Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa itu Numismatik?
Tribun

Apa itu Numismatik?

Setiap orang dibesarkan di dengan latar belakang yang berbeda. Keluarga, tingkat pendidikan, teman sepermainan, dan lingkungan masyarakat sangat berpengaruh. Kemudian membentuk karakter, sikap, termasuk perilaku, tujuan hidup, cita-cita bahkan hobi yang dipilihannya.

Hobi merupakan kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Hobi dapat diartikan sebagai kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama

Kemudian muncul salah satu hobi mengumpulkan uang kuno yang di sebut numismatik. Numismatik adalah suatu kegiatan mengumpulkan benda-benda terkait uang, seperti uang kertas, uang koin, token, dan benda-benda terkait lainnya yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat.

Numismatik mempelajari antara lain, sejarah mata uang, cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut, dan sebagainya.

Koleksi numismatik tidak terbatas pada uang lama atau kuno tetapi termasuk uang yang sedang berlaku saat ini. Meskipun kebanyakan koleksinya memang berupa uang lama atau kuno.

Koleksi numismatik bisa berasal dari berbagai negara dan masa peredaran. Masyarakat umum mengenal numismatik sebagai hobi mengoleksi uang kuno. Orang yang berkecimpung dalam dunia numismatik disebut numismatis. Apakah Anda tertarik dengan hobi numismatik?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

22 Oct
Balas

tertatik, banyak hal yang bisa didapat dari hobi yang unik itu... Terimakasih pak, atas Ulasanya, salam Literasi...

22 Oct
Balas

Uang jadul tetap berlaku

22 Oct
Balas

ibu ibu hobi mengumpulkan uang, namun lebih tertarik dan menyenangkan saat membelanjakan uang tersebut. Salam sukses

30 Oct
Balas

Mantabb Pak..

28 Oct
Balas



search

New Post