Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
KOROANG PAMBAWA PERUBAHANG NAMIOLO LAO ALABIRANG

KOROANG PAMBAWA PERUBAHANG NAMIOLO LAO ALABIRANG

Indonesia-Mandar

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ ‏

(QS al-A’raf [7]: 96)

Alhamdulillah, Allah masih karuniakan nikmat iman dan Islam hingga di bulan Ramadhan ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa Allah curahkan kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah (naiya pappuji nappunnai Puang Allahu Ta’ala) Puang iya miwengandua pappenyamang tappa’ anna Asallangan lambi’ di bulang ramadang’e. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolongi pammase-Na lao di pangulunna alang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah. Inilah bulan ketika Allah menggembleng kita kaum Muslim untuk meningkatkan ketakwaan kita. Bila yang halal saja bisa kita tinggalkan di bulan Ramadhan, mestinya yang haram pun bisa kita tinggalkan di bulan-bulan berikutnya.

Piatakwa le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala. Iyamo di’e bulange diwattunna Puang Allahu Ta’ala migemblengi to Sallang untu’ namattingkatkani ketakwa’atta’. Mua’ anu hallal malai dipelei di bulang Ramadhan, mestinna anu harang malatoi dipelei di bulang-bulang berikutna.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Ramadhan adalah bulan istimewa. Di bulan ini Allah turunkan Al-Qur’an. Inilah petunjuk bagi umat manusia agar bisa mengarungi dunia dengan selamat.

Naiya bulan Ramadhan disangai bulang istimewa. Iyamo di’e bulane napaturuni Puang Allahu Ta’ala Koro’ang. Iyatomo di’e petunju’na di sesena umma’ paranna rupa tau mamuare’i malai ma’arungi lino dengan salama’.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Ma’uani Puang Allah subhanahu wa ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya al-Quran diturunkan, sebagai petunjuk bagi manusia, yang mengandung berbagai penjelasan atas petunjuk tersebut, sekaligus sebagai pembeda (haq dan batil) (TQS al-Baqarah [2]: 185).

Bulan Ramalang, bulan di lalangna dipaturung (pammulang) Koro’ang patiroang lao di rupa tau anna mappannassa di patiroang anna mappallaesang (anu macoa anna anu adae’) (TQS al-Baqarah [2]: 185).

Lebih dari itu, Al-Qur’an pun turun pada malam yang juga sangat istimewa, yakni Lailatul Qadar. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

La’bi iya di’o, iya di’e Koroange turuni diwattu bongi iya istimewa toi, ya’ni lailatul Qadar. Ma’uani Puang Allah subhanahu wa ta’ala:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Sungguh Kami menurunkan al-Quran pada saat Lailatul al-Qadar (TQS al-Qadr [97]: 1).

Sitongangna Iyami’ pura mappaturungi (Koro’ang) di bongi mala’bi’ (Lailatul Kadr) (TQS al-Qadr [97]: 1).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Turunnya al-Quran sesungguhnya adalah peristiwa yang amat dahsyat. Inilah yang terkandung dalam firman Allah:

Naiya pirrawunganna Koro’ang sitongattonganna adalah peristiwa iya kamenang dahsyat. Iyamo di’e nakandung di lalang Koro’ang:

لَوْ اَنْزَلْنَا هٰذَا الْقُرْاٰنَ عَلٰى جَبَلٍ لَّرَاَيْتَهٗ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ

Andai al-Quran ini Kami turunkan di atas gunung, kamu (Muhammad) pasti menyaksikan gunung itu tunduk dan pecah berkeping-keping karena takut kepada Allah. Perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka mau berpikir (TQS al-Hasyr [59]: 21).

Tenna’ Iyami’ mappaturung Koro’ang di’e lao di mesa buttu, tongang na muitai tunru’ tisigi-sigi’ (poa’) sawa’ marakke’i lao di Puang Allah Ta’ala. Anna allo akkalarapangan di’o Iyami’ mappapia-i di rupa tau mamoare’i ise’iya mappikkir (TQS al-Hasyr [59]: 21).

Saat menafsirkan ayat ini, Imam ath-Thabari menyatakan, “Gunung itu tunduk dan terpecah-belah karena begitu takutnya kepada Allah meskipun gunung itu amat keras. Tidak lain karena gunung tersebut sangat khawatir tidak sanggup menunaikan hak-hak Allah yang diwajibkan atas dirinya, yakni mengagungkan al-Quran.” (Ath-Thabari, Jami’ al-Bayan fii Ta’wil al-Qur'an, 23/300).

Diwattunna mattapserei aya’ di’e, Imam ath-Thabari ma’uani, “iya di’o buttuo tundu’i anna sisara-sara’ (poa’) toi sawa’ begitu marakke’na lao di Puang Allahu Ta’ala meskipun iya di’o buttuo makarrasi. Nandiang laenna karena iya di’o buttuo hawatir sanna’i mua’ andiani sanggup mappogau’ ha’-ha’na Puang Allahu Ta’ala iya nawaji’i di sesena, ya’ni mappakaraya Koro’ang.” (Ath-Thabari, Jami’ al-Bayan fii Ta’wil al-Qur'an, 23/300).

Adapun Imam al-Baidhawi menafsirkan ayat ini dengan menyatakan, “Ayat ini merupakan gambaran betapa besarnya kehebatan dan pengaruh al-Quran.” (Al-Baidhawi, Anwaar at-Tanziil wa Asraar at-Ta’wiil, 3/479).

Diang to’o nauwa Imam al-Baidhawi diwattuna mattapsere’i di’e aya’e mauani bahwa “iya di’e aya’e gambaranna betapa kaeyangna kehebatanna anna pengaruna Koro’ang.” (Al-Baidhawi, Anwaar at-Tanziil wa Asraar at-Ta’wiil, 3/479).

Karena itulah, menurut Abu Hayan al-Andalusi, ayat ini merupakan celaan kepada manusia yang keras hati dan perasaannya tidak terpengaruh sedikit pun oleh Al-Qur’an. Padahal jika gunung yang tegak dan kokoh saja pasti tunduk dan patuh pada Al-Qur’an, sejatinya manusia lebih layak untuk tunduk dan patuh pada al-Qur’an (Abu Hayan al-Andalusi, Bahr al-Muhiith, 8/251).

Karena itulah, nauwa Abu Hayan al-Andalusi, iya di’e aya’e merupakan paccallanna lao di rupa tau iya makarras ate anna perasa’anna andiani terpengaruh mau nasicco’na pole di Koro’ang. Padahal mua’ iya di’o buttu mikke’de’o anna makasau’o pasti tundu’i anna patui lao di Koro’ang, sejatina paranna rupa tau lebih laya’i untu’ tundu’ anna patu lao di Koro’ang (Abu Hayan al-Andalusi, Bahr al-Muhiith, 8/251).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Sejarah membuktikan bahwa Al-Qur’an benar-benar membawa perubahan besar bagi umat manusia. Bangsa Arab yang dulu dipenuhi dengan kebodohan dan kezaliman serta beragam kemaksiatan seperti perzinaan, perjudian, mabuk-mabukan, penipuan dalam jual-beli, riba, pembunuhan terhadap bayi-bayi yang baru lahir, peperangan antarsuku, dan lain-lain; berubah total dengan Al-Qur’an.

Sejarah napapalattoangmi bahwa iya di’o Koro’ango tonga-tongani mambawa perubahan kaeyang di sesena paranna rupa tau. Bangsa Ara’ diolo’ pura mai napenuhi’i acangngoang anna agau’ bawang anna marrupa-rupa a’dorakang rapang to mappanga’ding, pabotor, pandundu, penipuan dio jual beli, pappatei lao di ana’ mane lahir, peperangan antar suku anna lae-laengna; beruba totali dengan Koro’ang.

Dengan bimbingan langsung Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka berubah 180 derajat. Dari kegelapan menuju cahaya. Dari kejahiliyahan menuju kemuliaan. Dari kebiadaban menuju keadaban. Dari sebuah bangsa yang tidak diperhitungkan menjadi bangsa yang memimpin peradaban selama rentang waktu yang amat panjang, 14 abad lamanya.

Dengan bimbingan (pipatudu) lansungna Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, jari iya illao berubai 180 deraja’. Pole diapattang nami’olo lao di anu mawaya. Pole di to cangngo mi’olo lao di ala’birang. Pole di abiadang nami’olo lao di akkeadang. Pole di mesa bangsa iya andiang diperhitungkan minjadi bangsa iya mappempin disanga peradaban selama rentang wattu iya masae sanna’, 14 aba’ saena.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Semua pencapaian kemajuan perabadan Islam dan kaum Muslim selama berabad-abad itu tentu berkat Al-Qur’an. Ini pun diakui bahkan oleh para cendekiawan Barat sendiri. “Hendaklah diingat, Al-Qur’an memegang peranan yang lebih besar bagi kaum Muslim daripada Bibel dalam agama Kristen…Sungguh, sebuah kitab seperti ini patut dibaca secara meluas di Barat, terutama di masa kini…” (E. Denisen Ross, seperti dikutip dalam buku Kekaguman Dunia Terhadap Islam).

Inggannana di’o nalolongan kemajuan Asallangan anna to Sallang selama berabad-abad’o tentu barakka’na Koro’ang. Iya tomo di’e na’akui bahkan illao di para cendekiawan Barat. “Henda’nya di’ingarani Koro’ang mattu’galang peranan iya kaeyang sanna’ di sesena to Sallang daripada bibel di lalang agama Kristen.... Sitongattonganna, mesa kitta’ iya rapang di’e patu’i dibaca secara maloang dio di Barat, terutama dite’e di’e wattu mamanyae....” (E. Denisen Ross, rapang nakutib di lalang buku Kekaguman Dunia Terhadap Islam).

Prof G Margoliouth dalam De Karacht van den Islam juga menulis, “Penyelidikan telah menunjukkan bahwa yang diketahui oleh sarjana-sarjana Eropa tentang falsafah, astronomi, ilmu pasti dan ilmu pengetahuan semacam itu, selama beberapa abad sebelum Renaissance, secara garis besar datang dari buku-buku berbahasa Arab. Al-Qur’anlah yang memberikan dorongan pertama untuk studi-studi itu di antara orang-orang Arab dan kawan-kawan mereka.”

Prof. G Margoliouth lalang De Karacht van den Islam mattulisi, “naiya penyelidikan purai napatiroiang bahwa iya napi’issanni sarjana-sarjana Eropa tentang falsafah, astronomi, ilmu pasti anna ilmu paissangan tipatengan di’o, selama beberapa aba’ sebelum Renaissance, jari secara garis besar polei dari buku-buku ma’bahasa Arab, Koro’angmo tu’u iya miwengan sumanga’ mindiolo untu’ studi-studi di’o diantara tau Ara’ anna sola-solana,

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Jika kita mengaku beriman kepada Al-Qur’an, maka wajib bagi kita senantiasa merujuk pada Al-Qur’an; baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun bernegara. Apalah artinya mengimani Al-Qur’an sebagai petunjuk kehidupan, namun dalam keseharian petunjuk Al-Qur’an itu dicampakkan. Isinya tidak diamalkan. Hukum-hukumya tidak diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan.

Mua’ mangakui tau matappa’ lao di Koro’ang, maka waji’i diseseta’ simata mi’oloi tau lao di Koro’ang; baik dalam kehidupan di seseta’, bermasyaraka’ maupun bernegara. Apatomo battuangna ma’atappa’i Koro’ang sebagai petunju kehidupano, namun dalam keseharian petunju’ koro’ango napippondo’i. Issinna andiani rua na’ammalakang. Hukum-hukumna andiani napogau’ di lalang aspe’ atuo-atuoang.

Fakta membuktikan tanpa merujuk kepada Al-Qur’an seperti sekarang, negeri ini terpuruk. Kemiskinan, pengangguran, kemaksiatan, korupsi, kriminalitas tak bisa diselesaikan. Ketidakadilan hukum makin terang-terangan dipertontonkan. Semua kerusakan ini tidak lain sebagai akibat dari sikap umat Islam, khususnya para penguasanya, yang enggan diatur oleh Al-Qur’an.

Fakta mipatiroiang tanpa mi’oloi tau lao di Koroang dite’e di’e, iya di’e negarata’e terpuru’i. Akasi-asiang, penganggurang, a’dorakang, korupsi, kriminalitas andiang mala naselesaikan. Naiya ketidakadilan hukum pale-pale’ tandangani napitiroiang. Inggannana adaeange nandiang laenna sebagai akiba’ pole di panggauang umma’ Sallang, khsusna para penguasana, iya andiang melo’ na’ator Koro’ang.

Inilah bukti peringatan Allah subhanahu wa ta’ala:

Iyamo di’e bukti pappaingarangna Puang Allah subhanahu wa ta’ala dilalang di Koro’ang mala’bi’:

وَمَنْ اَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِيْ فَاِنَّ لَهٗ مَعِيْشَةً ضَنْكًا وَّنَحْشُرُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ اَعْمٰى

Siapa saja yang berpaling dari peringatan-Ku (al-Quran) maka bagi dia kehidupan yang sempit dan pada Hari Kiamat nanti Kami akan membangkitkan dia dalam keadaan buta (TQS Thaha [20]: 124).

Anna inai-inai meppondo’ pole di pappaingarangngu, jari sitongangna di sesena atuoang sippi’, anna Iyami’ na mappasirumungi di allo keama’, buta (TQS Thaha [20]: 124).

Karena itu, saatnya kita kembali kepada Al-Qur’an. Mengamalkan seluruh isinya dalam seluruh aspek kehidupan. Allah janjikan keberkahan bagi kita atas hal itu:

Jari, wattunnamo ita’ di’e mimbali’ lao di Koro’ang. Ma’amalakani tau inggannana issinna di lalangna inggannana aspe’ atuo-atuoang. Puang Allahu Ta’ala mijanjiani keberkahan di sesena ita’ di’e pole di hal digena’o:

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Jika penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan membukakan untuk mereka keberkahan dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat- Kami). Karena itu Kami mengazab mereka karena apa yang telah mereka lakukan itu (TQS al-A’raf [7]: 96).

Anna tenna’ diangi pa’banua matappa’ anna me’atakwa, napominasai Iyami’ namappoleangi iseiya barakka’ pole di langi’ anna pole di lino, anna iyatia ise’iya malloso-losongan (aya’-aya’I), jari Iyami’ massessai ise’iya sawa’ panggauangna (TQS al-A’raf [7]: 96). []

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II Kato’ba II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post