Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
NAGARA PALLINDUNNA UMMA

NAGARA PALLINDUNNA UMMA

KHUTBAH PERTAMA [Kato’ba Pammulang] FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

(QS al-Anfal [8]: 27).

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah mempertemukan kita semua di hari yang mulia ini, di tempat yang mulia, bersama dengan orang-orang yang insyaallah dimuliakan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasul Akhir Zaman Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarga, sahabat, dan umatnya.

Alhamdulillah, inggannana pappuji nappunnai Puang Allahu Ta’ala Puang iya mipasiruppa’ nasang dite’e allo mala’bi’e, di oroang mala’bi’, siola-ola inggannana tau iya insyaallah napakala’bi’ Puang Allahu Ta’ala. Salawa’ anna beresallang mamuare’i simata lolongi pammase lao di Rasulullah (Suro) di paccappuran samang Pangulutta’ Sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, siola keluargana, sahaba’na, anna umma’na.

Alhamdulillah, all praise be to Allah who has brought us all together on this glorious day, in a noble place, together with those whom Allah wills glorify. Shalawat and salaam may always be poured out on the Apostle of the End Times Sayyidina Muhammad sallallaahu 'alaihi wa sallam, and his family, friends, and followers.

Bertakwalah kepada Allah, Yang Maha Kuasa, Yang Mahabenar, dan Mahaadil. Taati semua perintah-Nya. Bukan hanya dalam hal ibadah semata, tapi seluruh aturan yang telah diturunkan-Nya lewat baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sungguh, itulah jalan kita, jalan umat manusia, menuju keridhaan-Nya, kebahagiaan dunia dan akhirat.

Piatakwa le’ba’o lao di Allah Ta’ala, Puang iya Masarro Kuasa, Puang Masarro Tongang anna Puang Masarro Adil. Dita’ati le’ba’i inggannana perinta-Na tania sangga’ hal ibada semata tapi inggannana atorang iya pura napaturung Puang Allahu Ta’ala melalui Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sitongattonganna iyamo di’o tangalalanna umma’ paranna rupa tau, mi’olo lao rio-Na Puang Allahu Ta’ala, arioang dini di lino lambi’ lao di ahera’.

Fear Allah, the Almighty, the Most Righteous, and the Most Just. Obey all His commandments. Not only in terms of worship alone, but all the rules that He has revealed through the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam. Indeed, that is our path, the path of mankind, to His pleasure, the happiness of this world and the hereafter.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Jika kita buka kembali hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang periodisasi umat akhir zaman, tampaknya kita sedang memasuki periode keempat, yakni mulkan jabriyyan atau penguasa yang otoriter atau diktator. Penguasa bertindak semaunya, tanpa peduli nasib rakyatnya. Seolah dialah yang berwenang dan berkuasa sepenuhnya.

Jari mua’ diwuai mimbali’ di’e haddesna Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang periodisasi (pambare-wareang) umma’ paccappurang wattu, jari ita’ di’e taue mamanyae mittamai tau di periode keempat ya’ni mulkan jabriyyan atau disangai penguasa otoriter atau diktator. Iya di’o penguasao bertinda’i menuru’ elo’na tanpa napeduli’i nasibna ra’ya. Rapang le’ba’i sangga’ iya berwenang anna berkuasa lao inggannana.

If we reopen the hadith of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam regarding the periodization of the end-time ummah, it seems that we are entering the fourth period, namely mulkan jabriyyan or authoritarian or dictatorial rulers. Rulers act as they please, regardless of the fate of their people. As if he was the one in full authority and power.

Masih belum hilang dari ingatan kita, penguasa dan wakil rakyat mengesahkan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang ditentang oleh rakyat hingga aksi besar dan menimbulkan korban jiwa. Terbukti kemudian Undang-Undang itu, menurut Mahkamah Konstitusi, inkonstitusional. Kini rakyat dibuat lebih kaget lagi dengan Undang-Undang Ibu Kota Negara yang disahkan secara kilat oleh wakil rakyat. Banyak yang bertanya, ada apa ini?

Andiappai pa’da pa’ingaratta’, iya di’o penguasa anna wakil ra’ya’o massahkani Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja iya natantang ra’ya’ lambi’ diang dipauangan aksi besar iya massurungan mai’di mate. Terbukti’i kemudian iya di’o Undang-Undang’o menuru’i Mahkama Konstitusi, inkonstitusional. Ite’e di’e ra’ya’ mamanyae tiwikke’i dengan diangna Undang-Undang iya nasahkan cinappa’ sanna oleh wakilna ra’ya’. Mai’di to mittule, apa di’e?

Still not lost from our memories, the authorities and people's representatives ratified the Omnibus Law on Job Creation which was opposed by the people to large actions and caused casualties. It was later proven that the Law, according to the Constitutional Court, was unconstitutional. Now the people are even more shocked by the Law on the State Capital which was passed quickly by the people's representatives. Many are asking, what is this?

Bukankah katanya negara ini menganut sistem demokrasi di mana rakyat yang berdaulat? Lalu di mana rakyat? Bukankah keberadaan lembaga perwakilan rakyat adalah sebagai penyambung lidah rakyat untuk menyuarakan aspirasi mereka?

Tania to’o disanga iya di’e negarae mappahangi (mappake) pahang sistem demokrasi iya di’e disanga ra’ya’e berdaula’i? Inna naoroi ra’ya’? tania to’o oroanna lembaga perwakilan ra’ya’o pappalambi’ akkattana pa’banua untu’ namassuarakan lao aspirasinna?

Isn't it said that this country adheres to a democratic system where the people are sovereign? Then where are the people? Isn't the existence of the people's representative institution as a mouthpiece for the people to voice their aspirations?

Ternyata sistem demokrasi melahirkan oligarki, yakni kekuasaan yang dikuasai segelintir orang dengan mengatasnamakan rakyat. Karena sudah mendapat mandat sebagai wakil rakyat, mereka merasa berhak membuat dan mengesahkan berbagai peraturan dan perundang-undangan apa saja meski tidak berpihak pada rakyat kebanyakan. Di sinilah rusaknya sistem demokrasi.

Ternyata iya di’e sistem demokrasie mappadiangi disanga oligarki, ya’ni iya di’o kekuasa’ano nakuasai’i sebagian tau anna mangatasnamakani ra’ya’. Kerena purai mallolongan disanga manda’ sebagai wakilna ra’ya’ jari merasa berha’i mappapia anna massahkan marrupa-rupa peraturan anna perundang-undangan apa saja mau na’andiang berpiha’ lao di ra’ya’ tau mai’di. Indinimi di’e disanga kadae’na sistem demokrasi.

It turns out that the democratic system creates an oligarchy, namely power that is controlled by a few people on behalf of the people. Because they have a mandate as people's representatives, they feel they have the right to make and ratify various laws and regulations even though they are not in favor of the common people. This is where the democratic system breaks down.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Ketahuilah, sistem demokrasi bukan sistem Islam. Berbeda 180 derajat. Bahkan tidak ada kemiripan sama sekali di antara keduanya, baik secara asas maupun aturan yang dilahirkan.

Pi’issanni’i, iya di’o disanga sistim demokrasio tania tu’u sistem Islam. Sisala sannali 180 (sangatus arua pulona) deraja’. Bahkan nandiang nasinrupang diantarana di’o da’duao, bai’ secara asas maupun aturan iya napapia.

You know, the democratic system is not an Islamic system. 180 degrees different. In fact, there is no resemblance at all between the two, both in principle and in the rules that were born.

Lalu di mana perbedaannya?

Pertama, dalam Islam kedaulatan (hak membuat hukum) ada di tangan syariah, bukan pada rakyat maupun penguasa. Kewajiban pemerintah adalah mengurus rakyat dengan menerapkan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala, bukan sebagai pembuat hukum. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Jari inna naoroi sisalanna?

Mammesana, di lalanna disanga Islam kedaulatan (ha’ mappapia hukum) dioi tu’u di sarea’, tania ra’ya’ maupun na penguasa. Jari kewajibanna tu’u pamarenta ma’urus ra’ya’ anna najalankani di’o hukum-hukumna Puang Allah subhanahu wa ta’ala tania sangga’ pappapia hukum. Ma’uani Puang Allahu subhanahu wa ta’ala di lalang Koroang Mala’bi’Na:

Then where is the difference?

First, in Islam sovereignty (the right to make laws) is in the hands of sharia, not the people or the rulers. The government's obligation is to take care of the people by applying the laws of Allah subhanahu wa ta'ala, not as a law maker. Allah subhanahu wa ta'ala says:

وَأَنِ ٱحكُم بَينَهُم بِمَا أَنزَلَ ٱللَّهُ وَلَا تَتَّبِع أَهوَاءَهُم وَٱحذَرهُم أَن يَفتِنُوكَ عَن بَعضِ مَا أَنزَلَ ٱللَّهُ إِلَيكَ فَإِن تَوَلَّواْ فَٱعلَم أَنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُصِيبَهُم بِبَعضِ ذُنُوبِهِم وَإِنَّ كَثِيرا مِّنَ ٱلنَّاسِ لَفَٰسِقُونَ

Hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut wahyu yang telah Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Berhati-hatilah kamu terhadap mereka supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian wahyu yang telah Allah turunkan kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah Allah turunkan) maka ketahuilah bahwa Allah berkehendak untuk akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Sesungguhnya kebanyakan manusia adalah kaum yang fasik (TQS al-Maidah [5]: 49).

Sitinayannao mapputusi parakara di antarana ise’iya mi’apa iya napaturung Puang Allah Taala. Anna dao pappiccoe’i hawa nassunna iseiya, malaao andiang mapippondo’i pole sambare iya napaturugano’o Puang Allah Taala. Mua’ ise’iya mippondo’ (pole di hukum iya napaturung Puang Allah Taala). Issangi mua’ sitonganna Puang Allah Taala mappoelo’ na mapparuai awala’ lao dise’iya sawa’ sambare dosa-dosana. Anna sitongangna la’bi mai’diangi tau iya pase’ (TQS al-Maidah [5]: 49).

Judge between them by what Allah has sent down, and do not follow their desires. Beware of them lest they should beguile you from part of what Allah has sent down to you. But if they turn their backs [on you], then know that Allah desires to punish them for some of their sins, and indeed many of the people are transgressors (TQS al-Maidah [5]: 49).

Karena hukum yang berlaku berasal dari wahyu Allah subhanahu wa ta’ala, tentu tak ada celah bagi penguasa untuk membuat hukum yang akan menguntungkan dirinya dan kelompoknya. Beda dengan sistem demokrasi. Hukum dibuat oleh manusia sesuai pesanan dan kepentingan pihak yang mensponsorinya.

Karena iya di’o hukum berlakuo asalna tu’u pole di hukumna Puang Allah subhanahu wa ta’ala, tentu nandiang oroangna penguasa untu’ namappapia hukum iya mala mappamasaro alawena anna kelompo’na. Sisalai dengan sistem demokrasi. Hukum napapia paranna rupa tau sesuai pesanan anna kepentinganna piha’ iya masponsori (marresponi).

Because the applicable law comes from the revelation of Allah subhanahu wa ta'ala, of course there is no gap for the ruler to make laws that will benefit himself and his group. Unlike the democratic system. Laws are made by humans according to the orders and interests of those who sponsor them.

Apalagi keimanan yang terpatri dalam dada membuat penguasa takut terhadap ancaman Allah subhanahu wa ta’ala jika mengkhianati amanah mengurus umat. Mereka lebih takut terhadap siksa Allah, ketimbang sogokan, iming-iming atau ancaman kaum oligarki.

Apalagi atappang iya matto’ di lalang atena mappapia penguasa marakke’ lao di ancamanna Puang Allah subhanahu wa ta’ala mua’ mahhianati’i amana ma’urus umma’. Lebi marakke’i lao di passessa-Na Allah Ta’ala, ketimbang massogo, ma’akkatta’-akkattai atau ancamanna kaum oligarki.

Moreover, the faith that is engraved in the chest makes the ruler afraid of the threat of Allah subhanahu wa ta'ala if he betrays the mandate to take care of the people. They are more afraid of Allah's punishment, rather than bribes, lure or threats from the oligarchs.

Kedua, di dalam Islam ada Majelis Umat yang berfungsi menyampaikan aspirasi masyarakat dan menjalankan fungsi amar makruf nahi mungkar. Majelis ini tidak membuat atau melegislasi peraturan dan undang-undang. Majelis Umat berkewajiban menegur Khalifah dan pejabatnya jika melenceng dari syariah Islam dan buruk dalam melayani umat. Haram hukumnya anggota Majelis Umat mendiamkan kemungkaran yang dilakukan penguasa, apalagi bersekongkol dengan mereka. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Mada’duanna, di lalanna Asallangan diang disanga majelis umma’ iya berpungsi mappalambi’ akkattana masyaraka’ anna mappogau’ pungsi amar ma’ruf nahi munkar. Jari iya di’e majelis’e andiani mappapia aturan anna undang-undang. Naiya Majelis Umma’ berkewajibani matta’gor Khalifah anna pejaba’ mua’ melenceni pole di sarea’ Asallangan anna karae’ di lalanna mallayani umma’. Harani hukumna anggota Mejelis Umma’ mua’ napamakkoani ma’itai araeang iya napogau’ penguasa, apalagi mua’ nasituru’i. Ma’uani nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Second, in Islam there is an Assembly of the Ummah whose function is to convey the aspirations of the people and carry out the function of commanding goodness and preventing injustice. This assembly does not make or legislate rules and laws. The Assembly of the Ummah is obliged to reprimand the Caliph and his officials if they deviate from Islamic sharia and are bad at serving the people. It is unlawful for the members of the Ummah to silence the evils committed by the authorities, let alone abetting them. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

مَا مِنْ رَجُلٍ يَكُونُ فِي قَوْمٍ يُعْمَلُ فِيهِمْ بِالْمَعَاصِي يَقْدِرُونَ عَلَى أَنْ يُغَيِّرُوا عَلَيْهِ فَلَا يُغَيِّرُوا إِلَّا أَصَابَهُمْ اللَّهُ بِعَذَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَمُوتُوا

Tidaklah seseorang berada pada sebuah kaum yang di dalamnya dilakukan suatu kemaksiatan, sementara mereka mampu mengubah kemaksiatan tersebut, tetapi mereka tidak melakukannya, maka Allah akan menimpakan siksa kepada mereka sebelum mereka meninggal dunia (HR Abu Dawud dari Jarir radhiyallahu anhu).

Andani mesa-mesa tau ma’oroi oroang dio mesa kaum iya di lalanna mappogau’ mesa kemaksiatan, sementarai naullei ma’uba iya di’o adorakangano, tetapi andiani napogau’, jari Allah Ta’ala naparuaimi passessana lao di se’iyao sebelum matei dini di lino (HR Abu Dawud pole Jarir radhiyallahu anhu).

There is not a person in a people in which a disobedience is committed, while they are able to change the disobedience, but they do not do it, then Allah will inflict punishment on them before they die. (Hadith Narated by Abu Dawud from Jarir radhiyallahu anhu).

Ketiga, Khalifah sebagai penguasa wajib menjadi pelindung umat. Ia layaknya perisai yang melindungi orang yang berperang dari serangan musuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Matallunna, iya di’o disanga Khalifah disangai penguasa wajib tu’u menjari pallindunna umma’. Iya rapalle’ba’i ala’ (sanjata) mallindungi tau iya sumusu’ pole di pa’balianna musu’. Ma’uani nabitta’ saw:

Third, the Caliph as the ruler is obliged to be the protector of the people. He is like a shield that protects people who are at war from enemy attacks. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

إِنَّمَا الإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَيُتَّقَى بِهِ فَإِنْ أَمَرَ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَعَدْلٌ كَانَ لَهُ بِذَلِكَ أَجْرٌ، وَإِنْ يَأْمُرُ بِغَيْرِهِ كَانَ عَلَيْهِ مِنْهُ

Sesungguhnya Imam (Khalifah) itu laksana perisai. Orang-orang berperang di belakangnya dan dia digunakan sebagai tameng. Jika dia memerintahkan ketakwaan kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan berlaku adil, maka dengan itu dia akan mendapatkan pahala. Namun, jika dia memerintahkan yang lain maka dia akan mendapatkan dosa/azabnya (HR al-Bukhari dan Muslim).

Sitongattonganna iya di’o disanga Imam rapalle’ba’i sanjata. Naiya tau berperang dio di pondo’na anna napapa’gunai rapang passinding. Jari mua’ naperintahkani marakke’ lao di Puang Allah ‘Azza wa Jalla anna berlaku adil maka iya diting tauo maka namallolongammi tu’u disanga pahala. Namun, sebali’na mua’ mapperintahkani lao anu laeng maka namallolongammi tu’u disanga dosa (HR al-Bukhari anna Muslim).

Verily the Imam (Caliph) is like a shield. People fought behind him

and he was used as a shield. If he commands piety to Allah 'Azza wa Jalla and acts justly, then with that he will get a reward. However, if he orders anything else then, he will get his sin/doom (Hadith Narated by al-Bukhari and Muslim).

Penguasa yang mengabaikan kebutuhan rakyat, menipu mereka, apalagi untuk membela kepentingan kalangan orang berduit adalah pengkhianatan terhadap Allah dan Rasul-Nya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengancam para penguasa seperti itu dengan sabdanya:

Naiya penguasa andiang mapperhatikan kebutuhanna ra’ya’ mattipu toi apalagi untu’ namambela kepentinganna iya to makkedoi’ adalah disangai tu’u penghianatan lao di Puang Allahu Ta’ala anna suro-Na. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam na’ancani lao di inggannana penguasa tipatengan di’o anna ma’uang:

Rulers who ignore the needs of the people, deceive them, especially to defend the interests of the rich is a betrayal of Allah and His Messenger. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam threatened such rulers by saying:

مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللهُ رَعِيَّةً، يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ، إِلَّا حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ

Tidaklah seorang hamba yang Allah beri wewenang untuk mengurus rakyat, mati pada hari kematiannya, sementara dia dalam kondisi menipu rakyatnya, melainkan Allah mengharamkan bagi dia surga (HR Muttafaq ‘alayh).

Nandiang mesa batuanna Allah Ta’ala nawei wewenang untu’ nama’urus ra’ya’, matei dio di allo amateanna, sementara iya dalam keadaan mattipu ra’ya’na, sanga’dinna Puang Allahu Ta’ala napaharangi disanga mallolongan (mappatama) suruga (HR Muttafaq ‘alayh).

It is not a servant whom Allah has given authority to take care of the people, dies on the day of his death, while he is in a state of deceiving his people, but Allah forbids him paradise (Hadith Narated by Muttafaq ‘alayh).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Sungguh, sistem demokrasi tidak bisa memberikan keadilan. Keadilan hanya akan hadir dalam sistem yang adil. Itulah sistem Islam, warisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dilaksanakan oleh para Khulafaur Rasyidin. Hanya dengan Islam dunia ini akan baik, sebagaimana sejarah telah membuktikannya.

Sitongattonganna iya di’e sistem demokrasie andiani mala mappiwengan rasa keadilan. Iya di’e keadilane hanya malai hader di lalang sistim iya adil. Iyamo di’o disangao sistim Islam warisanna Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam anna napogau’i lao di Khulafaur Rasyidin. Sangga’ dengan Islampa tu’u namala di’e linoe namala macoa. Mi’apai sejara iya pura nabuktukan.

Indeed, the democratic system cannot provide justice. Justice will only exist in a just system. That is the Islamic system, inherited from the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam and implemented by Khulafaur Rashidin. Only with Islam will the world be good, as history has proven it.

Mari bersegera menerapkan Sunnah Rasul dalam bernegara! Belum cukupkah kita berkali-kali diperdaya oleh kaum oligarki dengan mengatasnamakan kedaulatan rakyat?

Jari inggai miasiga-siga dipogau’i di’e sunnana Rasulullah-e di lalannna bernegara! Andianduapadi ganna’ lao di ita’ makkulli-kulli (pimmai’dimo) naperdaya kaum oligarki anna mengatasnamakan kedaulatan ra’ya’?

Let's hasten to implement the Sunnah of the Prophet in the state! Haven't we been tricked many times by the oligarchs in the name of popular sovereignty?

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post