Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akreditasi Kadaluarsa

Akreditasi Kadaluarsa

Apa itu akreditasi? Akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu mempenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Akreditasi proses penilaian atau evaluasi mutu suatu institusi oleh tim ahli (yang disebut asesor) yang berdasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan.

Akreditasi dilakukan atas instruksi dari badan independen di luar institusi yang hasilnya berupa pengakuan terhadap suatu institusi telah memenuhi standar yang ditetapkan. Akreditasi dilakukan secara berkala dan berkesinambungan untuk menetukan apakah sebuah institusi layak beroperasi ataukah tidak. Jadi akreditasi sekolah merupakan pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Adapun penilaian akreditasi yaitu A (Amat Baik) dengan rentang nilai 86 – 100. Akreditasi B (Baik) dengan rentang nilai 71 – 85. Akreditasi C (Cukup) dengan rentang nilai 56 – 70. Kemudian saat pandemi selama dua tahun 2021 s.d 2022 kegiatan akreditasi terkendala kegiatan tatap muka sehingga akreditasi pun dilakukan secara daring.

Kemudian muncul istilah penilaian akreditasi yaitu kadaluarsa. Apa itu nilai akreditasi Kadaluarsa? Sekolah/madrasah yang belum di akreditasi karena belum/tidak melakukan upload berkas dan pengisian secara daring dan belum mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) dan Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SISPENA). Lalu apakah akreditasi tempat bapak/ibu guru bertugas? Semoga saja tidak termasuk kategori kadaluarsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insyaa Allah, sekolah kami tahun depan akreditasi lagi.

14 Jan
Balas

mantap ulasannya, semoga sukses

11 Feb
Balas

Alhamdulillah akreditasi madrasah saya masih tiga tahun lagi pak

07 Feb
Balas

Di lembaga kami masih tahun depan pak

14 Jan
Balas

Salam sukses

04 Feb
Balas

Mantap ulasannya, pak. Salam kenal!

31 Jan
Balas

Mantap ulasannya.

13 Feb
Balas

Mantap ulasannya Pak Guru

10 Mar
Balas



search

New Post