Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
PUAYI MABRUR TAU IYA MANGGERAKAN PERUBAHAN

PUAYI MABRUR TAU IYA MANGGERAKAN PERUBAHAN

Indonesia-Mandar-English

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ‏

(QS Ali ‘Imran [3]: 102)

Alhamdulillah, kita masih dalam iman dan Islam. Semoga Allah istiqamahkan kita dalam keadaan ini sampai akhir hayat kita. Shalawat dan salam semoga Allah curahkan kepada junjungan kita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah (inggannana pappuyi naappunnai nasangi Puang Allahu Ta’ala), ita’ di’e di lalan duapai tau di keada’an matappa’ anna Asallangan. Mamuare’i Puang Allahu Ta’ala naistiqamahkani ita’ di lalanna di’e keada’ane lambi’ lao paccappuratta’. Shalawa’ anna beresallang mamuare’i Puang Allahu Ta’ala simata napamalolongi pammmase-Na lao di pangulutta’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, we are still in faith and Islam. May Allah make us istiqomah in this state until the end of our lives. Shalawat and salaam may Allah bestow upon our prophet Rasulullah sallallaahu 'alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah, kapan pun dan di mana pun. Taati perintah Allah, dan tinggalkan larangan-Nya. Sungguh ketakwaan inilah yang akan menentukan derajat kita di sisi-Nya.

Piatakwa le’bao lao di Puang Allahu Ta’ala, mau na dipirang wattu annna mau inna muoroi. Tundu’ le’ba’o lao di Puang Allahu Ta’ala, anna peleitoi inggannana anu naposara. Sitonganna iya di’e disanga rasa takwae iyamo namattentukan pangka’ta’ di sesena Puang Allahu Ta’ala.

Fear Allah, whenever and wherever. Obey Allah's commands, and leave His prohibitions. It is clear that this piety will determine our degree in His sight.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the Friday Congregation, Rahikumullah,

Usai sudah rangkaian ibadah haji di Tanah Suci tahun ini. Sebagian jamaah haji mulai kembali ke negerinya masing-masing. Tak ada harapan dan cita-cita para jamaah haji kecuali meraih predikat haji mabrur. Sebab, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Purami rangkaian ibada hajji dio di lita’ mapaccinna Puang Allahu Ta’ala dio di taung-e. Jamaah haji pira mimbali’mi lao di kappunna masing-masing. Nandiang harapan anna cita-cita sanga’dinna namallolongani hajji mabrur. Sawa’, miapai paunna nabitta’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mauang:

This year's pilgrimage to the Holy Land is over. Some of the pilgrims began to return to their respective countries. Pilgrims have no hopes and aspirations except to achieve the title of Mabrur Hajj. Because, as the words of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam:

الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Haji mabrur tidak ada balasannya kecuali surga (HR al-Bukhari dan Muslim).

Inaiya disanga hajji mabrur nandiang balasanna sanga’dinna suruga (HR al-Bukhari anna Muslim).

Hajj mabrur has no reward except heaven (Narrated by al-Bukhari and Muslim).

Karena itu haji adalah salah satu ibadah yang utama. Bahkan kedudukannya sejajar dengan jihad fi sabilillah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Karena iya dio disanga hajjio salamesanna ibadah iya utama. Bahkan orona di’o hajjio sioroi/seppangka’i dengan jiha’ fi sabilillah. Mauani nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Therefore Hajj is one of the main forms of worship. Even its position is equal to jihad fi sabilillah. The Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam said:

الْغَازِى فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ وَفْدُ اللَّهِ دَعَاهُمْ فَأَجَابُوهُ وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ

Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji dan orang yang berumrah adalah tamu-tamu Allah. Allah mengundang mereka, mereka pun memenuhi undangan-Nya. Lalu mereka meminta kepada Allah, Allah pun memenuhi permintaan mereka (HR Ibnu Majah).

Naiya to simusu’ lao di tangalalangna Puang Allahu Ta’ala, tau iya mahhajji anna tau iya ma’umrah iyamo disanga tamunna Puang Allahu Ta’ala. Jari naundangi Puang Allahu Ta’ala, jari nanapenuhimi undangan-Na. Kemudian miraui lao di Puang Allahu Ta’ala, Puang Allahu Ta’ala napenuhi’i peraunna (HR Ibnu Majah).

People who fight in the way of Allah, people who perform Hajj and people who perform Umrah are the guests of Allah. God invited them, they also fulfilled His invitation. Then they asked Allah, Allah fulfilled their request (Narrated by Ibnu Majah).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pernah ditanya tentang amal yang paling utama. Beliau menjawab:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ruatoi dipatule’ tentang ammalang iya kamenang utama. Nabalimi Nabitta’ saw ma’uang:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam was once asked a question about the most important worship. He replied:

« إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ »

قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ

« جِهَادٌ فِى سَبِيلِ اللَّهِ »

قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ

« حَجٌّ مَبْرُورٌ »

“Mengimani Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” Beliau kembali menjawab,“Haji mabrur.” (HR al-Bukhari).

“Ma’atappa’i Puang Allahu Ta’ala anna Suro-Na.” Diang bo’o mittule’ bo’o, “Kemudiang apa bo’o?” nabali boi Nabitta’, “To berjuang di tangalalangna Puang Allahu Ta’ala.” Diang bo’o to mittule’ mimbali’, “Kemudiang nabali boi nabitta, “Hajji mabrur.” (HR al-Bukhari).

"Believe in Allah and His Messenger." Someone asked again, "Then what else?" He replied, "Jihad in the way of Allah." Someone asked again, "Then what else?" He again replied, "Hajj mabrur." (Narrated by al-Bukhari).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the Friday Congregation, Rahikumullah,

Imam al-Qurthubi menyatakan, haji mabrur adalah orang yang berhaji tanpa bermaksiat kepada Allah, baik saat menunaikannya maupun setelahnya. Mengutip Imam Hasan al-Bashri, haji mabrur adalah yang pelakunya, setelah menunaikan ibadah haji, menjadi zuhud terhadap dunia dan menginginkan akhirat (surga) (Lihat: al-Qurthubi, Tafsiir li Jaami’ Ahkaam al-Qur’aan, 2/408).

Nauwa annangguru Imam al-Qurthubi, naiya disanga hajji mabrur ya’ni tau iya mahhajji tanpa ma’doraka lao di Puang Allahu Ta’ala, bai’ di wattu mappogau’ maupun di puranna mappogau’. Makkutip toi Imam Hasan al-Basri, hajji disanga mabrur ya’ni to mappogau’, diwattunna puramo makke’deang ibada hajji kemudian zuhud’i lao di lino anna mappoelo’ ahera’ (suruga) (buai: al-Qurthubi, Tafsiir li Jaami’ Ahkaam al-Qur’aan, 2/408).

Imam al-Qurthubi stated, Hajj Mabrur is a person who performs Hajj without disobedience to Allah, both during and after performing it. Quoting Imam Hasan al-Bashri, hajj mabrur is one whose performers, after performing the pilgrimage, become ascetic towards the world and desire the afterlife (heaven) (See: al-Qurthubi, Tafsiir li Jaami’ Ahkaam al-Qur’aan, 2/408).

Maka, tidak pantas seseorang mendapatkan predikat haji mabrur jika dia berangkat dengan uang haram seperti hasil riba, suap, korupsi, merampas aset milik rakyat, dan lain-lain. Dia pun tidak patut mendapatkan status haji mabrur jika usai menunaikan ibadah haji justru kembali menceburkan diri dalam kemaksiatan seperti menelantarkan hukum-hukum Allah subhanahu wa ta’ala, mengkriminalisasi ajaran Islam, menghalang-halangi dakwah penerapan syariah Islam, berkolusi dengan korporasi merampas aset milik umat seperti hutan, pertambangan, dan sebagainya.

Maka, andiani sitinaya mesa-mesa tau mallolongan pangka’ hajji mabrur mua’ miakke’i dengan doi’ haram rapang hasil riba, massogo’, korupsi, ma’ala toi asetna aset iya naappunnai pa’banua anna laengna lao. Kemudian andiang toi sitinaya mallolongan haji mabrur mua’ purai makke’deng ibada haji justru mimbali’i nasarupu-sarupu’i alawena di lalangna a’dorakang rapang mappepondo’i hukum-hukumna Puang Allahu Ta’ala, manggau’ bawang ajarang Asallangan, mahhala-halangi pacerama penerapanna syare’a Asallangan anna berkolusi anna berkorporasi toi ma’ala aset iya na’appunnai umma’ rapang pangale, pertambangan anna laelaengna lao.

So, it is not appropriate for someone to get the title of hajj mabrur if he departs with illicit money such as the proceeds of usury, bribes, corruption, seizing people's assets, and so on. He also does not deserve the status of mabrur pilgrimage if after performing the pilgrimage he returns to immersing himself in disobedience such as neglecting the laws of Allah subhanahu wa ta'ala, criminalizing Islamic teachings, obstructing the preaching of the application of Islamic sharia, colluding with corporations to seize assets belonging to the people. such as forests, mining, and so on.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the Friday Congregation, Rahikumullah,

Ketahuilah, berhaji bukan saja memenuhi dimensi ruhiyah (spiritual), tapi juga mengandung dimensi siyaasiyah (politik) dan perjuangan. Melalui ibadah haji, Islam meleburkan umatnya menjadi satu kesatuan tanpa perbedaan suku, ras, warna kulit maupun strata sosial. Allah gambarkan dalam firman-Nya:

Pi’issanni’i, iya di’o disanga mahhajjio tania tu’u sangga’ disanga dimensi ruhiya (spritual), tapi natam’u' toi disanga dimensi siyaasiyah (politi’) anna perjuangan. Jari melalui ibada hajji, Asallangan memmesai lao di umma’na minjari mesa kesatuan tanpa perbedaan suku, ras, warna uli’ maupun strata sosial. Nagambarkani Puang Allahu Ta’ala di lalang Koro’ang mala’bi’-Na:

You know, hajj does not only fulfill the spiritual (spiritual) dimension, but also contains the siyasiyah (political) dimension and struggle. Through the pilgrimage, Islam merges its followers into one unit without differences in ethnicity, race, skin color or social strata. Allah describes in His words:

وَاَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ

Serulah manusia untuk mengerjakan ibadah haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus. Mereka datang dari segenap penjuru yang jauh (TQS al-Hajj [22]: 27).

Anna pe’illongo’o lao di rupa tau na mahhaji, napominasai ise’iya na mappoleio mellamba, anna messawe (mapessawei unta) madokkor, pole diinggannana engeang iya karao (TQS al-Hajj [22]: 27).

And proclaim the fiajj to people: they shall come to you on foot and on lean camels coming from distant places (Surah al-Hajj [22]: 27).

Dan, saat Haji Wada’ lihatlah apa yang dipesankan oleh baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat khutbah beliau. Pertama, darah dan harta sesama Muslim terpelihara. Kedua, kewajiban menunaikan amanat, termasuk di dalamnya amanah kekuasaan untuk melayani dan melindungi umat. Ketiga, sistem ekonomi ribawi dihapuskan untuk selamanya. Keempat, menjaga aturan Islam dalam rumah tangga dan kewajiban mendidik istri. Kelima, kewajiban umat menjaga persatuan dan kesatuan. Keenam, kewajiban berpegang teguh pada Kitabullah dan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika tidak ingin tersesat dan sebaliknya umat akan tersesat jika berpaling pada ajaran dan sistem kehidupan selain Islam.

Anna, diwattunna hajji wada’ pi’itao lao apa iya napappasangan baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diwttunna makkato’ba. Mammesana, cera’ anna barang-barangna to Sallang tijagai. Mada’duanna, kewajiban makke’deang amanah termasu’i di lalangna amanah kekuasa’an untu’ namallayani anna mallindungi umma’. Matallunna, iya di’o sistim ekonomi ribawio nahapusi untu’ selamanya. Ma’appe’na, manjagai aturang Asallangan di lalangna rumah tangga (pamboyangan) anna kewajiban mendidi’ towaine (istri). Ma’alimanna, kewajibanna umma’ manjagai persatuan anna kesatuan. Ma’annanna, kewajiban mittu’galang masse’ lao Kitta’-Na Puang Allahu Ta’ala anna Sunnana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mua’ andani melo’ tersesat anna sebali’na umma’ na tersesa’i mua’ mappipondo’i ajarang anna sistim cara atuoangan di lalang Asallangan.

And, during Hajj Wada 'see what the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam ordered during his sermon. First, the blood and property of fellow Muslims is preserved. Second, the obligation to fulfill the mandate, including the mandate of power to serve and protect the people. Third, the ribawi economic system is abolished forever. Fourth, maintaining Islamic rules in the household and the obligation to educate the wife. Fifth, the obligation of the people to maintain unity and oneness. Sixth, the obligation to adhere to the Book of Allah and the Sunnah of the Prophet sallallaahu 'alaihi wa sallam if you do not want to go astray and of course the people will go astray if they reject the teachings and system of Islamic life.

Ketika Haji Wada’ turun firman Allah subhanahu wa ta’ala berisi ketetapan-Nya tentang kesempurnaan Islam sebagai sistem kehidupan:

Di wattunna haji wada’ mirrawuni pau-paunna(aya’-Na) Puang Allah subhanahu wa ta’ala issinna tentang ketetapan-Na tentang asukkuangna Asallangan sebagai sistim atau cara atuoang.

During the Hajj Wada', the words of Allah subhanahu wa ta'ala were sent containing His decrees regarding the perfection of Islam as a system of life:

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian, telah Kucukupkan nikmat-Ku untuk kalian dan telah Kuridhai Islam sebagai agama kalian (TQS al-Maidah [5]: 3).

Dite’e di’e allo-e purami U-pakalepu di sesemu mie’ agamamu, anna U-paganna’ tomi mie’ mating pappenyama’-U anna U-porioi Sallang menjari agamamu mie’. (TQS al-Maidah [5]: 3).

Today I have perfected your religion for you, and I have completed My blessing upon you, and I have approved Islam as your religion. (Surah al-Maidah [5]: 3).

Saat itulah Allah subhanahu wa ta’ala telah menetapkan Islam sebagai sistem kehidupan yang sempurna dan menyeluruh. Bukan saja mengatur ritual ibadah haji, tetapi juga mengatur semua aspek kehidupan. Karena itu tak ada aturan hidup yang sepatutnya dijadikan pilihan oleh kaum Muslim selain aturan Islam. Bukan hanya untuk ritual ibadah, tetapi juga untuk kehidupan sosial, ekonomi, politik dan kenegaraan. Semua harus diatur oleh syariah Islam.

Indiomi lao wattunao Puang Allahu Ta’ala purai napannassa Asallangan sebagai sistim atuo-atuoang iya sukku’ anna mangulele lao. Tania sangga’ ma’ator ritual ibada hajji tetapi ma’ator toi inggannana aspe’ atuo-atuoang. Karena itu nandiang aturang atuo-atuoang iya sitinaya minjari pilihan lao di to Sallang selain atorang Asallangan. Tania to’o sangga’ untu’ ritual ibada tetapi untu atuo-atuoang sosial, ekonimo, politi’ anna kenegara’an. Inggannana di’o harusi na’ator sarea’ Asallangan.

It was then that Allah subhanahu wa ta'ala had established Islam as a perfect and comprehensive system of life. Not only regulate the rituals of the pilgrimage, but also regulate all aspects of life. Because of that there are no rules of life that should be made a choice by Muslims other than Islamic rules. Not only for worship rituals, but also for social, economic, political and state life. Everything must be regulated by Islamic sharia.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the Friday Congregation, Rahikumullah,

Haji adalah inspirasi perjuangan. Dulu, haji menjadi salah satu stimulus yang menggerakkan semangat anti kolonialisme dan mendorong persatuan umat untuk melawan para penjajah Belanda. Di tahun 1888, petani Banten melawan Belanda dipimpin seorang tokoh haji. Sejak itu, Belanda mewaspadai orang-orang yang pulang haji.

Naiya disanga hajji inspirasi perjuangan tu’u. Diolo’, hajji sala mesanna stimulus iya manggerakkan sumanga’ anti kolonialisme anna mandorong toi persatuan umma’ untu’ namambaliang para penjajah Balada. Di taung 1888, panguma Banten nabaliani Balada napimpini mesa toko haji. Diwattunna di’o Balada nawaspadai tau iya to pole mahhajji.

Hajj is the inspiration for the struggle. In the past, the pilgrimage was one of the stimuli that moved the spirit of anti-colonialism and encouraged the unity of the Ummah to fight against the Dutch colonizers. In 1888, Banten farmers fought the Dutch led by a hajj figure. Since then, the Netherlands has been wary of people returning from Hajj.

Bahkan seperti diakui Snouck Hurgronje, “Para haji adalah wabah masyarakat pribumi. Mereka mendorong penduduk asli untuk melawan, menabur fanatisme dan kebencian terhadap orang Eropa."

Bahkan rapani naakui Snouck Hurgronje, “íya di’o disanga hajjio adalah wabah masyaraka’ pa’banua. Jari nadorongi pendudu’ asli untu’ nanawaliang, nasemburattoi pahang fanatisme anna mambire’ toi tau Eropa.

In fact, as Snouck Hurgronje admits, “The pilgrimage is a plague of indigenous people. They encouraged the natives to fight back, sowing fanaticism and hatred of Europeans."

Setelah mendalaminya sampai ke Makkah, berpura-pura menjadi Muslim, Snouck kemudian menyarankan pembatasan haji dan mewaspadai jamaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci. Di tahun 1916, ada ujian haji, jamaah yang baru pulang di-screening. Yang lulus diberi gelar haji, dan diberi pakaian khusus seperti peci dan jubah putih.

Tappana puramo mandalami lambi’ lao di Makka, mi’atandi-tandi minjari Sallang, Snouck kemudian mambengani saran pambatasan hajji anna nawaspadai toi ibada haji iya mane pole di lita’ mapaccinna Puang Allahu Ta’ala. Di tahun 1916, diang ujian hajji, jama’ah iya mane pole di Lita’ Mapaccing. Naiya to lulus, nawei gallar hajji anna nawengan toi pakeang husus rapang sokko’ anna jubah mapute.

After exploring it all the way to Mecca, pretending to be a Muslim, Snouck then suggested limiting the pilgrimage and being wary of pilgrims who had just returned from the Holy Land. In 1916, there was a pilgrimage exam, pilgrims who had just returned were screened. Those who pass are given the title of hajj, and are given special clothing such as caps and white robes.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the Friday Congregation, Rahikumullah,

Inspirasi perjuangan inilah yang seharusnya muncul kembali dalam setiap pelaksanaan ibadah haji. Karena itu, kaum Muslim yang berhaji harus merasa terpanggil pula untuk berdakwah memperjuangkan Islam. Jangan berpuas diri usai menunaikan haji. Masih banyak kewajiban yang lebih utama yang harus ditunaikan kaum Muslim, salah satunya adalah menyerukan kewajiban penerapan syariah Islam secara kaaffah.

Iya di’e disanga inspirasi perjuangane seharusnya munculi mimbali’ setiap mappogau ibada hajji. Karena iya di’o, naiya to Sallag iya mahhaji harusi merasa ti’illonni to’o untu’ berda’wa memperjuangkan disanga Asallangan. Da berpuas alawe diwattunna pura mappogau’ hajji. Mae’di duai kewajiban iya lebih mala’bi’ iya harus napogau’ to Sallang, salamesanna ya’ni masserukani tau disangan kewajibang penerapanna syarea’ Assallangan secara kaffah i lalang institusi Asallangan,

The inspiration for this struggle should reappear in every pilgrimage. Therefore, Muslims who make the pilgrimage must also feel called to preach and fight for the upholding of Islam. Do not be complacent after performing the pilgrimage. There are still many more important obligations that must be fulfilled by Muslims, one of which is calling for the obligation to implement Islamic law as a whole (kaffah) within Islamic government institutions,

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنsَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post