kesehatan yang layak dan cuma-cuma untuk semua warga tanpa memandang kelas ekonomi.

Jari iya di’o kekuasaan nasyariatkan islam’o bertujuani:

Mammesana, ma’atori urusan linona to Sallang anna inggannana warga negara dengan syare’ah Islam; rapani manjamini kebutuhan hidup (atuo-atuoang)na pa’banua, makke’deattoi pendidikan kamenang macoa anna terjangkaui, mappasediakan toi pasilitas kesehatan iya laya’ anna cuma-cuma toi untu’ inggannana pa’banua tanpa mattangngar lao di kelas ekonominna.

The power prescribed by Islam aims to:

First, regulate the world affairs of Muslims and all citizens with Islamic sharia; such as ensuring their living needs, providing the best and affordable education, providing decent and free health facilities for all citizens regardless of economic class.

Kedua, kekuasaan juga dibutuhkan untuk menjaga dan melaksanakan urusan agama seperti melaksanakan hudûd untuk melindungi kehormatan, harta dan jiwa masyarakat.

Mada’duanna, iya di’o kekuasa’ano nabutuhkantoi untu’ manjaga anna mappogau’ urusang agama rapang mappogau hudûd untu’ namallindungi kehormatan, barang-barang anna nyawana masyaraka’.

Second, power is also needed to maintain and carry out religious affairs such as carrying out hudd to protect the honor, property and lives of the people.

Dengan kekuasaan pula, Islam akan disebarkan ke seluruh dunia dengan dakwah dan jihad. Dengan itu tidak ada satu pun negeri yang tidak mengenal Islam, dan tidak diterapkan syariah Islam. Oleh sebab itu, wahai kaum Muslim, apalah artinya kekuasaan jika tidak ditujukan untuk menegakkan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala? Mari terus berjuang demi tegaknya syariah Allah di muka bumi.

Jari dengan kekuasaan to’o tu’u, iya di’e Asallangane nasebarkani lao di inggannana di lino dengan manda’wa anna jiha’. Jari nandiang mesa tu’u pa’banua iya andiang ma’issang Islam, andiang toi naterapkan syari’ah Islam. Jari, e inggannana to Salllang, apatomo battuanna disanga di’o kekuasaano mua’ andiani napatipolo lao untu’ namakke’deang aturanna Puang Allahu Ta’ala Puang mapaccing. Jari inggai berjuang tarrusi tau demi mikke’de’na sarea’Na Puang Allahu Ta’ala dini di lino.

With power as well, Islam will be spread throughout the world by da'wah and jihad. With that, there is not a single country that does not know Islam, and does not apply Islamic sharia. Therefore, O Muslims, what is the meaning of power if it is not aimed at enforcing the laws of Allah subhanahu wa ta'ala? Let's continue to fight for the sake of upholding Allah's sharia on earth.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II KATO’BA PACCAPPURANG

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post