Best Practice Refleksi kegiatan PPL ke 1 dan PPL ke 2
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Oleh Muhammad sapri, S.Pd
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
MTs GUPPI GUNTURU Kec. Herlang Kab. Bulukumba sulawesi selatan
Lingkup Pendidikan
Madrasah Tsanawiyah / Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai
- Aksi PPL Siklus Ke-1:
Dengan menggunakan pendekatan STEAM, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media dan alat/bahan pembelajaran yang inovatif (PPT) dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam menjelaskan pengertian Teks Iklan, Slogan,Poster.
- Aksi PPL Siklus Ke-2:
Dengan menggunakan pendekatan STEAM model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media gambar atau video dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis dan menyimpulkan teks Iklan , Slogan, Poster.
Penulis
MUHAMMAD SAPRI, S.Pd
Tanggal
Rabu, 02 November 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dalam praktik ini
1. Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik
2. Rendahnya keterampilan menulis peserta didik
3. Rendahnya keterampilan membaca pada peserta didik
4. Peserta didik kurang memiliki motivasi dalam belajar
Praktik ini penting untuk dibagikan karena berbagai alasan:
1) Untuk menunjukkkan praktik baik yang sudah dilakukan kepada pendidik lain
2) Berbagi pengalaman kepada orang lain tentang model-model dan media inovatif yang diterapkan dalam pembelajaran
3) Memotivasi pendidik lain untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat rancangan RPP beserta lampiran lampirannya seperti bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian (evaluasi). Setelah rancangan dibuat kemudian melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang dibuat.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan tersebut adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah, kurangnya sumber atau bahan ajar yang dimiliki, kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran, kemampuan peserta didik dalam memahami materi dan menyampaikan/mempresentasikan hasil kerjanya, kurangnya sikap kerja sama dan saling menghargai antar teman, serta keaktifan peserta didik dalam pembelajaran baik secara mandiri ataupun kelompok.
Pihak yang terlibat dalam PPL aksi 1 dan 2 yaitu :
1. Saya selaku Guru yang menjadi fasilitator dan pemberi arahan kepada peserta didik,
2. Peserta didik, sebagai sentral dalam proses pembelajaran;
3. Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses PPG dari awal mengidentifikasi masalah hingga melaksanakan PPL;
4. Kepala sekolah yang telah memberi izin dan dukungan melaksanakan kegiatan PPG terkhusus dalam praktik PPL;
5. Guru/rekan sejawat/ rekan mahasiswa PPG yang telah memberi dukungan dan saran untuk kelancaran kegiatan PPL, serta rekan yang membantu pendokumentasian kegiatan PPL.
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:
1. Mempersiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran.
2. Memastikan koneksi internet bagus sehingga dapat online dengan Dosen dan Guru Pamong.
3. Mendapatkan izin dari Kepala Madrasah, Wakasek Bidang Kurikulum, dan teman guru.
4. Mencari bahan ajar yang dapat mendukung materi yang akan disampaikan.
5. Menentukan metode, model, dan media yang akan digunakan dalam perangkat pembelajaran.
6. Menyusun perangkat pembelajaran yang mendukung.
Strategi yang digunakan dalam menghadapi tantangan yang terjadi yaitu dengan menyusun model, metode, dan media yang mendukung proses pembelajaran. Dalam kegiatan ini pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics) dan mengunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).
Pendidik sebagai fasilitator dan peserta didik sebagai objek utama terlibat dalam proses pembelajaran. Rekan guru sebagai kameramen berperan dalam pengambilan video yang tepat.
Sumber yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran didapatkan secara offline dan online. Secara offline pendidik mengarahkan peserta didik mencari informasi berkaitan dengan materi dengan membaca materi yang akan diajarkan dari buku paket yang dimiliki. Secaa online pendidik mengarahkan peserta didik mencari informasi yang berkaitan dengan materi dari media-media online dari google dan materi yang disajikan pendidik di clasroom, serta informasi-informasi yang diperoleh dari youtube. Informasi yang diperoleh peserta didik dihari sebelumnya dapat menjadi gambaran materi yang akan dipelajari.
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan hasilnya efektif dan dapat dilihat dari:
1. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning dengan pendekatan STEAM membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering digunakan. Hal ini terlihat dari indikator keaktifan peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan model PBL dan
2. Pemilihan metode yang bervariatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dari kegiatan peserta didik saat pembelajaran.
3. Pemahaman dan keberhasilan pendidik dalam belajar teks Iklan, Slogan, Poster bisa dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik di atas KKM
4. Peserta didik dapat menyampaikan pendapat mereka dengan bahasa yang baik dan benar serta tidak ragu dalam menyampaikan pendapat. Peningkatan keterampilan menyelesaikan masalah peserta didik juga meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari LKPD yang telah dikerjakan peserta didik.
5. Peserta tidik dapat menyelesaikan permasalahan dalam forum diskusi
Hasil efektif/ tidak efektif dan alasan :
Hasil kegiatan cukup efektif, efek yang didapatkan setelah kegiatan aksi pertama dan kedua adalah motivasi siswa dalam belajar sedikit meningkat dengan penggunaan teknologi (PPT yang menarik dan pemutaran video film pendek), hasil belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL)
Respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini
1. Respon yang dari Kepala madrasah sangat positif karena menggunakan variasi model dan metode yang dalam pembelajaran.
2. Rekan sejawat juga sangat mendukung dan mereka juga ingin melakukan kegiatan pembelajaran dengan variasi model pembelajaran karena menerut mereka kegiatan itu dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi peserta didik.
3. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang dan berantusias dalam pembelajaran Iklan, Slogan, Poster. bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.karena sebagian peserta didik suka menonton dengan video yang di putar dalam layar.
Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :
1. Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran
2. Situasi dan kondisi sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL Aksi Ke-1 dan Ke-2.
3. Dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL Aksi Ke-1dan 2.
4. Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan. Ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
5. Pengambilan video pada saat pelaksanaan proses pembelajaran PPL Aksi Ke-1 sudah maksimal tapi dalam pengeditannya kurang maksimal
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :
1. Membutuhkan kesabaran bagi guru yang bertindak sebagai fasilitator untuk memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran.
2. Keterampilan yang diperoleh dalam proses pembelajaran, Berpikir kritis (Critical Thinking) Pada saat peserta didik mengamati video Iklan, peserta didik dapat menjelaskan informasi dan makna dari teks iklan tersebut.
3. Komunikasi (Communication) peserta didik menuliskan hasil diskusinya ke LKPD, mereka berdiskusi untuk menyamakan hasil yang akan ditulis dari kesepakatan kelompok tersebut.
4. Kolaborasi (Collaboration) Peserta didik harus berkolaborasi dengan anggota kelompoknya untuk menyelesaikan tugas dalam mengidentifikasi makna dan tujuan informasi dari iklan, Slogan, Poster.
5. Pembelajaran yang dapat diambil dari proses kegiatan yang sudah dilakukan guru adalah guru perlu menganalisis permasalahan yang dialami peserta didik, mencari alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pendidik harus lebih aktif dan inovatif dalam menentukan dan memilih metode-metode pembelajaran serta model pembelajaran agar proses pembelajaran di kelas lebih menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar