Mulik Siswandani

Mulik Siswandani, S.Pd. lahir di Jember, 17 Maret 1981. Profesinya adalah guru Bahasa Indonesia di MTsN 1 Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web
JANGAN TAKUT BERKARYA UNTUK MEMOTIVASI SESAMA

JANGAN TAKUT BERKARYA UNTUK MEMOTIVASI SESAMA

JANGAN TAKUT BERKARYA UNTUK MEMOTIVASI SESAMA

Oleh: Mulik Siswandani

Untuk mewujudkan dan menghasilkan suatu karya bukanlah hal yang mudah, butuh perjuangan dan kerja keras. Butuh waktu serta pemikiran yang matang sehingga karya yang dihasilkan bernilai baik dan memberikan manfaat. Seperti hal nya yang pernah saya alami, tak pernah terbersit sedikitpun bahwa saya akan bisa menghasilkan karya seperti puisi, esai, cerpen itu semua karena niat dan juga dorongan dari sahabat penulis di media guru. Seperti pepatah mengatakan di mana ada niat disitu pasti ada jalan. Berkarya tidak terbatas pada ruang menulis saja, banyak hal lain yang bisa dihasilkan seperti menghasilkan karya cipta lagu, naskah drama, alat peraga yang inovatif, serta bisa mengantarkan peserta didik menjadi sang juara dalam ajang kompetisi sains, seni maupun olahraga merupakan hasil karya guru yang kreatif.

Suatu karya akan bernilai baik apabila bisa memberikan manfaat untuk dirinya sendiri, maupun linkungan sekitar dan lebih-lebih untuk Masyarakat luas. Namun demikian, dalam menghasilkan sebuah karya pasti banyak lika-liku hambatan yang dialami. Sama seperti halnya yang pernah saya alami, untuk menghasilkan sebuah tulisan yang bagus, pasti harus banyak berlatih dan membutuhkan waktu luang untuk berpikir dan berimajinasi. Belum lagi terbentur dengan kegiatan wajib yakni sebagai pendidik dan sekaligus ibu rumahtangga yang waktunya banyak tersita. Namun hal itu tak menyurutkan niat yang sudah membara bahwa target menghasilkan karya tulisan harus segera diselesaikan. Butuh manajemen waktu yang tepat, sehingga tugas sebagai pendidik dan sekaligus sebagai ibu rumahtangga tidak terlalaikan.

Motivasi dari lingkungan sekitar juga memberikan efek besar untuk menghasilkan karya. Alhamdulillah motivasi dari pimpinan yang cukup besar mampu memberikan energi positif bagi saya dan juga teman sekantor, sehingga beberapa teman saya termotivasi untuk terus berkarya, salah satu nya melalui ajang lomba menulis di Media Gurusiana yang diselenggarakan setiap bulan mampu membius guru-guru untuk selalu berkarya melalui tulisannya. Bapak Syaiful Anwar selaku Kepala MTs Negeri 1 Jember tidak hanya memotivasi, beliau juga memberikan reward berupa sertifikat guru berprestasi bagi guru-guru yang berhasil menang dalam lomba menulis di Media Gurusiana. Reward tersebut diberikan pada saat upacara sehingga momen tersebut dapat membius guru yang lain yang belum menulis. Bukan hanya guru yang termotivasi untuk ikut menulis, siswa MATASA juga demikian, mereka berlomba-lomba ikut lomba menulis di Media Gurusiana.

Tak sebatas pada lomba menulis di Media Gurusiana saja, salah satu siswa kami yang beberapa kali berhasil menjadi juara menulis mencoba mengikuti ajang lomba MYRES yakni ajang lomba Madrasah Young Research Tingkat Nasional atau Lomba Karya Tulis Ilmiah Madrasah . Alhamdulillah…usaha tak kan mengkhianati hasil, siswa kami berhasil sebagai finalis 10 besar MYRES Tingkat nasional. Berkat kerja keras melalui bimbingan dari Bapak Ibu guru dan juga usaha maksimal dari siswa kami, tak mungkin dapat meraih kejuaraan tersebut.

Jangan pernah lelah untuk berkarya, dan jangan pernah takut untuk menghasilkan karya, gagal dan salah adalah hal biasa dalam proses berkarya, dari kesalahan itulah kita bisa memperbaiki diri dan belajar. MAN JADDA WA JADA…SIAPA YANG BERSUNGGUH SUNGGUH PASTI BERHASIL.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

MAN JADDA WA JADASIAPA YANG BERSUNGGUH SUNGGUH PASTI BERHASIL. Mantap

17 Jan
Balas

Mantap semoga lolos pemenang

17 Jan
Balas

Trims Bunda Risma

17 Jan
Balas



search

New Post