Muhammad Rosid Ridho, S.Pd.I, M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hidup itu UJIAN

Hari ini adalah hari kedua SMPN 2 Tawangsari melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk kelas 7 - 8 dan Ulangan Akhir Semester (UAS) untuk kelas 9.

Di saat yang sama, sekolah ini juga menjadi tempat pelakaanaan ujian tertulis seleksi perangkat desa se-kecamatan Tawangsari. Antusiasme masyarakat dalam recruitment ini cukup tinggi. Pasalnya, ujian tertulis ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta.

Melihat hal ini, sekejap aku merenung. Hidup itu selalu dihadapkan dengan ujian-ujian. Anak sekolah dihadapkan dengan beragam ujian (UH/PH, UTS, UAS/PAS, US/USBN, UN/UNBK) untuk mengukur hasil belajar peserta didik setelah melakukan proses kegiatan pembelajaran dalam rentang waktu tertentu. Calon mahasiswa diuji terlebih dahulu sebelum dinyatakan sebagai mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

Mahasiswa pada semester akhir diuji kompetensinya melalui ujian skripsi/tesis/disertasi oleh sejumlah dosen sebelum dinyatakan lulua dan mendapat gelar sarjana/magister/doktor. Seorang pelamar kerja akan melalui bermacam tahapan ujian untuk mengetahui layak/tidak layak ia menduduki posisi tertentu dalam sebuah pekerjaan.

Lantas, siapakah yang tidak melewati ujian? Jawabnya tidak ada. Sebab, hidup adalah ujian. Yah, ujian keimanan. Siapapun yang hidup di dunia ini pada hakekatnya sedang diuji keimanannya.

Dengan adanya berbagai kesulitan dan godaan hidup, kita diuji agar diketahui seberapa besar usaha kita untuk menjaga keimanan ini. Pun demikian, dengan adanya perintah dan larangan dari Allah.

Mengingat peran hidup di dunia sebagai moment ujian, maka sifatnya tidaklah abadi, bahkan sangat singkat. Meskipun demikian, hasil dari ujian kehidupan di dunia ini sangat menentukan kehidupan di akherat yang abadi.

Mari kita selesaikan ujian ini dengan sebaik-baiknya. Semoga pada saatnya nanti kita bisa khusnul khotimah, pertanda dimulainya kehidupan yang bahagia di alam haqiqi nan abadi.

12 Desember 2017

Kang Rosyid

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post