Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEKULARISME ANNA KAPITALISME MASALA KAEYYANG MARRUAI UMMA

SEKULARISME ANNA KAPITALISME MASALA KAEYYANG MARRUAI UMMA

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

ذٰلِكَ بِاَنَّ اللّٰهَ هُوَ الْحَقُّ وَاَنَّ مَا يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖ هُوَ الْبَاطِلُ وَاَنَّ اللّٰهَ هُوَ الْعَلِيُّ الْكَبِيْرُ

(QS al-Hajj [22]: 62).

Alhamdulillah, atas izin Allah kita berkumpul di tempat yang mulia ini, di hari mulia, bersama orang-orang yang insyaallah dimuliakan oleh Allah. Shalawat dan salam semoga senantiasa dicurahkan oleh Allah kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, pole di kesempatan iya mitandoiyangani Puang Allahu Ta’ala ita’ di’e malai tau siola-ola dini di oroang mala’bi’, di allo mala’bi’ siolai tau (tau) iya insyaallah napakala’bi’ Allah Ta’ala. Shalawa’ anna beresallang mamuare’i simata napaloloni Puang Allahu Ta’ala lao di junjunganna alang ya’ni Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, by the permission of Allah we gather in this glorious place, on a glorious day, with those who, God willing, are glorified by Allah. May blessings and peace be upon the Prophet Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah, taati perintah dan larangan-Nya. Ingatlah, derajat kita di sisi-Nya ditentukan oleh seberapa kita bertakwa kepada-Nya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua, baik yang telah lalu maupun yang akan datang.

Inggai mi’atakwa lao di Allah Ta’ala, dituru’i pesio-Na anna pepusara-Na. Dipiangaranni’i, mi’apai pangka’ta di sese-Na tergantuni mi’apa takwata Lao. Mamuare’i Allah Ta’ala nadappangani dosa-dosata, mau anu pura mai anna anu iya nadipi’oloi laoe.

Fear Allah, obey His commands and prohibitions. Remember, our degree in His sight is determined by how much we fear Him. May God forgive all our sins, both past and future.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala Friday congregation rahimakumullah,

Alhamdulillah, kita masih bisa mendengarkan adzan yang baru saja dikumandangkan. Beberapa waktu ini, panggilan Allah ini jadi polemik di tengah umat, khususnya terkait dengan penggunaan alat pengeras suara di masjid. Tersirat kekhawatiran jika masjid mengumandangkan adzan lewat pengeras suara lima kali sehari dapat mengganggu ketenangan warga dan merusak toleransi antarumat beragama.

Alhamdulillah, ita’ di’e maladuapai tau ma’irranni pa’bang digena’ dini di masigitta’e. Dipirangdi’e, di’e bang’e minjari polemi’boi dio di tangnga-tangngana umma’, mi’apa bassa caranna mappapa’guna maik dio masigi. Nahawatirkani mua’ to dio masigi diang tau ma’bang mappake maik pillima sangallo malai mangganggu lao warga anna mappopodake’ disanga toleransi lao di agama laeng.

Alhamdulillah, we can still listen to the call to prayer that was just sounded. Recently, Allah's call has become a polemic among the people, especially regarding the use of loudspeakers in mosques. There is concern that if the mosque announces the call to prayer through loudspeakers five times a day, it can disturb the peace of the residents and damage tolerance between religious believers.

Bahkan ada yang menyatakan bahwa umat Muslim tidak perlu menggunakan pengeras suara karena Tuhan Mahadekat dan tidak tuli. Lagipula, menurut mereka, Muslim yang sadar akan kewajiban shalat tidak memerlukan panggilan keras seperti itu. Ia akan menunaikan shalat dengan sendirinya.

Muncul pertanyaan, benarkah adzan menjadi masalah besar umat ini?

Bahkan diang to ma’uang mua’ to Sallang di’o dawopa mappake maik apa’ Puang di’o tongang kadeppu’di anna andiani binga. Apalagi, ma’uani illao tauo, to Sallang iya sadar mua’ waji’i sambayang lima wattu andiani parallu pi’illongang makarras bassa di’o’o. Pastimitia tappa laoi massambayang.

Diang pittule’ta’: apa’ tongania mua’ di’e bang’e menjari masalah kaeyang sanna’i lao di umma’?

Some even claim that Muslims do not need to use loudspeakers because God is near and not deaf. Moreover, according to them, Muslims who are aware of the obligation of prayer do not need such a loud call. He will perform the prayer by himself.

The question arises, is the call to prayer really a big problem for this people?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Adzan adalah panggilan shalat yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kaum Muslim. Beliau bersabda:

Bang di’o iyamo pe’illong sambayang lima wattu iya naperintahkan nabitta’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lao di inggannana to Sallang, ma’uani:

Adzan is a call to prayer commanded by the Prophet Shallallahu ‘alaihi wa sallam to the Muslims. He said:

فَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ أَحَدُكُمْ وَلْيَؤُمَّكُمْ أَكْبَرُكُمْ

Jika waktu shalat telah tiba, salah seorang di antara kalian hendaknya mengumandangkan adzan untuk kalian dan yang paling tua di antara kalian menjadi imam kalian (HR al-Bukhari dan Muslim).

Mua’ nalambi’mi wattu sambayang lima wattu, diang mesa tau di i’o mie’ tappa lao ma’bang anna inai kamenang mauweng diting sioi minjari imang (HR al-Bukhari dan Muslim). When the time for prayer has come, one of you should make the call to prayer for you and the oldest among you will be your imam (Narrated by al-Bukhari and Muslim).

Suara adzan memang harus dikeraskan. Semua mahluk Allah subhanahu wa ta’ala yang mendengarkan panggilan adzan akan menjadi saksi pada Hari Kiamat. Sabd Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Bang di’o harusi kaeyang suarana. Inggannana batuan-Na Puang Allah subhanahu wa ta’ala iya mala ma’irranni naminjari saksi’i di allo diwoe’ manini. Nauwa Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam:

The sound of the call to prayer must be amplified. All creatures of Allah subhanahu wa ta’ala who listen to the call to prayer will be witnesses on the Day of Judgment. The words of the Prophet Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ يَسْمَعُ مَدَى صَوْتِ الْمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلاَ إِنْسٌ وَلاَ شَىْءٌ إِلاَّ شَهِدَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Tidaklah suara adzan yang keras dari seorang muadzin didengar oleh jin, manusia dan segala sesuatu melainkan itu semua akan menjadi saksi bagi dirinya pada Hari Kiamat (HR al-Bukhari).

Nandiang diang suara bang iya makarras pole di pa’bang nairranni jin, rupa tau anna inggannana lao di’inggannana di’o minjari saksi’i lao di batang alawena di Allo Kiama’ (HR al-Bukhari).

It is not the loud call to prayer from a muezzin to be heard by jinn, humans and everything but it will all be a witness for him on the Day of Judgment (Narrated by al-Bukhari).

Karena itu, keliru jika ada yang mengusulkan agar suara adzan jangan diperdengarkan atau dilarang untuk dikeraskan. Juga aneh jika ada pendapat bahwa adzan tidak diperlukan karena Allah Mahadekat dan tidak tuli. Ingat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam justru memerintahkan agar suara adzan dikumandangkan.

Jari, salai mua’ diang tau mappomelo’ di’o suara bang da dipipi’irranni atau napusarai napakaeyang. Andiattoi mittama diakkal mua’ diang tau ma’uang mua’ di’o bang andiani diparalluang sawa’ Allah ta’ala masarro kadeppu’i anna andiangi binga. Ingarani, Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam justru misioi untu’ ma’bang.

Therefore, it is wrong if someone suggests that the call to prayer should not be heard or prohibited from being amplified. It is also strange if there is an opinion that the call to prayer is not necessary because Allah is Near and not deaf. Remember, the Prophet Shallallahu ‘alaihi wa sallam actually ordered that the call to prayer be sounded.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Alasan bahwa suara adzan yang keras mengganggu kalangan non-Muslim juga tidaklah tepat. Adzan adalah bagian dari syiar Islam yang ditujukan kepada umat manusia. Imam an-Nawawi menyebutkan sejumlah hikmah dari adzan yakni: menampakkan syiar Islam, berisi kalimat tauhid, pemberitahuan masuknya waktu shalat dan tempatnya, serta doa bagi jamaah (Syarh an-Nawawi ’ala Muslim, 4/77, Maktabah Syamilah).

To ma’uang iya di’o bang’ makarraso mangganggui to tanisa Sallang, andiangtoi parua. Bang iyamo bagianna tu’u syi’arna agamata’ (Islam) iya dipipalattoang lao di umma’. Annanggurutta’ Imam an-Nawawi mappalambi’ hikmana di’o disanga bang, iyamo: mappipilattoang syiar Asallangan, issinna kalima’ tauhid, mappipissangan pittamanna wattu sambayang anna engeanna, anna do’a untu’ jama’ah (Syarh an-Nawawi ’ala Muslim, 4/77, Maktabah Syamilah).

The reason that the loud call to prayer disturbs non-Muslims is also not correct. Adzan is part of the Islamic syiaar addressed to mankind. Imam an-Nawawi mentions a number of wisdoms from the call to prayer, namely: revealing the Islamic syiar, containing the sentence of monotheism, notification of the entry of prayer time and place, as well as prayer for the congregation (Syarh an- Nawawi 'ala Muslim, 4/77, Maktabah Syamilah).

Maka, tidak pantas pula seorang Muslim merasa terganggu dengan suara adzan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa yang terganggu oleh adzan adalah golongan setan. Beliau bersabda:

Jari, andiani pantas ita’ to Sallang merasa terganggu pole suara bang. Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam ma’uang to terganggu pole di bang di’o iyamo golonganna setang. Ma’uani:

Therefore, it is not appropriate for a Muslim to feel disturbed by the sound of the call to prayer. The Prophet Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mentioned that those who are disturbed by the call to prayer are the satanic group. He said:

إِذَا نُودِىَ بِالأَذَانِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ الأَذَانَ فَإِذَا قُضِىَ الأَذَانُ أَقْبَلَ فَإِذَا ثُوِّبَ بِهَا أَدْبَرَ فَإِذَا قُضِىَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ يَخْطُرُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ

Jika adzan dikumandangkan, setan segera berpaling sambil kentut hingga dia tidak mendengar adzan tersebut. Jika adzan selesai dikumandangkan, dia pun kembali. Jika dikumandangkan iqamah, setan kembali berpaling. Jika iqamah selesai dikumandangkan, dia pun kembali. Ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya (HR Muttafaq ‘alayh).

Mua’ tibangmi, setang tappe lesse’ na tipui’ anna andiattomi nairranni bang di’o. Mua’ purami tibang, mimbali’ bomi. Mua’ nakama’mi, lesse’ bomi di’o setango. Mua’ purami nakama’, mimbali’ bomi. Setang di’o landuri dio di tau anna nassunna (HR Muttafaq ‘alayh).

When the call to prayer is sounded, the devil immediately turns away and farts until he does not hear the call to prayer. If the call to prayer is finished, he returns. If Iqama is echoed, the devil turns back. If the iqamah is finished, he returns. It will pass between a person and his lust (Narrated by Muttafaq ‘alayh).

Oleh karena itu, merendahkan adzan, seperti menyejajarkan adzan dengan gonggongan anjing, atau dulu ada yang menyebutkan bahwa suara kidung jauh lebih indah daripada suara adzan, adalah termasuk penistaan agama serta merupakan dosa besar. Allah subhanahu wa ta’ala telah mengingatkan:

Jari bassami di’o, mappakeccu’ suarana bang, rapani mappasittengani bang anna pilloana asu, atau diolo’ mai diang to ma’uang suarana kidung lebi maloloi dirranni daripada suarana bang, adalah termasu’i penista’an agama anna minjari dosa kaeyangi. Allah subhanahu wa ta’ala purai mipaingarang:

Therefore, demeaning the call to prayer, such as equating the call to prayer with the barking of a dog, or in the past who said that the sound of the kidung (song) is far more beautiful than the sound of the call to prayer, is a blasphemy of religion and is a big sin. Allah Subhanahu wa ta'ala has warned:

وَإِذَا نَادَيْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ اتَّخَذُوهَا هُزُوًا وَلَعِبًا ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَا يَعْقِلُونَ

Jika kalian menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) shalat, mereka menjadikan seruan itu sebagai ejekan dan permainan. Yang demikian adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau menggunakan akal (TQS al-Maidah [5]: 58).

Anna mua’ muillongngi ise’iya na mappogau’ sambayang, ise’iya mappayari’i pielle-elleang anna panginoang. Iya tipateng di’o karena mesa toi tia kaum iya andiang melo’ mappapa’guna akkalanna (TQS al-Maidah [5]: 58).

If you call (them) to (perform) prayer, they make that call a mockery and a game. That is because they are really people who do not want to use reason (Surah al-Maidah [5]: 58).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Jika kita mau jujur, banyak persoalan yang lebih utama dan penting untuk diselesaikan umat dan para pejabat di negeri ini ketimbang meributkan adzan dan pengeras suara. Yang utama adalah sekularisme. Paham batil yang mengajarkan pemisahan agama dari kehidupan ini menyebabkan banyak kaum Muslim yang tidak peduli dengan agamanya. Banyak Muslim yang tak bisa baca Al-Quran. Banyak Muslim tapi tak shalat. Dan sebagainya.

Mua’ melo’i tau jujur, mai’di perso’alan kamenang utama anna parallu untu’ naselesaikan umma’ anna pajaba’ di negeritta’ ketimbang marroca-roca’i masala bang anna suara maik. Kamenang utama iyamo diang disanga sekularisme. Paham batel iya mappapa’guruang disanga mappasisara’ agama pole di atuo-atuoatta iya massurugan mai’di to Sallang andiangmi mappeduli lao di agamana. Mai’di to Sallang andiappa mala mambaca Koro’ang. Mai’di to Sallang andiang massambayang. Anna mai’di laenna.

If we are honest, there are many more urgent and important issues for the people and officials to solve in this country than fussing over the call to prayer and loudspeakers. The main one is secularism. This falsehood that teaches the separation of religion from life causes many Muslims to not care about their religion. Many Muslims cannot read the Quran. Many Muslims but do not pray. Etc.

Sekularisme telah melahirkan pluralisme hingga sinkretisme. Tidak sedikit kaum Muslim mencampuradukkan ibadah dan keyakinan Islam dengan agama lain. Ada Muslim yang dipaksa ikut ritual agama lain, seperti yang kita saksikan di Bali saat Nyepi kemarin. Anehnya, ini kok tidak dipersoalkan?

Sekularisme mappadiangi pluralisme. Andiani sicco’ to Sallang mappasigaru ibada anna keyakinanna agama Islam anna agama laen. Diang to Sallang napassai miccoe’ lao di ritualna agama laen, mi’apa iya dita dio Bali diwattu Nyepi idiongin. Herani tau, iya di’e andiani naperso’alkan?

Secularism has given rise to pluralism to syncretism. Not a few Muslims confuse worship and Islamic beliefs with other religions. There are Muslims who are forced to join other religious rituals, as we saw in Bali during Nyepi yesterday. Strangely, how come this is not questioned?

Karena sekularisme pula umat Muslim di Tanah Air rentan mengalami pemurtadan dan penistaan agama.

Sawa’ sekularismemo tu’u di’e umma’ Sallang di negarata’ rentani diang disanga pemurtadan anna penista’an agama.

Because of secularism, Muslims in the country are also vulnerable to religious apostasy and blasphemy.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareyama’ (ma’ayuma’) na’ammasei Puang Allahu Ta’ala

Friday congregation rahimakumullah,

Kita juga sedang menghadapi cengkeraman kapitalisme dan oligarki. Segelintir orang berkuasa dan menzalimi rakyat. Kejahatan kapitalisme dan oligarki ini sudah demikian nyata seperti terlihat dari naiknya harga-harga kebutuhan pokok seperti minyak goreng, kacang kedelai dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

Ita’ to’o mappi’oloi toi tau disanga cengkramanna kapitalisme anna oligarki. Diang tau to kuasa anna zalim’i lao di ra’ya’. Karae’na disanga kapitalisme anna oligarki pura minnassami mi’apa iya dita lao, harga-harga kebutuhan poko’ pale’ lao allo papale’ mindai’i (masuli’) rapang minna’ mata, kedelai anna anu diparalluang laenna.

We are also facing the grip of capitalism and oligarchy. A handful of people are in power and oppress the people. The crimes of capitalism and the oligarchy are very real as can be seen from the rising prices of basic necessities such as cooking oil, soybeans and a number of other basic needs.

Karena itu, ketahuilah, sebenarnya pangkal dari persoalan umat hari ini, bahkan di seluruh dunia, adalah ketiadaan penerapan syariah Islam. Allah subhanahu wa ta’ala telah menjadikan syariah Islam sebagai solusi bagi setiap persoalan manusia.

Jari, pi’issanni’i, sitonganna masala utamana di’e umma’e, bahkan seluruh dunia, iyamo andiappai diterapkan syarea’ Islam. Allah subhanahu wa ta’alapura mappayari’i sarea’ Islam sebagai solusi di inggannana anu dihadapi.

Because of that, you know, actually the root of the problems of the people today, even throughout the world, is the absence of the application of Islamic sharia. Allah subhanahu wa ta'ala has made Islamic sharia a solution to every human problem.

Tanpa syariah Islam, yang berkuasa adalah syariah kufur. Peradaban menjadi hancur. Kemuliaan Islam terkubur.

Saatnya, mari kita terus berjuang menerapkan Islam secara kaffah, dalam sebuah institusi khilafah, negara yang diwariskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hanya dengan itu, persoalan umat terselesaikan.

Tanpa disanga syarea’ Islam, to berkuasa disangai syare’ah kufur. Peradaban minjari accur. Mane Islam di’o tiku’buri.

Wattunnami, ita’ di’e simata berjuani tau untu namatterapkan Asallangan secara kaffah, di lalang mesa institusi disanga khilafah, nagara iya nawariskan Nabitta’ shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sangga’ iyamo di’o, perso’alanna umma’ malai pa’da.

Without Islamic sharia, the ruling is kufr sharia. Civilization is destroyed. The glory of Islam is buried.

It's time, let's continue to struggle to implement Islam kaffah, in an institution of the caliphate, the state inherited by the Prophet Shallallahu 'alaihi wa sallam. Only then will the people's problems be solved.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

04 Apr
Balas



search

New Post