Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
MANGGAU BAWAG NANABALASI TUU!

MANGGAU BAWAG NANABALASI TUU!

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA MAMMESANA FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِّنْكُمْ ۗ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

(QS an-Nisa’ [4]: 29).

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang masih mempertemukan kita semua dengan bulan mulia, Ramadhan, di hari Jumat yang mulia, bersama dengan orang-orang yang insyaallah dimuliakan oleh Allah yakni orang-orang bertakwa. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman.

Alhamdulillah (Inggannana pappuJi naappunnai Puaŋ Allahu Ta’ala) Puaŋ iya mala mipasiruppa’dua ita’ di’e iyanasannae di bulaŋ mala’bi’e di bulaŋ ramaDaŋ, di allo aJuma’ mala’bi’, siola tau iya insyaallah napakala’bi’ Puaŋ Allahu Ta’ala ya’ni tau iya mi’atakwa lao di Puaŋ Allahu Ta’ala. Salawa’ anna beresallaŋ mamuare’i simata napaloloŋi pammase-Na lao di pangulunna alaŋ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lao di keluargana, lao di sahaBa’na, anna umma’na lambi’ lao di paccappuraŋ Samaŋ.

Alhamdulillah, praise be to Allah who still brings us all to the glorious month, Ramadan, on a glorious Friday, together with those who, God willing, will glorify us together with pious people in the mosque to perform Friday prayers. Shalawat and salaam may always be poured out on the lord of nature, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam, his family, friends, and his people until the end of time..

Bertakwalah kepada Allah. Sungguh takwa adalah kunci sukses kehidupan di dunia dan akhirat. Laksanakan perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya. Tundukkan hawa nafsu. Jadikan syariah sebagai rambu untuk mengarungi kehidupan.

Piatakwa le’ba’o lao di Puaŋ Allahu Ta’ala. Sitongattongaŋna iya di’o disanga takwao iyamo koccinna tu’u kesuksesaŋ ma’ola tuo dini di lino lambi’ lao di ahera’. DipoGau’i inggannana perinta-Na anna dipiakaramboi toi inggannana anu Nalaraŋ Puaŋ Allahu Ta’ala. Patundu’i hawa naPsu. PaJari sare’a atau hukum sebaGai tanda untu’ nama’ola atuo-atuoaŋ.

Fear Allah. Indeed, piety is the key to success in life in this world and the hereafter. Carry out His commandments and stay away from His prohibitions. Subdue our lusts. Make sharia a beacon to navigate life.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Hari-hari belakangan ini kita menghadapi tekanan hidup yang kian berat akibat naiknya berbagai harga komoditas. Minyak goreng harganya melesat dua kali lipat, akibat permainan para pengusaha dan negara tak berdaya menghadapinya. Ditambah lagi kenaikan harga Pertamax, dan munculnya kebijakan pajak pertambahan nilai (PPN) 11 persen bagi berbagai komoditas yang berlaku sejak 1 April lalu. Bahkan sudah ada rencana kenaikan harga solar dan LPG 3 kg. Semua ini akan menambah berat beban hidup rakyat.

Selama diallo domaie ita’ di’e mappi’oloi tau disanga tekanaŋ hidup iya maBe’i nasaBa’ mindai’i marrupa-rupa hargana komoditas (barang iya mala naperdagaŋkaŋ untu’ mallolongaŋ asumaroaŋ atau mala toi napassapiaŋ lao di baraŋ laeŋ iya ma’appunnai nilai iya sittengaŋ). Bassa minna’ mata mindai’ allinna pinda’dua kali lipa’, nasaBa’ panginoaŋna lao di pengusahao anna neGara andani naulle mahhadapi. Ditamba toi mindai’ hargana Pertamax, anna palatto toi keBijakaŋ paJak (sima) pertambahaŋ nilai (PPN) 11 (sappulo mesa) perseŋ lao di marupa-rupa komoditas iya berlakui seja’ tanggal 1 (mesa) April diongiŋ. Bahkaŋ diaŋ to’o rencanana napaDai’ toi hargana solar anna LPJ 3 (tallu) kilograŋ. Inggannana di’e malai mattambai be’inna bebaŋ atuo-atuoangaŋna pa’banua.

In recent days, we are facing increasingly heavy life pressures due to rising commodity prices. The price of cooking oil has doubled, due to the game of entrepreneurs and the state being powerless to deal with it. Plus the increase in the price of Pertamax gasoline, and the emergence of an 11 percent value added tax (VAT) policy for various commodities which has been in effect since April 1. There is even a plan to increase the price of diesel and 3 kg LPG. All of this will add to the burden of people's lives.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketahuilah, kebijakan Pemerintah menaikkan pajak, membiarkan pengusaha mempermainkan harga, menaikkan BBM dan gas yang hakikatnya berasal dari sumberdaya alam milik rakyat, secara langsung telah merampas harta milik rakyat secara zalim. Padahal harta adalah salah satu bagian dari kehidupan manusia yang mendapat perlindungan Islam. Tidak boleh ada yang mengganggu dan merampas harta seseorang. Tidak boleh juga memungut harta seseorang tanpa izin syariah. Bahkan Pemerintah sekalipun, haram melakukan pemaksaan pungutan apapun dari rakyatnya, kecuali pungutan yang memang telah diakui dan dibenarkan oleh syariah.

Pi’issanni’i, iya di’e kebiJakanna pamarintae mappaDai paJa’e, mallorani pangusaha mappanginoi harga, mappaDai’ BBM anna gas hakikinna di’o pappoleanna pole di sumber daya alam iya naappunnai pa’banua, secara laŋsuŋ purai narampas harta mili’na (barang-barangna ra’ya’ secara naGau’ bawaŋ). PaDahal iya di’o baraŋ-baraŋo iamo salamesanna bahagianna tu’u pole di atuo-tuoaŋna paranna rupa tau iya mallolongaŋ perlindungaŋ pole di Asallangaŋ. Nandiaŋ mala mangganggu anna marrampas (ma’ala) baraŋ-baraŋna mesa tau. Andiaŋ toi mala manduru’i baraŋ-baraŋna mesa tau tanpa iSin syare’a (hukum). Bahkaŋ pamarentah sekalipuŋ, haraŋi mappoGau’ mappassa manduru’i apapun pole di pa’banua, kecuali manduru’i iya anu memaŋ na’akui anna napattongaŋ pole sarea’.

You know, the government's policy of increasing taxes, allowing businessmen to play with prices, increasing fuel and gas which essentially comes from natural resources belonging to the people, has directly robbed the people's property unjustly. Whereas property is one part of human life that is protected by Islam. No one should disturb and rob someone of their property. It is also not permissible to collect someone's property without sharia permission. Even the government, it is forbidden to enforce any levies from its people, except for levies that have been recognized and justified by sharia.

Justru sangat ironis, pada saat kondisi kehidupan yang sedang sulit seperti saat ini, pungutan pajak bukannya dikurangi atau dihilangkan, malah makin ditambah. Padahal di sisi lain, Pemerintah tidak menjamin kesejahteraan bagi seluruh warganya.

Justru mannassa sannali, diwattunna atuo-atuoaŋ mamanya maparri’ rapaŋ dite’e di’e, manduru’i paJa’ (sima) tania makkurangi atau mappa’dai, mala makiŋ natamba. PaDahal di sese laiŋ, pamarentah andiani manjamiŋ kesejahtera’aŋ lao di wargana.

In fact, it is very ironic, at a time when living conditions are difficult like today, tax collections are not reduced or eliminated, they are even increased. On the other hand, the government does not guarantee the welfare of all its citizens.

Ketahuilah, Al-Quran melarang mengganggu dan merampas harta manusia tanpa alasan yang haq (Lihat: TQS an-Nisa’ [4]: 29). Juga ada sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam Khutbah al-Wada’:

Pi’issanni’i, dilalaŋ koro’aŋ napusarai mangganggu anna ma’ala baraŋ-baraŋna mesa tau tanpa alasaŋ iya tongaŋ (Itai: TQS an-Nisa’ [4]: 29). Diaŋ to’o pappasaŋna NaBitta’ di lalaŋ Kato’ba al-Wada’:

Know that the Qur'an forbids disturbing and seizing human property without a valid reason (See: Surah an-Nisa' [4]: 29). There is also a saying of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam in the Khutbah al-Wada':

إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ وَأَعْرَاضَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هذَا فِي شَهْرِكُمْ هذَا فِي بَلَدِكُمْ هذَا

Sungguh darah kalian, harta kalian dan kehormatan kalian haram atas kalian sebagaimana haramnya hari kalian ini, pada bulan kalian ini dan di negeri kalian ini (HR al-Bukhari dan Muslim).

Sitongattongaŋna cera’mu mie’, baraŋ-baraŋmu mie’ anna ala’biraŋmu mie’ haraŋi di sesemu mie’ mi’apai haraŋna allomu dite’e di’e, di bulaŋmu mie’ di’e anna di kappummu dite’e di’e (HR al-Bukhari anna Muslim).

Indeed, your blood, your wealth and your honor are forbidden to you

as this day is forbidden for you, in this month of yours and in this country of yours (Narrated by al-Bukhari and Muslim).

Karena itu Islam melarang keras tindakan ghashab. Ghashab menurut kitab Al-Muhith fi al-Lughah, adalah mengambil sesuatu secara zalim dan memaksa.

Jari di lalaŋna ajaraŋ Sallaŋ napusara sanna’i mappoGau’ ghashab. Naiya di sanga Ghashab menuru’ kitta’ Al-Muhith fi al-Lughah, iamo ma’alai apa-apa secara manggau’ bawaŋ anna mappassa.

Therefore Islam strictly forbids the act of ghashab. Ghashab according to the book Al-Muhith fi al-Lughah, is taking something unjustly and forcibly.

Kebijakan inilah yang telah diperingatkan keras oleh Islam. Abu Khair radhiyallahu ‘anhu. berkata: Maslamah bin Makhlad (gubernur di negeri Mesir saat itu) menawarkan tugas penarikan pajak kepada Ruwafi bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu. Ia berkata: Sungguh aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Iya di’e kebijakane purai napaingaraŋ sanna’ lao di umma’ Sallaŋ. Abu Khair to narioi Puaŋ Allahu Ta’ala ma’uani: Maslamah bin Makhlad (guBernur di kappuŋ Mesir wattu di’o) mattawarkani tuGas mattare’ sima lao di Ruwafi bin Tsabit narioi Puaŋ Allahu Ta’ala. Ma’uani: sitongattongaŋna iyau rua’ ma’irraŋni Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ma’uaŋ:

This is the policy that Islam has strongly warned against. Abu Khair radhiyallahu ‘anhu. said: Maslamah ibn Makhlad (governor of Egypt at that time) offered the task of tax collection to Ruwaifi bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu. He said: Indeed I have heard the Messenger of Allah sallallahu ‘alaihi wa sallam say:

إِنَّ صَاحِبَ الْمَكْسِ فِيْ النَّارِ

Sungguh para pemungut pajak (diazab) di neraka (HR Ahmad).

Sitongattongaŋna iya to manduru’i simao (nanasessai ) manini di neraka (HR Ahmad).

Indeed, the tax collectors (are punished) in hell (Narrated by Ahmad).

Karena itu kebijakan memungut pajak, apalagi dengan kadar pungutan yang mencekik rakyat, adalah kebijakan zalim. Sama halnya dengan kebijakan pemerintah untuk terus menaikkan harga BBM dan gas (LPG).

Jari iya di’e kebijakaŋ manduru’i simae, apalagi ukuranna ma’ala di’e simae massessai pa’banua iyamo kebijakan Salim. Sittengani halna kebijakaŋna pemerintah untu’ namappaDai’ tarrus allinna BBM anna gas (LPG).

Therefore, the policy of collecting taxes, especially with the level of levies that suffocate the people, is an unjust policy. Similarly, the government's policy to continue to increase the price of fuel and gas (LPG).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak memperingatkan penguasa dan pemimpin zalim. Ketahuilah, pemimpin/penguasa zalim pasti akan dibalas oleh Allah subhanahu wa ta’ala, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai secara khusus mendoakan keburukan atas para penguasa zalim yang mempersulit kehidupan rakyatnya:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mai’di sanna’i napaingaraŋ lao di penguasa anna pemimpiŋ to manggau’ bawaŋ. Pi’issanni’i, iya di’o pemimpino/penguasa to manggau’ bawaŋo pasti’i nanaBalasi Puaŋ Allahu Ta’ala bai’ dini di lino maupun dio di ahera’ manini. NaBitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai secara khusus nado’akani aDaeaŋna lao di penguasa manggau’ bawano iya mappasussa pa’banua:

The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam warned many rulers and unjust leaders. Know that the unjust leaders/rulers will surely be cursed by Allah subhanahu wa ta'ala, both in this world and in the hereafter. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam even specifically prayed for evil for the unjust rulers who made life difficult for their people:

اللَّهُمَّ مَن وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتي شيئًا فَشَقَّ عليهم، فَاشْقُقْ عليه، وَمَن وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتي شيئًا فَرَفَقَ بهِمْ، فَارْفُقْ بهِ

Ya Allah, siapa saja yang mengurusi urusan umatku, lalu dia menyusahkan mereka, maka susahkanlah dia. Siapa saja yang mengurusi urusan umatku, lalu dia menyayangi mereka, maka sayangilah dia (HR Muslim).

E Puaŋ, inai-inai tau ma’urusi umma’u anna mappasussa, pamasussa toi tia Puaŋ. Lalu inai-inai ma’urusi umma’u lalu nasayanni’i maka sayaŋŋi toi tia Puaŋ (HR Muslim).

O Allah, whoever takes care of the affairs of my people, then he troubles them, then trouble him. Whoever takes care of the affairs of my people, then he loves them, then love him (Narrated by Muslim).

Doa Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu pasti akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Apakah para penguasa tidak takut?

Iya di’e pa’do’angaŋna NaBitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam pasti nakabulkani Puaŋ Allah subhanahu wa ta’ala. Apaka i’o mie’ penguasa andiano’o marakke’?

The prayer of the Prophet sallallaahu ‘alaihi wa sallam will definitely be granted by Allah subhanahu wa ta’ala. Are the rulers not afraid?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Dalam pandangan Islam, kekuasaan adalah amanah. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Dalam pandangaŋ ajaraŋ Asallangaŋ, iya di’o kekuasa’ano amana tu’u. Ma’uani Puaŋ Allahu subhanahu wa ta’ala:

In the view of Islam, power is a trust. Allah subhanahu wa ta'ala says:

﴿إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا اْلأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ﴾

Sungguh Allah menyuruh kalian memberikan amanah kepada orang yang berhak menerimanya, juga (menyuruh kalian) jika menetapkan hukum di antara manusia agar kalian berlaku adil (TQS an-Nisa’ [4]: 58).

Sitongaŋna Puaŋ Allahu Ta’ala massio’o mappalambi’ amana lao di to maka mattarima. Anna (massio’o, anna) mappannassa atoraŋ lao di rupa tau, mala’ao adil (TQS an-Nisa’ [4]: 58).

Indeed Allah commands you to deliver the trusts to their [rightful] owners, and, when you judge between people, to judge with fairness. (Surah an-Nisa’ [4]: 58).

Imam ath-Thabari, dalam Tafsîr ath-Thabarî, menukil perkataan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, “Kewajiban imam/penguasa adalah berhukum dengan hukum yang telah Allah turunkan dan menunaikan amanah. Jika ia telah melaksanakan hal itu maka orang-orang wajib mendengarkan dan menaati dia, juga memenuhi seruannya jika mereka diseru…”

Imam ath-Thabari, di lalaŋ Tafsîr ath-Thabarî, ma’alai pau-paunna Ali bin Abi radhiyallahu ‘anhu, “naiya di’o kewajiBaŋna imam/penguasao makkehukuni tu’u dengaŋ hukum iya pura napaturuŋ Puaŋ Allahu Ta’ala anna napoGau’i amana. Mua’ purai napoGau’ di’o maka di’o tauo waJi’i mappi’irraŋŋi anna matta’ati’i anna napenuhi toi seruaŋna mua’ nasioi...”

Imam ath-Thabari, in Tafsîr ath-Thabarî, quotes the words of Ali ibn Abi Talib radhiyallahu ‘anhu, “The duty of the imam/ruler is to rule with the law that Allah has sent down and fulfill the trust. If he has done that then the people must listen and obey him, also fulfill his call if they are called… "

Inilah dua sifat yang melekat pada pemimpin yang adil.

Pertama: Menjalankan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala dalam pelaksanaan ibadah, muamalah, hukum-hukum ekonomi Islam (tentang kepemilikan, pengelolaan kekayaan milik umum, keuangan negara), hukum peradilan dan pidana Islam (hudûd, jinâyât, ta’zîr maupun mukhâlafât), hukum-hukum politik luar negeri; dan sebagainya.

Iyamo di’e da’dua sipa’e mittote’ lao di pemimpin iya adil.

Mammesana: MappoGau’i hukum-Na Puaŋ Allahu subhanahu wa ta’ala di lalaŋna mappoGau’ ibaDa, mu’amala, hukum-hukum ekonomi Asallangaŋ (tentaŋ to ma’appunnai, makkelola asuGiaŋna tau mai’di, ke’uangaŋna neGara), hukum peradilaŋ anna pidana Asallangaŋ (hudûd, jinâyât, ta’zîr maupun mukhâlafât), hukum-hukum politi’ luar neGeri anna laeŋna.

These are the two qualities inherent in a just leader.

First: Implement the laws of Allah subhanahu wa ta'ala in the implementation of worship, muamalah, Islamic economic laws (regarding ownership, management of public property, state finances), Islamic judicial and criminal law (hudûd, jinâyât, ta'zîr and mukhâlafât), foreign policy laws; etc.

Kedua: Menunaikan amanah ri’âyah, yakni memelihara semua urusan umat seperti menjamin pemenuhan kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan bagi tiap individu warga negara); menjamin pemenuhan pendidikan, kesehatan dan keamanan secara cuma-cuma; serta melindungi rakyat dari berbagai gangguan dan ancaman. Dalam memelihara urusan rakyat, penguasa hendaklah seperti pelayan terhadap tuannya. Sebabnya, “Sayyidu al-qawmi khâdimuhum (Pemimpin kaum itu laksana pelayan mereka).” (HR Abu Nu’aim).

Mada’duanna: MappoGau’i amana ri’âyah, ya’ni mappiara inggannana urusaŋna umma’ rapaŋ manjamini pemenuhaŋ kebutuhaŋ poko’na (sandaŋ, pangaŋ, papaŋ di sesena mesa-mesa tau warga neGara); najamiŋ toi pemenuhaŋ pendidikaŋ, kesehataŋ anna keamanaŋ secara cuma-cuma; anna mallindungi (manjaGaitoi ra’ya’ pole di marrupa-rupa gangguaŋ anna ancamaŋ. Jari di lalaŋna mappiara urusaŋ ra’ya’, iya di’o penguasao mala’ai rapaŋ pelayaŋ mallayani lao di tuaŋna. SaBa’na, “Sayyidu al-qawmi khâdimuhum (iya di’o pemimpiŋna kaum’o rapaŋ le’ba’i tu’u pelayaŋna.” (HR Abu Nu’aim).

Second: Fulfilling the mandate of ri'âyah, namely maintaining all the affairs of the people such as ensuring the fulfillment of basic needs (clothing, food, housing for each individual citizen); guarantee the fulfillment of free education, health and security; and protect the people from various disturbances and threats. In maintaining the affairs of the people, the ruler should be like a servant to his master. The reason is, "Sayyidu al-qawmi khâdimuhum (The leader of the people is like their servant)." (Narrated by Abu Nu'aim).

Sayang, dalam sistem kapitalis demokrasi sekuler saat ini, penguasa lebih menghamba kepada para pemilik modal dan oligarki ketimbang memperhatikan dan melayani rakyatnya. Karena itu saatnya umat mencampakkan sistem kapitalis demokrasi sekuler yang sudah terbukti banyak menyusahkan rakyat. Saatnya umat menerapkan sistem pemerintahan Islam yang menerapkan syariah Islam secara kâffah yang pasti bakal mendatangkan kemakmuran, kesejahteraan, keadilan dan keberkahan.

Sayaŋi, di lalaŋna sistim kapitalis sekuler dite’e mamanyae, iya di’o penguasao leBi tundu’i lao di to mappunnai modal anna oligarki ketimbaŋ mapperhatikaŋ anna mallayani ra’ya’na. Jari wattunnamo umma’ di’e maccalla/mappipondo’i sistim kapitalis demokrasi sekuler iya pura terbutti mai’di sanna’ mappasussa ra’ya’. Wattunna tomo umma’ matterapkaŋ disanga sistem pemerintahaŋ Islam iya matterapkaŋ syare’a Asallangaŋ secara kâffah iya pasti mappapole kemakmuraŋ, kesejahtera’aŋ, keadilaŋ anna keberkahaŋ.

Unfortunately, in today's secular democratic capitalist system, the rulers are more servile to the owners of capital and the oligarchs than to pay attention and serve their people. Therefore, it is time for the people to abandon the capitalist system of secular democracy which has proven to be a lot of trouble for the people. It is time for the people to implement an Islamic government system that applies Islamic sharia in a kaffah manner which will surely bring prosperity, peace, justice and blessing.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II Kato’ba Mada’duanna

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post