Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
MINJARI PATTULUNNAI TAU AGAMANA PUANG ALLAH TAALA!

MINJARI PATTULUNNAI TAU AGAMANA PUANG ALLAH TAALA!

KHUTBAH PERTAMA [Kato’ba Pammulang] FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

يٰاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اِنْ تَنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

(QS Muhammad [47]: 7)

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah, yang telah mengaruniakan kita semua iman dan Islam. Dialah Yang MahaBenar dan MahaAdil. Yang menguasai alam semesta. Yang MahaMengetahui apa yang terjadi di muka bumi. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan alam Rasulullah SAW, keluarga, sahabat, serta umatnya hingga Hari Kiamat.

Alhamdulillah, naiya pappuji naappunnai Puang Allahu Ta’ala, Puang iya pura miwengang inggannana tappa’ anna Asallangan. Iyamo di’o Puang kamenang kaeang anna Puang kamenang adil. Puang iya makkuasai inggannana alallolisa. Puang iya ma’issang ianggannana iya anu terjadi dini di lino. Salawa’ anna beresallag mamuare’i simata lolongi lao di pangulunna alang Rasulullah SAW, lao di keluargana, lao di sahaba’na anna inggannana umma’na lambi’ lao di allo diwoe’.

Alhamdulillah, all praise belongs to Allah, who has given us all faith and Islam. He is the Most Righteous and the Most Just. Who rules the universe. The One Who Knows what is happening on earth. Shalawat and salaam may always be poured out on the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam, his family, friends, and his people until the Day of Judgment.

Bertakwalah kepada Allah, kapan pun dan di mana pun Anda berada. Taati semua perintah Allah dan jauhi semua larangan-Nya. Insyaallah, siapa yang bisa melakukan itu, pasti Allah akan angkat derajatnya.

E piatakwa le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala, mau di pirang wattu anna mau inna dioroi. Turu’i inggannana perintah-Na Puang Allahu Ta’ala anna dipiakaramboitoi inggannana larangan-Na. Insyaallah, inai-inai mappogau tipatengan di’e pasti nanakke’i Allah Ta’ala pangka’na.

Fear Allah, whenever and wherever you are. Obey all Allah's commands and stay away from all of His prohibitions. God willing, whoever can do that, surely Allah will raise his rank.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Penistaan agama tak kenal kata berhenti. Terus terjadi. Yang terakhir, ada seorang politikus menulis status di salah satu platform media sosial, “Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela.”

Iya di’o disanga maccalla-calla agamao andiani rua naissang mi’osa. Simata terjadi’i. Yang terakhir, diang mesa pappoliti’ mattulisi apa-apa dio di media sosial, “Kasiang sanna’i Puammu ternyata malammai, harusi dibela.”

Blasphemy doesn't know how to stop. Keeps going on. The latest, a politician wrote a status on one of the social media platforms, "It's a pity that your God is weak, he must be defended."

Ada sebagian kalangan yang membela dan mendukungnya. Mereka berpendapat bahwa Allah memang tak perlu dibela. Menurut mereka, Allah itu Mahaperkasa dan Mahakuat. Allah tak memerlukan pembelaan dari manusia yang lemah. Membela Allah sama artinya menganggap Allah itu lemah. Begitu opini mereka.

Diang sebagian kalangan anna mandukung toi. Ma’uani iya di’o, Puang Allah Ta’ala memang andiani parallu dibela, ma’uang toi iya dio Puang Allah Ta’ala Masarro Perkasa anna Puang Masarro Makua’. Iya di’o Puang Allahu Ta’ala andiani parallu pembela’anna pole di rupa tau iya malamma. Mambelai tau Puang Allahu Ta’ala sittengani battuanna iya di’o Puang Allahu Ta’ala malammai. Tipatengammi di’o pau-paunao.

There are some people who defend and support it. They think that God does not need to be defended. According to them, Allah is All-Powerful and All-Powerful. Allah does not need the defense of weak humans. Defending Allah is tantamount to thinking that Allah is weak. That's their opinion.

Perhatikan! Sikap seperti ini jelas salah besar. Kita, kaum Muslim harus bisa membedakan ranah akidah dengan ranah amal. Dalam ranah akidah, setiap Muslim wajib mengimani bahwa Allah Mahakuat (Al-Qawiy), Mahaperkasa (Al-‘Azîz) juga Mahakokoh (Al-Matîn). Tidak ada yang dapat mengalahkan kekuasaan Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

Perhatikan le’ba’i! Iya di’o panggauango mannassi sala kaeyang. Ita’, anna inggannana to Sallang harusi mala mappalaisang inna wilayana akida anna inna to’o wilayana amal. Na iya wilayana akidah, inggannana to Sallang waji’i ma’atappa’i bahwa iya di Puang Allahu Ta’ala Puang Masarro Kua’/magassing (Al-Qawiy) tu’u, Masarro Perkasa (Al-‘Azîz) Puang Masarro Sukku’ to’o (Al-Matîn). Nandiang mala massauri akkuasan-Na Puang Allahu Ta’ala, mi’apa paunna Puang Allahu Ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’:

Take note! Such an attitude is clearly wrong. We, the Muslims, must be able to distinguish between the realm of faith and the realm of pious deeds. In the realm of faith, every Muslim is obliged to believe that Allah is Strong (Al-Qawiy), All-Mighty (Al-'Azîz) and Most Sturdy (Al-Matn). Nothing can beat the power of Allah Subhanahu Wa Ta'ala, as He says:

مَا اُرِيْدُ مِنْهُمْ مِّنْ رِّزْقٍ وَّمَا اُرِيْدُ اَنْ يُّطْعِمُوْنِ اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِيْنُ

Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki agar mereka memberi Aku makan. Sungguh Allah, Dialah Pemberi rezeki, Pemilik Kekuatan Yang Mahakokoh (TQS Adz-Dzariyat [51]: 57-58).

Andianga’ mappoelo’ dalle’ mau nasicco’na pole dise’iya anna andiang toa’ mappoelo’ malaai ise’iya mappandea’. Sitonganna Puang Allah Taala (Iyamo) pambei dalle’, Iya maappunnai akkuasang na makasau’ sanna’ (TQS Adz-Dzariyat [51]: 57-58).

I do not want from them any provision, nor do I want them to feed Me. Indeed, Allah ˹alone˺ is the Supreme ProviderLord of all Power, Ever Mighty. (TQS Adz-Dzariyat [51]: 57-58).

Allah SWT mengabarkan bahwa segala sesuatu pasti akan binasa, kecuali Dia:

Naiya Puang Allahu Ta’ala mipissanni’i bahwa iya di’o inggannana apa-apa pasti tu’u nabinasa nasangi, sanga’dinna Allah Ta’ala semata:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala informs that everything will surely perish, except Him:

كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ اِلاَّ وَجْهَهُۗ لَهُ الْحُكْمُ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenang-Nya dan hanya kepada-Nya kalian dikembalikan (TQS al-Qashash [28]: 88).

Tungga-tungga’ seu-seuwa pasti binasa, selaenna Puang Allah Taala. Di sese-Nai inggannana attattuang anna sangga’ di sese-Nai diango’o dipepembali’ (TQS al-Qashash [28]: 88).

Everything is bound to perish except He Himself. All authority belongs to Him. And to Him you will ˹all˺ be returned. (TQS al- Qashash [28]: 88).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Itu adalah ranah akidah atau keimanan. Namun, dalam ranah amal, Allah SWT memerintahkan kaum Muslim untuk membela agama-Nya. Allah SWT berfirman:

Iya di’o disanga wilayana akida atau atappang. Namun, naiya wilaya amal, Puang Allahu Ta’ala naperintahkani lao di inggannana umma’ Sallang untu’ namambela agama-Na. Ma’uani Puang Allahu Ta’ala:

That is the realm of aqidah or faith. However, in the realm of pious deeds, Allah Subhanahu Wa Ta'ala Orders Muslims to defend His religion. Allah Subhanahu Wa Ta'ala says:

وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sungguh Allah akan menolong orang yang membela (agama)-Nya. Sungguh Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa (TQS al-Hajj [22]: 40).

Sitongangna Puang Allah Taala pasti na mattulungi to mattulung di (agama)-Na. Sitongangna Puang Allah Taala Masarro Kua’ na Maraya Pa’ulleang (TQS al-Hajj [22]: 40).

Allah will surely support those who support Him [i.e., His cause]. Indeed, Allah is Powerful and Exalted in Might. (TQS al-Hajj [22]: 40).

Allah SWT juga memerintahkan kaum Muslim agar menjadi para penolong agama-Nya:

Ma’uattoi Puang Allahu Ta’ala, naperintahkan toi lao di umma’ Sallang mamoare’i minjari pattulunna agama-Na:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala also commands Muslims to be the helpers of His religion:

يٰاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا اِنْ تَنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

Wahai orang-orang yang beriman! Jika kalian menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian (TQS Muhammad [47]: 7).

E inggannana tau iya matappa’, mua’ mattulungo’o (agamana) Puang Allah Taala, napominasai Puang Allah Taala na mattulungo’o anna mappamasse’ pi’oroammu (TQS Muhammad [47]: 7).

O you who have believed, if you support Allah, He will support you and plant firmly your feet. (TQS Muhammad [47]: 7).

Syaikh Ibrahim al-Qaththan dalam tafsirnya menjelaskan maksud ayat ini, “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian menolong Allah—yakni dengan menolong syariah-Nya, menegakkan hak-hak Islam, berjalan sesuai dengan manhaj-nya yang lurus—niscaya Allah menolong kalian atas musuh-musuh kalian. Inilah janji yang benar dari Allah SWT. Sungguh Dia telah melakukan demikian untuk kaum Mukmin yang shiddiq dari kalangan generasi sebelum kita. Karena itu sekarang kita pun dituntut untuk menolong agama Allah dan berjalan pada manhaj-Nya sampai Allah menolong kita dan mengokohkan kedudukan kita. Allah tidak pernah mengingkari janji.” (Al-Qathhan, Taysîr at-Tafsîr, 3/242).

Nauwa annangguru Syaikh Ibrahim al-Qaththan di lalangi kitta’ tapsirna nawattuanni di’e aya’e, “Inggannana to matappa’, mua’ mutulung bandi agama-Na Puang Allahu Ta’ala – ya’ni mutulummi tu’u disanga sarea’-Na, dike’deattoi ha’-ha’na Asallangan, millamba tomo’o lao di tangalalanna iya maroro – niscaya nanatulummo’o tu’u Puang Allahu Ta’ala pole di musu-musummu mie’. Iyamo di’e janjie kamenang tongang pole di Puang Allahu Ta’ala. Sitongattonganna iya di’o Puang Allahu Ta’ala purai mappogau’ tipatengan di’o untu’ lao di tau matappa’ tongang pole di kalangan atau golongang sebelum ita’. Karena itu, ita’ di’e dituntu’i untu’ mattulung agamana Allah Ta’ala anna millamba toi tau lao di tangalalan-Na lambi’ Puang Allahu Ta’ala mitulungi anna napamatettes/napamanassa toi oroatta’. Jari naiya Puang Allahu Ta’ala andiani rua mangingkari janjinna.” (Al-Qathhan, Taysîr at-Tafsîr, 3/242).

Shaykh Ibrahim al-Qaththan in his commentary explains the meaning of this verse, "O you who believe, if you help Allah—that is, by helping the implementation of His sharia, upholding the rights of Islam, carried out according to His straight manhaj—God will surely help you against your enemies. This is the true promise of Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Indeed He has done so for the true believers from the generations before us. Therefore, now we are also required to help Allah's religion and walk on His manhaj until Allah helps us and strengthens our position. Allah never breaks a promise.” (Al- Qathhan, Taysîr at-Tafsîr, 3/242).

Rasulullah SAW juga pernah berpesan kepada Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu agar menjaga agama Allah:

Ruai Nabitta’ SAW mappasang lao di Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu mamoare’i dijagai agama-Na Allah Ta’ala:

The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam also once advised Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhu to guard the religion of Allah:

احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ

Jagalah (agama) Allah, niscaya Dia menjaga kamu (HR at-Tirmidzi).

Jagai le’ba’i (agama-Na) Allah Ta’ala, niscaya nanajagaitomo’o tu’u Puang Allahu Ta’ala (HR at-Tirmidzi)

Guard (religion) Allah, He will guard you (HR at-Tirmidzi).

Berkaitan dengan hadis ini, Imam Ibnu Rajab al-Hanbali menjelaskan, “Maknanya, jagalah batas-batas-Nya, hak-hak-Nya dan larangan-larangan-Nya. Menjaga hal itu adalah dengan menepati perintah-perintah-Nya dengan ketundukan, menjauhi larangan-larangan-Nya, tidak melanggar batas-batas-Nya…” (Ibnu Rajab, Jâmi’ al-Ulûm wa al-Hikam, hlm. 462).

Berkaitan iya di’e digena haddese, Imam Ibnu Rajab al-Hanbali manjelaskani, “battuanna, jagai le’ba’i batas-batas-Na, ha’-ha’-Na anna larangan-larangan-Na. Ma’jagai anu tipatengan di’o ya’ni dijagai’i inggannana perintah-Na dengan ketundukanta’, dipiakaramboi toi inggannana larangan-Na, andiattoi dilanggar batas-batas-Na....” (Ibnu Rajab, Jâmi’ al-Ulûm wa al-Hikam, hlm. 462).

Regarding this hadith, Imam Ibn Rajab al-Hanbali explained, "The meaning is, keep His limits, His rights and His prohibitions. Keeping it is to obey His commands with submission, stay away from His prohibitions, do not transgress His limits…(Ibnu Rajab, Jâmi’ al- Ulûm wa al-Hikam, hlm. 462).

Jadi, wajib dipahami oleh umat bahwa membela Allah yang dimaksud dalam nas-nas di atas adalah membela kemuliaan agama-Nya dan syiar-syiar-Nya. Termasuk membela kemuliaan sifat-sifat Allah dari segala tindakan penistaan.

Jari, waji’i napahami umma’ bahwa iya di’o disanga mambela Allah Ta’ala iya na’akkattai di lalang nas diaya digena’o adalah mambelai tau ala’biranna agama-Na anna syi’ar-syi’ar-Na (pipatudun-Na) Puang Allahu Ta’ala. Termasu’i mambela ala’biranna sipa-sipa’-Na Allah Ta’ala pole di inggannana panggauang iya disanga maccalla-calla agama.

So, it must be understood by the people that defending Allah referred to in the texts above is defending the glory of His religion and His symbols. Including defending the glory of God's attributes from all acts of blasphemy.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala Friday Congregation Rahimakumullah,

Dalam Sîrah Ibnu Hisyâm diriwayatkan bahwa Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu pernah memukul dengan keras wajah seorang pendeta Yahudi bernama Finhash karena dia mengolok-olok Allah SWT. Dia menyebut Allah miskin, sedangkan kaum Yahudi kaya. Ejekan ini berkaitan dengan perintah Allah kepada kaum Muslim untuk memberikan ‘pinjaman yang baik’ (qardh[an] hasan[an]) di jalan-Nya.

Di lalang sejarahna Ibnu Hisyâm nariwaatkani/nacuritai bahwa iya di’o Abu Bakar ash-Shiddiq to narioi Allah Ta’ala ruai mattuttu’ makarras rupanna mesa pendeta Yahudi disangai Finhash sawa’ maccalla-callai/ma’elle-elle Puang Allahu Ta’ala. Narappei ma’uang mua’ iya di’o Puang Allahu Ta’ala kasiaside’i sedangkan kaum Yahudi sugi’i. Iya di’e pa’ellenae berkaitani tu’u perintah-Na Allah Ta’ala lao di umma’ Sallang untu’ namappiwengan disanga pappa’indanganna iya kamenang macoa (qardh[an] hasan[an]) lao di tangalalanna Puang.

In Sîrah Ibn Hisham it is narrated that Abu Bakr ash-Siddiq radhiyallahu 'anhu once hit a Jewish priest named Finhash hard in the face because he made fun of Allah Subhanahu Wa Ta'ala. He called Allah poor, while the Jews were rich. This ridicule relates to Allah's commandment to Muslims to give 'good loans' (qardhan hasanah) in His way.

Atas pemukulan tersebut, Finhash mengadukan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu kepada Rasulullah SAW Namun, Allah SWT membela tindakan Abu Bakar dengan menurunkan firman-Nya:

Jari pianuanna digena’o, Finhash naparape’i Abu Bakar lao di Rasulullah SAW namun Puang Allah Ta’ala nabelai panggauanna Abu Bakar dengan napaturuni aya’-Na Allah Ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’:

For the beating, Finhash complained Abu Bakr radhiyallahu 'anhu to the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam However, Allah Subhanahu Wa Ta'ala defended Abu Bakr's actions by revealing His words:

لَقَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ فَقِيرٌ وَنَحْنُ أَغْنِيَاءُ سَنَكْتُبُ مَا قَالُوا وَقَتْلَهُمُ اْلأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ وَنَقُولُ ذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ

Sungguh Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang berkata, “Sungguh Allah itu miskin, sementara kami kaya.” Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar. Kami akan mengatakan (kepada mereka), “Rasakanlah oleh kalian azab yang membakar!” (TQS Ali Imran [3]: 181).

Sitongangna Puang Allah Taala pura ma’irrangngi paunna tau iya ma’uang: Sitongangna Puang Allah Taala kasi-asi anna iyami’ sugi’. Iyami’ namattulis paunna ise’iya di’o anna panggauangna mappatei para nabi anna tania alasan parua, anna Iyami’ na ma’uang lao dise’iya: pina’dingngimi passessa iya metunu (TQS Ali Imran [3]: 181).

Indeed, Allah has heard those ˹among the Jews˺ who said, Allah is poor; we are rich! We have certainly recorded their slurs and their killing of prophets unjustly. Then We will say, Taste the torment of burning! (TQS Ali Imran [3]: 181).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Wahai kaum Muslim, bukankah Allah sudah menyeru Anda sekalian untuk senantiasa meletakkan agama ini di atas segalanya?

E inggannana to Sallang, andiattoi Puang Allahu Ta’ala purai misio untu’ senantiasa ma’anna agama di’e di atas segala-galanya?

O Muslims, hasn’t Allah called upon you all to always put this religion above all else?

قُلْ اِنْ كَانَ اٰبَاۤؤُكُمْ وَاَبْنَاۤؤُكُمْ وَاِخْوَانُكُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَاَمْوَالُ اقْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَا اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِه وَجِهَادٍ فِيْ سَبِيْلِه فَتَرَبَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَمْرِهۗ وَاللّٰهُ لاَ يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ

Katakanlah, “Jika bapak-bapak kalian, anak-anak kalian, saudara-saudara kalian, istri-istri kalian, keluarga kalian, harta kekayaan yang kalian usahakan, perdagangan yang kalian khawatirkan kerugiannya serta rumah-rumah tempat tinggal yang kalian sukai lebih kalian cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta jihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan (azab)-Nya.” Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang fasik (TQS. at-Taubah [9]: 24).

Pa’uango’o: Mua’ amammu, ana’-ana’mu, lulluare’mu, baine pallulluareammu, asugiang iya muusahai, pa’dagangang iya mupaarakkeang narugi, anna boyaang muengei mottong iya muelo’i, diangi la’bi’ muelo’i dadi Puang Allah Taala anna Suro-Na anna pole di mappogau’ jiha’ di tangalalangna Puang Allah Taala mappapole putusan-Na. Anna Puang Allah Taala andiang mambei panunju’ lao di tau iya pase’ (TQS. at-Taubah [9]: 24).

Say, [O Mufiammad], "If your fathers, your sons, your brothers, your wives, your relatives, wealth which you have obtained, commerce wherein you fear decline, and dwellings with which you are pleased are more beloved to you than Allah and His Messenger and jihād [i.e., striving] in His cause, then wait until Allah executes His command. And Allah does not guide the defiantly disobedient people." (TQS. at-Taubah [9]: 24).

Apakah ayat ini sudah Anda lupakan? Ataukah Anda sedang menunggu datangnya ancaman Allah tersebut? Wal ‘iyyâdzu bilLâh.

Apakah iya die aya’e purami naluppei? Atau mamanyai naeppei ancaman-Na Puang Allahu Ta’ala? Wal ‘iyyâdzu bilLâh.

Have you forgotten this verse? Or are you waiting for God's threat to come? Wal 'iyyâdzu billâh.

Munculkanlah ghirah Anda untuk membela agama Allah. Terapkan syariah Allah di muka bumi.

Jari papalattoi sumanga’ta untu’mambela agama-Na Puang Allahu Ta’ala. Dipogau’ toi sarea’-Na Puang Allah Ta’ala dini di lino.

Show your passion to defend the religion of Allah. Apply the sharia of Allah on earth.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post