Mulik Siswandani

Mulik Siswandani, S.Pd. lahir di Jember, 17 Maret 1981. Profesinya adalah guru Bahasa Indonesia di MTsN 1 Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web

HEMPASKAN MAGER (MALES GERAK) YUK BEROLAHRAGA DAN BERKARYA

HEMPASKAN MAGER (MALES GERAK)

YUK BEROLAHRAGA DAN BERKARYA

Oleh: Mulik Siswandani

Kesehatan merupakan unsur utama dalam hidup, jika badan kita sehat maka fikiran kita juga akan sehat. Keduanya saling mendukung dan mempengaruhi satu sama lain. Sehat jasmani dan Rohani merupakan modal utama dalam meraih kesuksesan. Mental atau Rohani yang buruk, menghambat fisik untuk melakukan gerak atau aktivitas seperti yang diinginkan, sebaliknya mental yang kuat akan mampu mengatasi masalah yang dihadapi hingga menemukan solusi yang tepat.

Sehat jasmani merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi supaya tubuh dapat melakukan aktivitas dengan baik, sehingga segala kegiatan dapat terselesaikan tanpa merasakan capek yang berlebihan. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang Kesehatan jasmani dan Rohani yakni dengan berolahraga.

Berolahraga tidak perlu yang mahal, banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan sehat, berenang, voli, bersepeda, bulutangkis, senam aerobik maupun yang lainnya. Jenis olahraga yang dilakukan haruslah menyesuaikan dengan kemampuan fisik seseorang. Durasi olahraga yang baik yakni yang dilakukan setiap hari minimal 15-30 menit per hari. Berolahraga rutin setiap hari dapat meningkatkan efektivitas Kesehatan jasmani dan Rohani.

Beberapa manfaat berolahraga yakni:

1. Mengurangi kolesterol dalam darah

2. Membakar kalori dalam tubuh

3. Menyehatkan jantung

4. Mencegah obesitas

5. Mengurangi stress

6. Mengurangi resiko terkena Diabetes Melitus

7. Menguatkan tulang, sendi dan otot.

Nah, ternyata banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan berolahraga. Ada pepatah mengatakan “Men Sana In Corpore Sano” yang maknanya bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga.

Bagaimana menjaga Kesehatan Rohani?

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli bahwa membaca dan menulis dapat bermanfaat mencegah kepikunan. Dengan rajin membaca dan menulis maka Kesehatan otak akan tetap terjaga, sehingga seseorang dapat terhindar dari resiko pikun saat tua. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan konsisten menghasilkan sebuah karya maka otak akan berkembang, sehingga meminimalisir timbulnya stress. Salah satu contoh yang pernah saya alami yakni saat pikiran ruwet dengan berbagai persoalan hidup, saya berusaha refreshing sejenak dengan cara berolahraga renang. Setelah selesai renang pikiran jadi Fress, rileks. Setelah rileks saya coba untuk menuangkan pikiran dengan menulis puisi. Nah puisi tersebut kemudian saya kumpulkan dan saya bukukan, sehingga menjadi antologi puisi. Dengan menghasilkan karya Buku Atologi Puisi tersebut saya tidak menyangka dan mengira, ini mimpi apa nyata. Disinilah kita bisa merasakan kebahagiaan yang tak bisa dinilai dengan rupiah. Intinya jangan “Mager (Males Gerak)” yuk berolahraga dan berkarya, agar hidup Bahagia.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga Kesehatan jasmani dengan Berolahraga sedangkan untuk menjaga Kesehatan Rohani dengan rajin membaca dan menulis untuk menghasilkan sebuah karya.

Naik delman ke pasar membeli cempedak

Cempedak dikupas banyaklah isinya

Jangan pernah Mager males untuk bergerak

Semangat Berolahraga dan berkarya agar Bahagia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post