Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sambal oh Sambal
Dokumentasi penulis

Sambal oh Sambal

Apakah Anda penikmat sambal? Sejatinya dalam dunia persambalan, sambal bisa dibuat mentah, dikukus, digoreng, bahkan dibakar. Ada pula kombinasi yaitu mentah lalu digoreng, direbus lalu digoreng, bahkan ada sambal mentah lalu di siram dengan minyak panas kemudian sambal bisa langsung dihidangkan.

Bahan utama sambal adalah cabe. Tinggal dipilih saja cabe jenis apa yang akan digunakan. Hal itu tentunya harus memperhatikan tingkat kepedasan dan karakteristik cabenya. Setelah bahan utama sudah tinggal bahan tambahan seperti bawang merah, bawang putih, sereh, daun jeruk, udang, buah belimbing wuluh, asem, mangga muda, kecombrang, terasi, gula merah, gula putih, garam, bahkan penyedap.

Sejatinya sambal karena membuatnya mudah bisa mencoba aneka macam sambal saat cocok bisa menjadi rekomendasi kuliner untuk di rumah bahkan jika memiliki usaha kuliner bisa mencantumkannya di menu hidangan.

Saat dikonsumsi sambal bisa dipadankan dengan nasi, sayur, ikan, tahu, tempe, ikan asin, aneka daging, bahkan aneka lalapan kukus/mentah.

Aneka kuliner zaman now resepnya sangat mudah didapatkan. Tinggal Googling ketika resep yang dicari sudah ditemukan catat bahan dan prosesnya lalu cari bahannya kemudian lakukan proses membuatnya mengikuti tahapannya. Terpenting tes rasa, jika kurang pas tinggal tambahkan bahan yang kurang sampai rasa pas sesuai selera.

Berikut ini bahan-bahan sambal yaitu:

1. Cabe rawit secukupnya

2. Bawang merah 4 siung

3. Sebatang sereh iris tipis-tipis

4. Daun jeruk iris-iris tipis

5. Belimbing wuluh 4 butir

6. Udang kupas kulitnya beri air jeruk nipis supaya tidak amis

7. Garam secukupnya

8. Gula putih/merah secukupnya

9. Terasi bakar/goreng

10. Jeruk limau ambil airnya dan buang bijinya

Caranya:

Sediakan cobek dan ulekan, masukan garam, terasi, gula, cabe, bawang merah, belimbing wuluh, lalu ulek Kasan, masukan daun jeruk, sereh, lalu goreng udang sampai matang, lalu angkat udang masukan ke cobek lalu ulek kasar. Siramkan minyak panas sisa mengoreng udang ke cobek lalu ulek lagi. Silahkan tes rasa. Jika sudah pas berikan perasan jeruk limau kemudian sambal siap di sajikan. Selamat mencoba dan menikmati enaknya sambal ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap enaknya

13 Aug
Balas

boleh dicoba nih

22 Oct
Balas



search

New Post