Muhammad Ridwan Effendy Bodi

Ridwan, S.Pd.I., M.Pd. dengan nama keren Muhammad Ridwan Effendy Bodi, lahir di Lita’ Mandar, 28 Februari 1984 adalah alumni Pascasarjana UNM (Universitas...

Selengkapnya
Navigasi Web
THE REAL INDEPENDENCE

THE REAL INDEPENDENCE

Khutbah Jum'at

KHUTBAH PERTAMA KATO’BA PAMMULANG FIRST KHUTBAH

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَامَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ‏

(QS Ali ‘Imran [3]: 102)

Alhamdulillah, atas izin Allah subhanahu wa ta’ala, kita dipertemukan di tempat mulia ini, di hari yang mulia, bersama orang-orang yang insyaallah dimuliakan-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan alam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, inggannana pappuji appunnannai Puang Allah subhanahu wa ta’ala, ita’ di’e mipasita duai dini di oroang mala’bi’ di’e, di allo mala’bi’, siola tau (tau) iya insyaallah napakala’bi Puang. Shalawa’ anna beresallang mamuare’i simata napalolongani Allah Ta’ala lao di pangulunna alam Suro shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillah, with the permission of Allah subhanahu wa ta'ala, we will meet in this glorious place, on a glorious day, with people who, God willing, will be glorified by Him. Shalawat and greetings may always be poured out to the Prophet Rahmatan Lil Alamin Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Bertakwalah kepada Allah. Taati perintah-Nya. Jauhi larangan-Nya. Baik dalam keadaan suka maupun tak suka. Ingatlah, ketakwaan kita menentukan derajat kita di sisi-Nya.

Pi’atakwao lao di Puang Allahu Ta’ala. Turu’i pesio-Na. Pi’akaramboi anu napusara. Mau di lalang masannang anna maparri’. Ingarani, tappa’ta’ mappannassa pangka’ta di sese-Na.

Fear Allah. Obey His commands. Stay away from all His prohibitions. Both in a state of liking and disliking. Remember, our piety determines our degree in His sight.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the congregation Friday Rahimakumullah,

Alhamdulillah, penjajahan fisik tak ada lagi di negeri ini. Para ulama dengan semangat jihad telah mengusir mereka. Pekik takbir mengiringi perjuangan mereka. Rakyat dari kampung-kampung turun gunung, berjuang, karena panggilan jihad para ulama. Ini wajib disyukuri.

Alhamdulillah, panjajahan pisi’ nandiangmi diang dini kappung. Naiya ulama’ ma’appunnai sumanga’ jiha’ purami marrimbai. Mattaka’beri di lalangna mammusu’. Ra’ya’ pole di mai’di kappung mirrawung buttuangi, mambaliang, sawa’ pe’illong jiha’na ulama’. Iya di’e waji’i disukkurri.

Thank God, physical occupation is no longer in this country. The scholars with the spirit of jihad have driven them out. Shouts of takbir accompanied their struggle. The people from the villages came down from the mountains to fight, because the clerics called for jihad. We must be grateful for this.

Pertanyaannya, apakah negeri ini telah benar-benar bebas dari penjajahan yang lainnya? Fakta di dunia menunjukkan, penjajahan telah berubah setelah perang dunia II, dari penjajahan fisik menjadi penjajahan non-fisik. Penjajah ini lebih modern. Mereka tak menduduki sebuah negeri, tapi mengendalikan negeri tersebut melalui pemikiran, pendidikan, budaya dan soft power yang lainnya melalui kaki tangannya.

Pittuleangna, apa’ tongang sanna’ bandi mua’ iya di’e negeritta’ nandiangmo mappolei musu’ laengna? Butti di lino mappipinnassa, pammusuang pura mappalaeng dipuranna simusu’ lino II, pole manjajah pisi’ minjari manjajah tania pisi’. Iya di’e panjajah la’bi modereni. Andiani ma’oroi mesa banua, tapi nakendalikani di’o banuao lao di pikkirang, pendidikan, budaya anna soft power laengna lewa’ sola-solana.

The question is, is this country truly free from other occupations? Facts in the world show that colonialism has changed after World War II, from physical colonialism to non-physical colonialism. These invaders are more modern. They do not occupy a country, but control the country through thought, education, culture and other soft power through their agents.

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the congregation Friday Rahimakumullah,

Andai negeri ini benar-benar merdeka, kita sudah makmur dan sejahtera. Betapa kayanya negeri ini. Mineral dan batubara di mana-mana. Emasnya terbesar di dunia. Tanahnya subur. Tongkat kayu ditancapkan jadi tanaman.

Tenna’ negara di’e tongan merdekai, pura ma’mur anna sejahterami tau. Matongang sugi’i di’e negerie. Mineral anna batubara sengeng iya. Emasna iya kamenang kaemborro’ di lino. Lita’na kambu’. Ta’e ayu dipatto’ minjari tuo.

If this country were truly independent, we would already be prosperous and sufficiently prosperous. How rich this country is. Minerals and coal are everywhere. Its gold is the largest in the world. The land is fertile. Wooden sticks can become plants.

Tapi apa yang kita lihat? Angka kemiskinan masih tinggi. Pengangguran di mana-mana. Biaya pendidikan dan kesehatan mahal. Harga bahan bakar terus melambung. Demikian juga harga kebutuhan pokok. Sementara pajak terus ditarik dan makin hari makin naik.

Tapi apa iya mala dita? To kasi-asi mai’di duai. To nandiang jama-yamanna palattoangani. Pambayaranna passikolangan anna kesehatan masuli’i. Allinna bahan bakar tulu’ mindai’i. Bassa toi allinna kebutuhan poko’. Anna sima tutu’ nalai anna pale allo pale’ mindai’i.

But what do we see? The poverty rate is still high. The unemployed are everywhere. Expensive education and health costs. Fuel prices continue to soar. Likewise the price of basic necessities. Meanwhile, taxes continue to be withdrawn and are increasing day by day.

Di saat yang sama, segelintir orang makin kaya. Mereka adalah para pengusaha dan korporasi asing dan aseng. Merekalah yang selama ini menguasai sebagian besar sumberdaya alam (SDA) kita, baik yang di atas tanah maupun di dalam tanah.

Di wattu sittenganna, tau pira tamba sugi’i. Iyamo tau para pengusaha anna korporasi asinganna aseng. Iyamo illao tauo selama di’e maie makkuasai mai’di sumber daya alam (SDA) anutta’, mau di baona lita’ anna di lalang lita’.

At the same time, some people are getting richer. They are foreign and Chinese businessmen and corporations. They have so far controlled most of our natural resources, both above ground and underground.

Rakyat hanya bisa menjerit. Sudahlah ekonomi sulit, keadilan pun sulit. Berbagai gempuran budaya datang silih berganti. Seks bebas, kriminalitas, perilaku culas, hingga LGBT memapar rakyat hingga ke kalangan bawah.

Bukankah ini semua keterjajahan?

Ra’ya’ sangga’ malai sugiging. Purami ekonominna maparri’, asittenganang maparri’ toi. Marrupa-rupami mipolei budaya. Seks bebas, kriminaalitas, gau’ kalasi, lambi’ LGBT tiappar lao ra’ya’ lambi’ lao to tondo naung.

Tania to’o di’e ingganana mipapanjajae?

People can only scream. The economic situation is difficult, justice is also difficult. Various attacks of negative western culture come and go. Free sex, crime, deceitful behavior, and LGBT have exposed the people to the grassroots.

Isn't this all colonization?

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the congregation Friday Rahimakumullah,

Ketahuilah, penjajahan, baik fisik maupun non-fisik, sesungguhnya merupakan manifestasi dari isti’baad (perbudakan), yaitu menjadikan manusia sebagai budak bagi manusia lainnya. Karena itu Islam telah mengharamkan penjajahan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Piissannni’i, panjaja, mau pisi’ anna tania pisi’, sitonganna rapani manipestasi pole isti’baad (perbudakan), iyamo mappayari tau minjari batua lao di tau laengna. Jari Asallangan purami mappaharang panjaja. Nauwa Puang Allah subhanahu wa ta’ala di lalang Koro’ang Mala’bi’-Na:

You know, colonialism, both physical and non-physical, is actually a manifestation of isti'baad (slavery), this makes humans slaves for other humans. Because of that Islam has forbidden colonialism. Allah subhanahu wa ta'ala says:

اِنَّنِيْٓ اَنَا اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدْنِيْۙ

Sungguh Aku adalah Allah. Tidak ada tuhan yang lain, selain Aku. Karena itu sembahlah Aku (QS Thaha [20]: 14).

Sitongangna Iyau di’e Puang Allah Taala. Andiang diang Puang sanga’dinna Iyau. Jari somba’a’ (QS Thaha [20]: 14).

‘It is truly I. I am Allah! There is no god ˹worthy of worship˺ except

Me. So worship Me ˹alone˺, and establish prayer for My remembrance (Surah Thaha [20]: 14).

Imam ath-Thabari menjelaskan: “Innanii Anaa AlLaah (Sungguh Aku adalah Allah),” bermakna: Allah menyatakan, “Sungguh Akulah Tuhan Yang berhak disembah. Tak ada penghambaan kecuali kepada Dia. Tidak ada satu pun tuhan, kecuali Aku. Karena itu janganlah kalian menyembah yang lain, selain Aku. Sungguh tidak ada yang berhak menjadi tempat menghambakan diri, yang boleh dan layak dijadikan sembahan, selain Aku.” Lalu frasa, “Fa’budnii (Karena itu sembahlah Aku),” bermakna: Allah menyatakan, “Murnikanlah ibadah hanya kepada-Ku, bukan sesembahan lain, selain Aku.” (Ibn Jarir a-Thabari, Tafsiir ath-Thabari, QS Thaha [20]: 14).

Naiya Imam ath-Thabari najelaskani: “Innanii Anaa AlLaah (Sitongangna Iyau di’e Puang Allah Ta’ala),” battuangna: Allat Ta’ala ma’uani, “Sitongangna Iyaumo Puang waji’ disomba, nandiang disomba sanga’dinna lao di Iya. Nandiang mau na mesanna, selain Iyau. Jari dao massomba laengna, selain Iyau. Sitongangna nandiaang mala minjari oroang mappasomba alawe, iya mala anna maka dipayari somba, saliwangna Iyau.” Anna frasa, “Fa’budnii “Jari somba’-A’),” ma’battuang: Puang Allahu ta’ala ma’uani, “Pamapaccini ma’ibada sangga’ le’mai di Iyau, tania asombangan laeng, saliwangna Iyau.” (Ibn Jarir a-Thabari, Tafsiir ath-Thabari, QS Thaha [20]: 14).

Imam ath-Tabari explains: "Innanii Anaa Allaah (Really I am Allah)," meaning: Allah states, "Truly I am the Lord Who has the right to be worshiped. There is no servitude except to Him. There is no god, except Me. Therefore do not worship anyone else, besides Me. Really, there is no one who has the right to be a place of servitude, who is permissible and worthy of being worshiped, besides Me." Then the phrase, "Fa'budnii (Therefore worship Me)," means: Allah says, "Pure worship only to Me, not to be worshiped by anyone other than Me." (Ibn Jarir a-Thabari, Tafsiir ath-Thabari, Surah Thaha [20]: 14).

Inilah kalimat tauhid. Jika tauhid di dada umat ini murni dan jernih, kemudian pemahaman yang terbentuk dari sana juga jernih, maka tauhid itu akan membangkitkan semangat penghambaan hanya kepada Allah. Spirit tauhid ini pun sekaligus akan membangkitkan perlawanan terhadap segala bentuk perbudakan/penghambaan atas sesama manusia, termasuk penjajahan atas segala bangsa. Inilah yang tampak dari kalimat Rub’i bin ‘Amir kepada panglima Persia, Rustum:

Iyamo di’e kalima’ tauhi’. Mua’ tauhi’ dioi dada umma’ di’e mapaccing anna marandang, mane iya dissang na mettokko pole di’o marandang toi, maka tauhi’ di’o namappara’bue’i sumanga’ massomba sangga’ tipolo lao di Puang Allahu Ta’ala. Sumanga’ tauhi’ di’e na mappabangki’ mambaliang lao di marrupa-rupa tokko batua/passomba lao di paranna rupa tau, lalang tomi panjaja di baona marrupa-rupa bangsa. Iyamo di’e iya latto pole pau-paunna Rub’i bin ‘Amir lao di panglimana Persia, Rustum:

This is the sentence of monotheism. If monotheism in the heart of this ummah is pure and clear, then the understanding that is formed from it is also clear, then monotheism will awaken a spirit of servitude only to Allah. This monotheistic spirit will at the same time raise resistance against all forms of slavery/servitude to fellow human beings, including colonization of all nations. This is what appears from Rib'i bin 'Amir's sentence to the Persian commander, Rustum:

اللهُ اِبْتَعَثَنَا لِنُخْرِجَ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادَةِ الْعِبَادِ إِلَى عِبَادَةِ اللهِ، وَ مِنْ ضَيْقِ الدُّنْيَا إِلىَ سِعَتِهَا، وَ مِنْ جُوْرِ اْلأَدْيَانِ إِلَى عَدْلِ اْلإِسْلاَمِ. فَأَرْسَلَنَا بِدِيْنِهِ إِلَى خَلْقِهِ لِنَدْعُوْهُمْ إِلَيْهِ. فَمَنْ قَبِلَ ذَلِكَ قَبِلْنَا مِنْهُ وَ رَجَعْنَا عَنْهُ. وَ مَنْ أَبَى قَاتَلْنَاهُ حَتَّى نَفِيءَ إِلَى مَوْعُوْدِ اللهِ

“Allah telah mengirim kami untuk mengeluarkan (memerdekakan) siapa saja yang Dia kehendaki dari penghambaan kepada sesama manusia menuju penghambaan hanya kepada Allah; dari sempitnya dunia menuju keluasannya; dari kezaliman agama-agama yang ada menuju ke keadilan Islam.” (Ibn Jarir at-Thabari, Taariikh al-Umam wa al-Muluuk, 3/520; Ibn Katsir, Al-Bidaayah wa an-Nihaayah, 7/39).

“Puang Allahu Ta’ala purami makkiring iyami’ untu’ mappasung (mappamerdeka) inai-inai Iya napomelo’ pole mappabatua lao di paranna rupa tau lao di mappasomba sangga’ lao di Puang Allahu Ta’ala; pole masikki’na lino lao amalowanganna; pole agau’ bawang agama-agama iya diang lao di keadilan Asallangan.” (Ibn Jarir at-Thabari, Taariikh al-Umam wa al-Muluuk, 3/520; Ibn Katsir, Al-Bidaayah wa an-Nihaayah, 7/39).

Allah has sent us to expel (liberate) whoever He wills from servitude to fellow human beings to servitude only to Allah; from the narrowness of the world to its vastness; from the tyranny of existing religions towards Islamic justice.” (Ibn Jarir at-Thabari, Taariikh al- Umam wa al-Muluuk, 3/520; Ibn Katsir, Al-Bidaayah wa an-Nihaayah, 7/39).

Inilah spirit Islam. Spirit ini muaranya ada pada kalimat tauhid, “Laa Ilaaha illaalLaah, Muhammad RasuululLaah” (Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah).

Iyamo di’e sumanga’ Asallangan. Sumanga’ di’e pippoleangna dio di kalima’ tauhi’, “Laa Ilaaha illaalLaah, Muhammad RasuululLaah” (Nandiang iya maka di somba sanga’dinna Allah Ta’ala anna Muhammad di’o suro-Na).

This is the spirit of Islam. This spirit boils down to the sentence of monotheism, "Laa Ilaaha illaallaah, Muhammad Rasuulullaah" (No one has the right to be worshiped except Allah and Muhammad is the Messenger of Allah).

Hadirin jamaah jumah rahimakumullah,

Inggannana to pole ma’bareJama’ (ma’aJuma’) na’ammasei Puaŋ Allahu Taala

Attendees of the congregation Friday Rahimakumullah,

Kewajiban kita bersama untuk bertafakur menyertai rasa syukur. Mari kita bertanya kepada diri kita: sudahkah hakikat dan prinsip-prinsip kemerdekaan hakiki menurut ajaran Islam, seperti yang dikemukakan oleh Ruba’i bin Amir di atas, telah kita dapatkan?

Awajibatta’ siola-ola untu’ miatafakkur siola miasukkur. Inggai mittule’ tama di batang alaweta’: purawandimo hakikinna anna prinsip-prinsip kemerdekaan hakiki sesuai’i ajaranna Asallangan, rapang iya pura napalambi’ i Ruba’i bin Amir diwao, purami dipialai?

It is our responsibility to meditate which accompanies gratitude. Let us ask ourselves: Have we obtained the essence and principles of true freedom according to Islamic teachings, as stated by Rib'i bin ‘Amir above?

Jika belum, menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan kemerdekaan hakiki itu. Jika perjuangan dulu bertujuan untuk merebut kemerdekaan dari penjajahan fisik, kini diperlukan perjuangan baru untuk membebaskan umat dari penjajahan ideologi Kapitalisme-sekuler, hukum jahiliyah, ekonomi kapitalis, budaya dan segenap tatanan yang tidak islami.

Mua’ andiangpai, minjari tugasta na mappa’dupa kemerdekaan hakiki di’o. Mua’ perjuanganna to diolo’ta tujuanna untu’ nama’ala kemerdekaan pole panjaja pisi’, dite’e diparalluani sumanga’ baru na mappasalama’ umma’ pole di panjaja ideologi Kapitalisme-sekuler, atorang jahilia, ekonomi kapitalis, budaya anna segenap tatanan iya andiang islami.

If not, it is our collective duty to realize this true independence. If the people's struggle in the past was aimed at gaining independence from physical colonialism, now a new struggle is needed to liberate the people from colonialism from the ideology of secular-Capitalism, ignorance laws, capitalist economy, culture and all un-Islamic orders.

Setelah itu, kita wajib berjuang untuk menegakkan tatanan masyarakat dan negara yang benar-benar bertumpu pada prinsip-prinsip tauhid. Tatanan tersebut tidak lain adalah tatanan yang diatur oleh aturan-aturan Allah atau syariah Islam. Inilah kemerdekaan hakiki dalam pandangan Islam.

Di puranna di’o, ita’ di’e waji’i mattongattongan makke’deang lao masyaraka’ anna negara iya mi’olo lao prinsip tauhi’. Tatanan di’o nandiang laengna iyamo tatanang iya na’ator pole di atorangna Puang Allahu Ta’ala atau syari’a Asallangan. Iyamo di’e kemerdekaan hakiki lalang Asallangan.

After that, we must fight to uphold the order of society and the state which truly rests on the principles of monotheism. This order is none other than the order governed by Allah's rules or Islamic sharia. This is true freedom in the Islamic view.

Dengan demikian, bangsa dan negeri ini bisa dikatakan benar-benar meraih kemerdekaan hakiki ketika mereka mau tunduk sepenuhnya kepada Allah. Menaati seluruh perintah dan larangan-Nya. Caranya dengan melepaskan diri dari belenggu ideologi dan sistem sekuler yang bertentangan dengan tauhid seraya menegakkan sistem Islam secara total.

Jari, bangsa anna negeri di’e malai dipauangan tongattongani ma’appunnai kemerdekaan iya hakiki mua’ ise’iya melo’ tunru’ kalepu lao di Puang Allahu Ta’ala. Tunru’ lao di inggannana pesio anna pepusara-Na. Carana mallappasang batang alawe pole ideologi anna atorang sekuler iya sillaengan lao tauhi na makke’deang atorang Asallangan kalepu-inggannana .

Thus, this nation and country can be said to have truly achieved true freedom when we are willing to submit completely to God. Obey all His commands and prohibitions. This is done by breaking free from the shackles of ideology and secular systems that are contrary to monotheism while upholding the Islamic system in total.

[]

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

KHUTBAH II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post