Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
NEGARA WAJI MALLINDUNGII AKKATTANA PABANUA

NEGARA WAJI MALLINDUNGII AKKATTANA PABANUA

Indonesia-Mandar-English

KHUTBAH JUM'AT

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ‏

(QS Ali ‘Imran [3]: 102)

Alhamdulillah, kepada-Nya kita bersyukur atas segala nikmat dan karunia. Utamanya nikmat iman dan Islam. Shalawat dan salam semoga Allah curahkan kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah (naiya pappuji na’appunnai Puang Allahu Ta’ala), mirau sukkuri tau lao di Puang Allahu Ta’ala pole di’inggannana pappenyamang anna karunia-Na. Utamanna pappenyamang tappa’ anna Asallangan. Salawa anna beresallang mamuare’i Puang Allahu Ta’ala simata napaloloni pammase-Na lao di pangulunna alamg Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, to Him we are grateful for all the blessings and gifts. Mainly the favors of faith and Islam. Shalawat and salaam may Allah bestow upon the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah, penuhi semua perintah dan seruan-Nya. Jauhi dan tinggalkan semua larangan-Nya. Ingatlah, takwa adalah bekal terbaik kita hidup di dunia dan di akhirat.

Piatakwa le’bao lao di Puang Allahu Ta’ala, pogau’i inggannana perintah anna seruan-Na. Peakaramboi anna peleitoi inggannana anu nalarang. Ingarani, naiya disanga takwa piwongatta’ kamenang macoa tuo tau dini di liono lambii’ lao diahera’.

Fear Allah, fulfill all His commands and calls. Stay away and leave all His prohibitions. Remember, piety is the best provision for us to live in this world and in the hereafter.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Islam adalah way of life atau jalan hidup kita. Islam diturunkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala melalui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menuntun manusia, bagaimana menghambakan diri kepada-Nya sekaligus bagaimana mengelola dunia ini dengan benar.

Naiya disanga Asallangan (way of life) atau tangalalang tuota’ tu’u. Naiya Asallangan naparawungi Puang Allah subhanahu wa ta’ala melalui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untu’ namappatudu paranna rupa tau, miapai mappabatua alawe lao di Puang Allahu Ta’ala sekaligus ma’ola di’e linoe dengan cara tongan.

Islam is a way of life or our way of life. Islam was revealed by Allah subhanahu wa ta'ala through the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam to guide people, how to serve Him as well as how to manage this world properly.

Islam mengatur hubungan manusia dengan tuhannya, dalam hal akidah dan ibadah. Pada saat yang sama Islam mengatur diri pribadi manusia, dalam hal makanan, pakaian, dan akhlak. Islam juga mengatur hubungan manusia satu dengan yang lain dalam hal muamalah, hukum, hingga kenegaraan. Dan itu semua bukan teori, tapi dipraktikkan dan diberikan teladan oleh baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Naiya Asallangan ma’atori hubunganna paranna rupa tau anna puangna, dalam hal akidah anna ibadah. Diwattunna sittengan, Asallangan ma’ator toi alawena paranna rupa tau, dalam hal ande, sare-sare, anna kedo. Asallangan to’o ma’ator paranna rupa tau anna tau laeng dalam hal muamalah, hukum, lambi’ masalah negara. Anna iya di’o tania sangga’ teori tapi napraktekkan toi anna newengan toi contoh lao di baginda Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Islam regulates the relationship between humans and their gods, in matters of faith and worship. At the same time Islam regulates the human person, in terms of food, clothing, and morals. Islam also regulates human relations with one another in matters of muamalah, law, to statehood. And that's not all theory, but practiced and exemplified by the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam.

Walhasil tidak ada persoalan kehidupan ini yang tidak diatur oleh Islam, sebagaimana firman-Nya:

Walhasil nandiang perso’alan atou-atuoang di’e nandiang na’ator pole di Asallangan, mi’apa pau-pau mala’bi’-Na:

As a result, there are no issues in this life that are not regulated by Islam, as His words:

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتٰبَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ

Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al-Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. (TQS An-Nahl [16]: 89)

Anna Iyami’ mappaturungano’o Kitta’ (Koro’ang) na mappannassa inggannana seu-seuwa anna patiroang siola pammase anna karewa mapperio-rio di sesena to masserakang alawe (TQS An-Nahl [16]: 89).

We have revealed to you the Book, as an explanation of all things, and guidance, and mercy and good news for those who submit. (Surah An-Nahl [16]: 89)

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Hari-hari ini para pegiat lingkungan resah. Setelah 20 tahun ekspor pasir laut dilarang, muncul aturan baru yang mengizinkannya, dengan alasan yang ditambang bukan pasir tapi sedimentasi. Padahal, sudah banyak bukti bahwa penambangan pasir pantai itu merusak lingkungan.

Dite’e di’e alloe illao pegiat (to ma’elo’i) lingkungan masarai. Purami 20 taung ekspor bunging sasi’ naposarai, palatto boi aturang baru iya mappamala, dengan alasan iya di’o natambango tania bungin tapi sedimentasi. Padahal, mai’di sanna’mi butti bahwa iya di’o panambang bunging sasi’o marrusa-rusa’i lingkungan.

These days environmental activists are restless. After 20 years the export of sea sand was banned, new regulations emerged that allow it, with the reason that what is mined is not sand but sediment. In fact, there has been a lot of evidence that beach sand mining is damaging to the environment.

Ini bukan alasan yang mengada-ada. Environmental Reporting Collective (ERC) merilis laporan dampak negatif penambangan pasir di 12 negara yakni Indonesia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Tiongkok, Taiwan, India, Nepal, Sri Lanka hingga Kenya.

Iya di’e tania alasan iya mappadia-diang. Environmental Reporting Collective (ERC) marrilis laporan dampa’ adae’na penambangan bunging dio di 12 negara ya’ni Indonesia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Tiongkok, Taiwan, India, Nepal, Sri Lanka lambi’ Kenya.

This is not a far-fetched reason. The Environmental Reporting Collective (ERC) released a report on the negative impacts of sand mining in 12 countries, namely Indonesia, Singapore, Cambodia, Vietnam, Thailand, the Philippines, China, Taiwan, India, Nepal, Sri Lanka to Kenya.

Sejumlah dampak merusak itu antara lain, abrasi besar-besaran yang dapat menenggelamkan pulau yang menjadi kawasan pertambangan; ekosistem terganggu, baik karena pengerukan pasir maupun pencemaran yang ditimbulkan. Rusaknya biota laut berdampak pada nafkah para nelayan. Sehingga menambah jumlah rakyat miskin di Tanah Air. Yang pasti, ekspor pasir pantai untuk tujuan reklamasi negara lain juga mengancam kepentingan dalam negeri dan hanya menguntungkan pihak asing.

Jari mai’dinna di’o dampa’ marrusa-rusa’o antara lain, abrasi kaeyang iya mala mappatallang pulo minjari kawasan pertambangan; ekosistem tiganggu toi bai’ sawa’ makkkaroi bunging maupun pencemaran iya napariang. Karae’ toi biota sasi’ iya massurungani lao di pappoleangna posasi. Sehingga mattambaiboi mai’dinna pa’banua kasi-asi di tana airta’. Yang pasti, iya di’o ekspor bunging sasi’o untu’ akkattta reklamasi negara laeng iya to’o ma’accang akkatta atau kepentinganna di lalangna negeri anna mappasumaro piha’ asing.

A number of damaging impacts include massive abrasion which can submerge the island which is a mining area; Ecosystems are disrupted, both due to sand dredging and the resulting pollution. The destruction of marine biota has an impact on the livelihood of the fishermen. Thus increasing the number of poor people in the country. What is certain, the export of beach sand for other countries' reclamation purposes also threatens domestic interests and only benefits foreign parties.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Ketahuilah, laut dan pantai, termasuk pasir, dalam pandangan Islam termasuk kepemilikan umum (milkiyyah ‘ammah). Semua rakyat boleh memanfaatkan pantai baik untuk wisata, penelitian, ataupun untuk lahan usaha seperti para nelayan. Karena itu pemberian konsesi yang menghalangi hak warga untuk memanfaatkan kepemilikan umum, termasuk pantai, adalah haram.

Pi’issanni’i, sasi’ anna bonde’, termasu’i bunging dalam pandangan Asallangan termasu’’i anunna umum (milkiyyah ‘ammah). Inggannana pa’banua malai mapppa’guna di’o biringna sasi’o bai’ untu’ wisata, penelitian, ataupun untu’ lahan usaha rapang lao di posasi’. Jari pappiwenganna konsesi iya mahhalangi pa’banua untu’ namappapa’guna di’o kepemilikan umum’o termasu’i biring bonde’, adalah haram-i.

You know, the sea and the beach, including sand, in the view of Islam, are public property (milkiyyah 'ammah). All people may use the beach either for tourism, research, or for business land such as fishermen. Therefore, the granting of concessions that hinder the rights of residents to utilize public property, including beaches, is unlawful.

Hal ini berdasarkan hadits bahwa para Sahabat pernah mengajukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk membangunkan tempat tinggal bagi beliau di Mina. Namun, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Hal iya di’e berdasarkani haddes bahwa ruai Sahaba’ mirautangngar lao di Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam untu’ napake’deang oroang naroi mottong di sesena alawena dioi di Mina. Namun Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ma’uani:

This is based on the hadith that the Companions once proposed to the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam to build a residence for him in Mina. However, the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

لاَ، مِنًى مُنَاخُ مَنْ سَبَقَ

Tidak perlu. Mina adalah tempat singgah bagi siapa saja yang datang lebih dulu (HR at-Tirmidzi).

Andiani parallu. Iya di’o Minao oroang mittullung (leppang) di sesena inai-iani tau pole di mindiolo (HR at-Tirmidzi).

No need. Mina is a stopover for anyone who arrives first (Narrated by at-Tirmidzi).

Syeikh ‘Abdul Qadim Zallum dalam Kitab Al-Amwaal fii Dawlah al-Khilaafah menjelaskan makna dari munakh[un] man sabaq (tempat singgah bagi siapa saja yang datang lebih dulu) adalah bahwa Mina merupakan milik seluruh kaum Muslim. Siapa saja yang lebih dulu sampai ke suatu bagian tempat di Mina, lalu menempati tempat itu, maka tempat tersebut adalah bagi dirinya. Ini karena Mina merupakan milik bersama di antara kaum Muslim, bukan milik perorangan yang menjadikan orang lain dilarang memiliki (menempati) tempat tersebut (Zallum, Al-Amwaal fii Dawlah al-Khilafaah, hlm. 68).

Syaikh ‘Abdul Qadim Zallum di lalang kitta’ Al-Amwaal fii Dawlah al-Khilafah najelaskani ma’na pole di munakh[un] man sabaq (oroang pe’osang di sesena to pole mindiolo) adalah bahwa iya di’o Minao anunna inggannana to Sallang. Mau inai mindiolo tanda’ lao di’o mesa oroang-o di Minao, anna nanaoroi di’o oroango, maka iya di’o oroango adalah di sesena alawena. Iya di’e karena iya di’o Minao anu disiola-olai di antarana to Sallang, tania anunna mesa-mesa tau iya mappayari oroang laeng napusarai ma’oroi di’o oroango (Zallum, Al-Amwaal fii Dawlah al-Khilafaah, hlm. 68).

Sheikh 'Abdul Qadim Zallum in his book Al-Amwaal fii Dawlah al- Khilaafah explained the meaning of munakh[un] man sabaq (place of stopping for whoever arrives first) is that Mina belongs to all Muslims. Whoever first reaches a part of the place in Mina, then occupies that place, then that place is for him. This is because Mina is shared property among Muslims, not individual property which makes other people prohibited from owning (occupying) that place (Zallum, Al-Amwaal fii Dawlah al-Khilafaah, p. 68).

Dengan demikian segala tindakan dan kebijakarn yang menyebabkan warga terhalangi dari mengambil manfaat kepemilikan umum—seperti pantai—adalah haram. Karena itu pemberian konsesi atas kepemilikan umum untuk diolah oleh pribadi atau korporat adalah kebijakan batil dan zalim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang para Sahabat duduk-duduk di jalan umum karena menghalangi hak pemakai jalan. Sabda beliau:

Jari inggannana panggauang anna kebijakan iya massawa’i pa’banua terhalang pole di ma’ala gunanna kepemilikan umum’o -rapang biring bonde’- adalah haram. Karena itu peppiwengan konsensi pole di kepentingan umum’o untu’ na’olai pribadi atau korporat adalah kebijakan batel anna zalim. Rasulullah (Suro) shallallahu ‘alaihi wa sallam purai naposara illao sahaba’ mimi’oro dio di tangalalang umum karena mahhalangi’i ha’na to mappake tangalalang. Ma’uani:

Thus all actions and policies that prevent residents from taking advantage of public ownership—such as beaches—are unlawful. Therefore granting concessions on public ownership to be processed by private or corporate is a policy of vanity and injustice. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam had forbidden his Companions to sit on public roads because they hindered the rights of road users. his words:

إِيَّاكُمْ وَالْجُلُوسَ عَلَى الطُّرُقَاتِ

Janganlah kalian duduk-duduk di jalan-jalan (umum) (HR al-Bukhari).

Da mie’ pipi’oro dio di tangalalang umum (HR al-Bukhari).

Don't sit in the (public) streets (Narrated by al-Bukhari).

Jika duduk-duduk atau nongkong di jalan yang bisa mengganggu pejalan kaki lainnya dilarang, apatah lagi memberikan konsesi pertambangan kepada korporat/perusahaan. Kebijakan ini bukan saja menghalangi hak warga, tetapi juga merusak lingkungan secara luar biasa. Ini lebih patut untuk dibatalkan.

Mua’ mimi’oro’o dio di tangalang iya mala manggangu to pillamba laengna naposarai apalagi mappiwengan konsesi pertambangan lao di perusaha’an. Iya di’e kebijakane andiangi sangga’ mahhala-halangi ha’na warga, tetapi marrusa-rusa’toi lingkungan secara luar biasa. Iya di’e lebi sitinayai dibatalkan.

It is forbidden to sit or hang out on the road that could disturb other pedestrians, let alone giving mining concessions to corporations/companies. This policy not only impedes the rights of citizens, but also damages the environment in an extraordinary manner. This is more deserving of cancellation.

Islam telah tegas mengharamkan segala hal yang menimbulkan bahaya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Asallangan purai nategaskan naharamkani inggannana hal iya mappadiang disanga bahaya. Nabi saw ma’uangi:

Islam has strictly prohibited everything that poses a danger. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan orang lain (HR Malik).

Andiangi mala diang bahaya anna andiang toi mala mambahayakan taulaeng (HR Malik).

There should be no danger and no harm to others (Narrated by Malik).

Syariah Islam mewajibkan negara untuk mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya seperti pencemaran, pengrusakan alam, hilangnya mata pencaharian warga, dan sebagainya. Penguasa dalam Islam didudukkan sebagai pelindung rakyat, bukan pelayan korporat/perusahaan. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Jari sarea’ Asallangan nawajibkani negara untu’ namapposara hal-hal iya mala mappadiang bahaya rapang pencemarang parrusa-rusa’ alanglolisa mappapa’da mata pencaharianna pa’banua anna lae-laengna lao. Naiya disanga penguasa di lalangna Asallangan napakoroi rapang pelindungna ra’ya’, tania pelayanna perusaha’an. Mauani Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Islamic Sharia requires the state to prevent things that can cause harm such as pollution, destruction of nature, loss of people's livelihoods, and so on. Rulers in Islam are positioned as protectors of the people, not corporate/company servants. The words of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam:

إِنَّمَا الإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَيُتَّقَى بِهِ

Sungguh Imam (pemimpin) itu (laksana) perisai. Di belakang dia orang-orang berperang dan kepada dirinya mereka berlindung (HR al-Bukhari dan Muslim).

Setongattonganna iya di’o pemimpino rapang le’bai perisai. Dio di pondo’na tau iya berperang anna pole di alawena metturundung (HR al-Bukhari anna Muslim).

Indeed, the Imam (leader) is (like) a shield. Behind him the people fought and in him they took refuge (Narrated by al-Bukhari and Muslim).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Friday Congregation Rahimakumullah,

Inilah bedanya sistem politik dan negara dalam Islam, dengan sistem demokrasi saat ini. Dalam Islam semua aturan sudah sangat jelas, tidak bisa diubah-ubah karena ada kepentingan tertentu. Yang halal tetap halal, yang haram tetap haram.

Iyamo di’e sisalangnae sistim (cara) politi’ di lalangna Asallangan anna sistim demoktrasi dite’e mamanyae. Di lalang Asallangan inggannana atorang pura nasangmi mannassa andiangmi mala diuba-uba sawa’ diang kepentingan tertentu. Naiya hallal tatta’i halal anna iya haram tatta’i haram.

This is the difference between the political system and state in Islam, with the current democratic system. In Islam all the rules are very clear, they cannot be changed because there are certain interests. What is lawful remains lawful, and what is unlawful remains unlawful.

Kenyataan ini sangat berbeda dalam sistem demokrasi. Dengan prinsip kebebasan, apapun bisa diubah dan dibuat. Yang kuat dan banyak duit yang menang. Dan negara dikendalikan oleh mereka yang punya uang. Sementara rakyat yang katanya berdaulat, hanya dijadikan stempel tiap lima tahunan.

Iya di’e kenyata’ane sisala sannali di lalangna sistem demokrasi. Dengan prinsip kebebasan, apapun mala naubah anna napapia. Naiya to kua’ anna mai’di doi’na pawetai. Anna negara nakendalikani to ma’appunnai doi’. Sementara pa’banua iya dipa’uangan berdaulat sangga’ napayari stempeli tuttu’ limatahung.

This reality is very different in a democratic system. With the principle of freedom, anything can be changed and made. The strong and a lot of money win. And the state is controlled by those who have money. Meanwhile, people who are said to be sovereign are only used as a stamp every five years.

Alhasil, inilah pentingnya syariah Islam diberlakukan, termasuk dalam pengaturan kepemilikan umum dan menjaga lingkungan alam. Hanya dengan Islam, keberkahan akan datang dari langit dan bumi.

Alhasil, iyamo di’e pentingna disanga Asallangan naberlakukani/napogau’, termasu’i di lalangna ma’ator disanga kepemlikan umum anna manjagai lingkungan alanglolisa. Jari sangga’ Asallangan, barakka’ napolei manini pole diaya langi’ anna lita’.

As a result, this is the importance of implementing Islamic law, including in managing public ownership and protecting the natural environment. Only with Islam, blessings will come from heaven and earth.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II KATO’BA II KHOTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallaah

09 Jun
Balas



search

New Post