Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
MALLOLONGANG APPALANG DI BULANG RAMADANG

MALLOLONGANG APPALANG DI BULANG RAMADANG

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA MAMMESANA FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

قَالَ ٱهْبِطَا مِنْهَا جَمِيعًۢابَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّۭ ۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدًۭى فَمَنِ ٱتَّبَعَ هُدَاىَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَىٰ

(QS Taha [20]: 123).

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala, Tuhan semesta alam, yang karunianya tak terhitungkan. Yang memberi kita kesempatan ibadah di bulan Ramadhan. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan oleh Allah kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman.

Alhamdulillah, inggannana pappuJi appunnannai Puaŋ Allahu Ta’ala, Puaŋna alaŋ, iya karuniaNa andiani diulle diBilaŋ. Iya miBei kesempataŋ ma’iBada di bulaŋ RamaDaŋ dite’e di’e. Shalawa’ anna beresallaŋ mamuare’i simata lolongi pammaseNa lao di pangulunna alaŋ iyamo Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluargana, sahaBa’na, anna umma’na lambi’ lao di allo paccappuraŋ wattu.

Alhamdulillah, all praise be to Allah subhanahu wa ta'ala, Lord of the worlds, whose bounties are incalculable. Which gives us the opportunity to worship in the month of Ramadan. Shalawat and greetings may always be bestowed by Allah on our Prophet Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam, his family, friends, and his people until the end of time.

Marilah kita terus berusaha meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dengan melaksanakan seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Mudah-mudahan kita menjadi hamba-Nya yang mendapatkan derajat yang tinggi di sisi-Nya.

Inggai simata di’usahai ditingkatkani rasa takwata’ lao di Allah subhanahu wa ta’ala, dipoGau’i inggannana iya Napisioaŋ anna dipiakaramboi inggannana anu Napusara. Mamuare’i ita’ di’e minjari’i tau batua iya deraja’ta matinggi di seseNa.

Let us continue to strive to increase our piety to Allah subhanahu wa ta'ala, by carrying out all His commands and staying away from His prohibitions. Hopefully we become His servants who get a high degree by His side.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ramadhan beberapa hari lagi akan meninggalkan kita. Kita patut bersedih karenanya. Sebab, segala keistimewaan tak ada lagi. Amal kebaikan yang dilipatgandakan, kembali normal. Setan-setan kembali berkeliaran. Pintu-pintu neraka kembali dibuka. Dan, pahala amal kita diganjar oleh Allah seperti biasa, tak sama dengan amal di bulan mulia, Ramadhan. Karena itu, mumpung Ramadhan masih ada, mari berlomba beramal shalih dan mendekat kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan taat kepada-Nya dengan sepenuh jiwa.

Di bulaŋ puasa dite’e di’e andiammi masae namipelei. Paralluitau miraupa’mai’. SaBa’, inggannana anu masahoro di lalaŋna napa’dami. Iya ammalta simata titambai pahalana, mijari sittengammi di allo biasana. Iya di’o setango lassu’ tomi. Ba’bana naraka diBuai’i. Anna, iya di’o kualitas pahalao sittengambomi di allo biasa, di saliwaŋ bulaŋ puasa. Jari, apiananna di lalaŋduapai tau di bulaŋ puasa, inggai silumba-lumba ma’iBaDa miakaDeppu’ lao di Puaŋ Allahu ta’ala dipapoli atunruatta’ Lao.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Mari kita renungkan dan muhasabah diri, adakah Ramadhan ini telah mengubah sikap kita kepada syariah Allah? Menjadi lebih takwa? Ataukah kita bersiap-siap kembali menjadi pribadi yang sama layaknya sebelum Ramadhan?

Inggai direnungi’i anna direke-rekeŋi tama bataŋ alaweta, diaŋbai di bulaŋ puasa dite’e malai marruBa keDota’ mi’olo lao di sarea’Na Puaŋ? MinjaDi tamba-tamba takwai tau? Atau tatta’bai tipateŋ bassa diwattunna andiaŋpa mittama allo puasangaŋ?

Let's reflect and evaluate ourselves, has this Ramadan changed our attitude towards Allah's Shari'a? Become more pious? Or are we getting ready to return to being the same person we were before Ramadan?

Bila kita menjadi pribadi yang lebih taat, lebih bertakwa, itu berarti Ramadhan kita berhasil. Karena buah Ramadhan adalah ketakwaan, yakni ketaatan total kepada Allah. Dan momentum Idul Fitri nanti adalah momentum kelahiran manusia baru. Manusia beriman, yang lebih taat dibanding sebelumnya, setelah ditempa di kawah candradimuka Ramadhan selama sebulan.

Mua’ ita’ di’e malaBai tamba ta’a’i tau, tamba takwa-toi tau, berarti di’e puasata’e lolosi. Sawa’ buana puasa di’o iyamo atunruaŋ, iyamo tunru’ mattongattongaŋ lao di Puaŋ Allahu Ta’ala. Anna diwattu idul fitri manini iyamo sittengani mane purai tau dile’deaŋ. Tau matappa’, lebi matappa’i mua’ dibandingkani allo pura mai, dipuranna tau mitappa pole kawah candradimuka puasaŋ sambulaŋ panno.

If we become more obedient, more pious, it means that our Ramadan is successful. Because the fruit of Ramadan is piety, namely total obedience to Allah. And the momentum of Eid al-Fitr later is the momentum of the birth of a new human being. Believers, who are more pious than before, after being forged in Ramadan for a month.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS. Al-Baqarah 183:

Tiapai di lalaŋ pau-pau mala’bi’Na Allah subhanahu wa ta’ala dioi di QS. Al-Baqarah aya’ 183:

As the word of Allah subhanahu wa ta'ala in surah Al-Baqarah 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

“E inggannana to matappa’, diwaji’io mapppuasa mi’apa diwajikaŋ lao di pattodioloammu mala’ao takwa”.

“O believers! Fasting is prescribed for you—as it was for those before you—so perhaps you will become mindful ˹of Allah˺

Kata taqwa berasal dari kata waqâ, yang berarti melindungi. Yaitu, untuk melindungi diri dari murka dan azab Allah subhanahu wa ta’ala. Caranya dengan menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Itulah pengertian taqwa.

Iya di’o kata taqwa pole dioi di kata waqaa, battuanna mallindungi. Iyamo, mallindungi bataŋ alawe pole di cai’ anna passessaNa Allah subhananu wa ta’ala carana dipoGau’i inggannana perinta-Na anna dipiakaramboi inggannana larangan-Na. Iyamo di’o disanga battuaŋ takwao.

The word taqwa comes from the word waqâ, which means to protect. That is, to protect oneself from the wrath and punishment of Allah subhanahu wa ta'ala. The trick is to carry out the commands of Allah subhanahu wa ta'ala and stay away from all His prohibitions. That is the meaning of piety.

Takwa adalah raihan tertinggi Ramadhan. Dan ketakwaan inilah yang menentukan derajat kita di sisi Allah.

Iya di’o takwao iyamo pappoleaŋ matinggi di lalaŋ wattu puasa. Anna iyatomo mala mattentukan posisitta’ di Puaŋ Allahu Ta’ala.

Taqwa is the highest achievement of Ramadan. And it is this piety that determines our rank in the sight of Allah.

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu (TQS al-Hujurat [49]: 13).

Sitongaŋna iya kaminaŋ mala’bi’ disesemu di Puaŋ Allah Ta’ala iyamo to kaminaŋ takwa disesemu (TQS al-Hujurat [49]: 13).

Surely the most noble of you in the sight of Allah is the most righteous among you. (Surah al-Hujurat [49]: 13).

Bukankah ketakwaan ini yang akan kita bawa mati? Lalu mengapa masih banyak orang yang enggan bertakwa? Terus berkubang dalam kemaksiatan. Ingkar terhadap syariat-Nya. Memusuhi orang-orang yang mendakwahkan Islam. Menentang hukum-hukum Allah. Meletakkan ayat kitab suci di bawah ayat konstitusi. Menganggap hukum manusia lebih baik dari hukum-hukum Allah. Dan menganggap Allah dan Rasul-Nya seperti tidak ada. Itu semua jelas bukan karakter yang dibentuk oleh Ramadhan.

Tania to’o iya di’e takwae nadipiwoŋ mua’ matei tau? Anna mangapa na mai’di le’ba’ duapa tau moka miatakwa? Tatta’ duai mappoGau’ ma’sia’. Mappepondo’i sarea’Na. Maccalla-callai mua’ diaŋ tau mappalambi’ Asallangaŋ. Natentani hukum (atoraŋ) pole di Puaŋ Allahu Ta’ala. Napattuni aya’ kitta’ mala’bi-Na tondo nauŋna aya’ konstitusi. Nasangai hukum (atoraŋ) pole di rupa tau lebi macoa dari atoraŋ pole di Puaŋ Allahu Ta’ala. Anna nasangatoi Allah anna Suro-Na nandiangi. Inggannana di’o tongaŋ tania karakter iya natappa pole di bulaŋ RamaDaŋ.

Isn't this piety that we will take to death? Then why are there still many people who are reluctant to be pious? Continue to wallow in disobedience. Disobey His Shari'a. Be hostile to those who preach Islam. Against God's laws. Put the scriptures under the constitution verse. Assuming human laws are better than God's laws. And consider Allah and His Messenger as if they did not exist. Those are all clearly not characters formed by Ramadan.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Usai Ramadhan adalah saat yang tepat bagi kita untuk bangkit. Pandemi hampir dua tahun lamanya, telah menempa kita sadar akan posisi kita sebagai hamba. Yang mesti, harus, dan tak ada pilihan lain, kecuali taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

Mua’ purai puasangaŋ iyamo wattu kamenaŋ macoa lao di ita’ untu’ bangkit. Di’o pandemio sicco’pai na ganna’ duattauŋ saena, purai mitappa na mipasaDari mi’apa posisitta’ seBaGai batua. Iya tia, harusi, anna nandiaŋ diaŋ pilihaŋ laeŋ, mua’ na andiaŋi tau papale ta’a’ lao di Puaŋ Allahu Ta’ala anna Suro-Na.

After Ramadan is the right time for us to rise. The pandemic for almost two years has made us aware of our position as servants. It must, must, and there is no other choice, but to obey Allah and His Messenger.

Kesadaran spiritual inilah yang seharusnya membangkitkan energi penghambaan dan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Energi untuk makin meningkatkan ibadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam arti yang seluas-luasnya. Berupa ketundukan dan kepatuhan menjalankan dan menerapkan hukum-hukum dan syariah-Nya secara total di muka bumi.

Sadar secara spiritual bassamo di’e iya parallu dipunnai namala mappakua’ rasa takwata anna dipaBatuai bataŋ alaweta’ lao di Puaŋ Allahu subhanahu wa ta’ala. Diaŋ tambangaŋ energi ma’ibaDa lao di Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala iya malonggaŋ battuanna. Rapaŋ tunru’ anna patutoi-tau mappoGau’ anna matterapkaŋ inggannana hukum anna sarea’Na dini di lino.

It is this spiritual awareness that should generate the energy of servitude and obedience to Allah subhanahu wa ta'ala. Energy to further increase worship to Allah subhanahu wa ta'ala in the broadest sense. In the form of submission and obedience to carry out and apply His law and sharia in total on earth.

Energi yang harus menumbuhkan kesadaran dan keberanian untuk meluruskan segala hal yang salah. Keberanian untuk melakukan perbaikan atas berbagai kerusakan (fasad) yang ada. Keberanian mengakhiri dan meninggalkan sistem rusak buatan manusia. Yakni ideologi dan sistem sekularisme-kapitalisme. Lalu mengganti sistem rusak itu dengan ideologi dan sistem yang benar, yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan dibawa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Itulah ideologi dan sistem Islam.

Iya di’o energio harusi mappatuo rasa saDar anna aBaraniatta’ mappamaroro inggannana anu sala. Abaraniaŋ mappoGau’ acoangaŋ dio di anu aDae’ (Pasad) iya diaŋ. Abaraniaŋ mappapi’osa anna mappelei sistem iya aDae’ pappapianna rupa tau. Rapang ideologi anna sistem sekularisme-kapitalisme. Mane massallei di’o sistem iya aDae’o tama iDeoloGi anna sistem iya parua, anu pura naparawuŋ Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala anna anu naBawa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Iyamo di’o disanga ideoloGi anna sistem Asallangaŋ.

The energy that must cultivate awareness and courage to make right what is wrong. Courage to repair any existing damage (destruction). Courage to end and abandon man-made corrupt systems. it is the ideology and system of secularism-capitalism. Then replace the broken system with the right ideology and system, which was revealed by Allah subhanahu wa ta'ala and brought by the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam. That is the ideology and system of Islam.

Hanya dengan penerapan akidah dan syariah Islam di seluruh aspek kehidupan; ekonomi, sosial, politik, pemerintahan, hukum, peradilan, dan lain-lain, dunia akan mendapatkan keberkahan. Inilah wujud ketundukan dan ketaatan hakiki, seorang muttaqin.

Sangga’ diterapkappai-tu’u di’e akida anna sarea’ Asallangaŋ di inggannana lao di atuo-atuoaŋ; ekonomi, sosial, politi’, pemerintahaŋ, hukum, peradilaŋ, anna laeŋna lao, linota’ napapoleangani barakka’. Iyamo di’e wuju’na atunruaŋ anna ata’atangatta’ iya tongaŋ, tau muttaqiŋ.

Only by applying Islamic creed and sharia in all aspects of life; economic, social, political, government, law, judiciary, and others, the world will get blessings. This is the true form of submission and obedience, a muttaqin.

Bila ketakwaan itu terwujud, Allah jamin datangkan keberkahan itu.

Mua’ di’o takwa terwuju’mi, Puaŋ Allahu Ta’ala manjamiŋ napapolei barakka’ di’o.

If that piety is realized, Allah guarantees that blessing will come.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Andai penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan membukakan untuk mereka keberkahan dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) sehingga Kami menyiksa mereka sebagai akibat dari apa yang mereka perbuat (TQS al-A’raf [7]: 96).

Tenna’ diangi pakkappuŋ matappa’ anna takwa. Iyami’ namappapoleangani barakka’ pole di langi’ anna pole di lino, tapi’ diaŋi mallosongaŋ (aya’-aya’-I) jari iyami’ massessai saBa’ panggauaŋna (TQS al-A’raf [7]: 96).

Had the people of those societies been faithful and mindful ˹of Allah˺, We would have overwhelmed them with blessings from heaven and earth. But they disbelieved, so We seized them for what they used to commit. (Surah al-A’raf [7]: 96).

Akhirnya, mari jaga ketaatan kita kepada Allah. Raih buah Ramadhan. Dan mari perjuangkan agar syariah Allah tegak di muka bumi. Buat Rasulullah bangga dengan kita, umatnya yang selalu berharap syafaatnya.

Jari, inggai dijaGai tappa’ta lao di Puaŋ Allahu Ta’ala. Dipialai buana RamaDaŋ. Anna inggai diperjuangkani sarea’Na Puaŋ Allahu Ta’ala dini lino. PaJari Rasulullah (suroNa) mario lao di’ita’, umma’na iya tulu’ mirau SaPa’a’na.

Finally, let's keep our obedience to Allah. Get the fruit of Ramadan. And let's fight for Allah's sharia to be upright on earth. Make Rasulullah proud of us, his people who always hope for his intercession.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II KATO’BA MADA’DUANNA SECOND KHUTBAH

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post