Mulik Siswandani

Mulik Siswandani, S.Pd. lahir di Jember, 17 Maret 1981. Profesinya adalah guru Bahasa Indonesia di MTsN 1 Jember....

Selengkapnya
Navigasi Web

SAMBUT TAHUN AJARAN BARU DENGAN INOVASI BARU

SAMBUT TAHUN AJARAN BARU DENGAN INOVASI BARU

Oleh: Mulik Siswandani

Kegiatan Pembelajaran Tahun Ajaran 2023/2024 sudah berjalan kurang lebih 6 pekan. Tentunya untuk memulai kegiatan pembelajaran sebagai pendidik sudah menyiapkan perangkat Pembelajaran sebagai acuan. Tak kalah pentingnya juga sebagai pendidik harus menyiapkan Metode maupun strategi Pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karater peserta didik.

Berbagai trik jitu harus disiapkan oleh pendidik terkait materi yang akan disampaikan sehingga siswa mampu memahami materi yang akan diterima. Salah satu contoh pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII MTs semester 1 Kurikulum Merdeka terdapat materi tentang Teks LHO ( Teks Laporan Hasil Observasi ). Sebagai pendidik saya harus mempersiapkan inovasi baru dalam memaparkan materi tersebut agar siswa mampu menyerap materi tersebut.

Sebelum masuk ke materi, siswa saya ajak untuk melakukan observasi sarana dan prasarana yang ada di lingkungan madrasah, seperti perpustakaan, Lab. IPA, Lab. Komputer, GreenHouse, Wahana seni, maupun sarana yang lain. Mereka mencatat hal-hal yang terkait dengan sarana tersebut misalnya di Green House siswa menemukan apa saja yang ada di dalamnya yakni, kegunaan green house, jenis tanaman yang ada di Green House, kemudian untuk memperkuat hasil temuannya mereka melakukan wawancara pada petugas selaku penanggung jawab sarana Green House.

Setelah melakukan kegiatan observasi, mereka saya suruh presentasi hasil kegiatan yang telah dilakukan, siswa yang lain menyimak dan menanggapi hasil presentasi, kemudian memberikan saran dan masukan barangkali ada hal yang belum dipaparkan. Nah, dari sini kegiatan pembelajaran semakin asyik dan menarik, siswa pun paham tentang pengertian teks laporan Hasil observasi yang bisa digali dari pengalamannya sendiri.

Untuk itu sebagai pendidik seyogyanyalah kita harus berinovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan tetap semangat menerima materi pembelajaran. Selain itu, guru harus memiliki keterampilan yang sesuai zamannya agar dapat beradaptasi. Kegiatan Pembelajaran akan semakin menarik dan berisi apabila guru mampu berinovasi dan kreatif mengaplikasikan tekhnologi.

Sebagai pendidik saya merasakan betapa pentingnya penguasaan tekhnologi, dimana dengan perkembangan dan kemajuan tekhnologi dapat memberikan kemudahan bagi saya untuk mencari sumber pembelajaran. Seperti halnya yang saya rasakan saat saya memberikan materi pembelajaran yang terkait dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia misalnya materi Teks Berita, saya tampilkan contoh berita terupdate di internet, kemudian siswa menyimak dan menemukan informasi dari teks berita tersebut. Dengan memanfaatkan tekhnologi sebagai media pembelajaran siswa semakin antusias. Contoh lainnya saat menyampaikan materi teks drama di kelas 8, saya tampilkan contoh drama yang telah dipentaskan oleh kakak kelas dan di youtubkan, mereka sangat antusias menyimak tokoh yang diperankan hingga selesai, kemudian secara berkelompok anak-anak diberi tugas untuk menampilkan drama yang telah dibuat dan di youtubkan, ternyata hasil praktek mementaskan naskah drama sangat bagus sekali. Dengan demikian bahwasanya pemanfaatan tekhnologi sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran, siswa semakin aktif dan kreatif.

Penerapan media pembelajaran dengan memanfaatkan tekhnologi benar-benar dirasakan berbeda oleh siswa, mereka semakin antusias. Seperti halnya saat kita menggunakan tekhnologi sebagai sarana pembelajaran, kegiatan penilaian dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Quizizz, kahoot siswa semakin antusias karena siswa turut berinteraksi dengan guru melalui ponselnya. Aplikasi tersebut dapat dengan mudah digunakan dan mengasyikkan, dengan syarat perangkat ponsel harus tersedia akses internet. Saat aplikasi ini saya terapkan, siswa semakin tertantang dan antusias. Hal ini juga berdampak pada hasil penilaian siswa yang mengalami peningkatan yang signifikan ketika dilakukan penilaian dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Jalan – jalan ke Kota Batu

Jangan lupa membeli kripik Nangka

Mari kita sambut Tahun Ajaran Baru

Dengan Inovasi Baru yang luar biasa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post