Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa itu Takdir?

Apa itu Takdir?

Apakah Anda percaya dengan takdir? Sejatinya takdir itu sesuatu yang pasti terjadi. Apakah takdir itu ada yang bisa diupayakan untuk diubah? 

Pada konsep Islam takdir itu sebagai mana rukun Iman yang keenam yaitu beriman kepada Qada dan Qadar. Setiap Muslim wajib percaya serta meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT memiliki kehendak, ketetapan, dan keputusan atas semua makhluk-Nya.

Apa makna Qada dan Qadar itu? Makna Qada adalah sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT pada makhluk-Nya, baik berupa penciptaan, peniadaan, maupun perubahan terhadap sesuatu. Sedangkan Qodar maknanya adalah sesuatu yang telah ditentukan Allah SWT sejak zaman azali. Dengan demikian Qodar ada lebih dulu kemudian disusul dengan Qada.

Kematian itu adalah qada pasti terjadi. Permasalahannya kapan, dimana, dan bagaimana cara meninggalnya seseorang itu adalah qodar. Banyak cara orang itu meninggal dunia apa karena sakit, kecelakaan, bencana alam, wabah, bahkan bunuh diri sekalipun itulah qodar.

Secara medis supaya panjang umur hal yang dapat dilakukan yaitu jalani pola makan yang sehat, aktif bergerak, tidur cukup dan berkualitas, tidak merokok dan minum-minuman beralkohol, dan menghindari stress berlebihan.

Dalam Islam, supaya panjang umur beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu bersilaturahmi, bersedekah, berbakti kepada orang tua, serta berdoa meminta kepada Allah SWT agar diberi umur yang panjang. 

Sejatinya setelah mengikhtiarkan supaya panjang umur tinggal memetik hasil dari usaha tersebut tetapi tetap menyerahkan kepada Sang Pemilik Takdir Allah SWT.

Lalu apakah kematian itu bisa dipercepat? Bisa terjadi karena ketentuan-Nya atau kemauan si manusia untuk menjemput kematian seperti melakukan tindakan kejahatan kemudian di tembak polisi, mengebut di jalan saat berkendaraan, kapal laut mengangkut penumpang berlebihan, mengabaikan kerusakan pada pesawat terbang, dan melakukan tindakan bunuh diri. 

Sebagai manusia yang Allah SWT ciptakan sejatinya terus berupaya untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Terus berupaya melakukan yang terbaik untuk meraih sukses dunia dan meraih surga di akhirat kelak. Aamiin.

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

14 Sep
Balas

Terima kasih atas informasinya.

23 Jun
Balas

Terima kasih sudah folow saya

23 Jun
Balas

Takdir itu ketentuan Allah ya Pak.

04 Sep
Balas



search

New Post