Mul yani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan di hari ke - 13 Etika Dalam Pergaulan

Sebagai makhluk sosial tentunya kita setiap hari bergaul, berkomunikasi, bersilaturrahmi, berinteraksi kepada semua orang. Semua aktivitas yang kita lakukan membutuhkan orang lain sebagai pelengkap kita menjalani kehidupan. Hubungan antar sesama ketika kita melakukan komunikasi tentu akan mendapatkan banyak manfaatnya entah itu sebagai doa yang di lantunkan, ataupun berupa suport yang di berikan kepada kita sendiri, teman kita maupun kepada orang lain. Setiap apapun dari sikap kita prilaku kita sehari - hari tak luput dari adanya komunikasi sebagai pemikiran untuk menyampaikan segala keinginan dan harapan yang hendak kita sampaikan.

Akan tetapi sebagai manusia biasa kita terkadang dalam pergaulan sehari - hari sering kali melakukan hal - hal yang tidak kita sadari bahwa apa yang kita lakukan melalui ekspressi bahasa tubuh yang kita tunjukkan terkadang membuat orang lain merasa tidak senang atau bahkan lawan bicara kita akan merasa tersinggung dan membuat rasa tak nyaman , hal ini akan menyebabkan lawan bicara kita secara tak langsung akan mengetahui apa sebenarnya yang kita pikirkan, baik itu apa yang kita sampaikan tidak bermakna atau kita tidak fokus dengan apa yang di katakan, bahkan apa yang kita katakan bagi orang yang mendengar tidak tertarik dan akan menganggap apa yang kita katakan sebetulnya itu tidak penting.

Nah, untuk itulah dalam pergaulan hidup kita sehari - hari ini akan kita jaga adab untuk bersopan santun kepada siapapun. sebagai pondasi hidup menggiring langkah - langkah dari kehidupan kita. Segala sesuatu tindak tanduk kita akan tercermin dari prilaku yang kita tunjukkan kepada sesama maupun teman. Melalui banyak hal yang kita lakukan ternyata di balik perkataan - perkataaan yang kita ucapkan dapat melukai hati seperti halnya terselip dari tatapan mata kita akan membuat hati seseorang atau lawan bicara kita akan tersinggung, apalagi ketika dia berbicara kita tidak menatap matanya, hal ini akan menjadikan seseorang menilai diri kita tidak baik dan tak punya sopan santun. untuk itu ketika berbicara tataplah mata lawan bicara kita karena dari melihat sorotan mata dapat di di ketahui apakah apa yang di ucapkan selaras dengan pemikiran, karena tatapn mata serta sorotan mata adalah cerminan hati seseorang.Ketika mengucapkan sesuatu yang penuh dengan kebohongan maka mata kita akan terlebih dahulu berbicara karena sorotan mata adalah sebetulnya kejujuran yang sesungguhnya. Setelah sekian puluh tahun dalam merambahnya usia seiring waktu kita semankin sadar bahwa dari pancaran sorotan mata akan tergambar dan seolah - olah mengatakan ada sesuatu yang sebenarnya dan sejujurnya ingin di katakan , mulai dari tatapan mata sampai pengaruhnya ke raut wajah seseorang akan terpancar kebohongan ataupun sebaliknya bicara tentang kejujuran.

Ada etika dalam kehidupan adab cara prilaku kita kepada orang lain harus benar - benar kita jaga terutama yang nenyangkut perasaan .Kalau perasaan seseorang sudah kita lukai berarti kita menzolimi orang lain. Dari keseharian yang kita jalani ini akan membuat kita semankin hari semankin banyak kesalahan yang kita perbuat dan ini terus berlangsung dan tidak kata sadari. Seperti ada hal - hal yang juga tanpa kita sadari seperti tanpa terasa ketika sedang berbicara sesuatu yang akan di bicarakan tentang tidak suka terhadap seseorang biasanya spontan cibiran dari bibir yang kita tunjukkan hal ini juga akan menyakiti hati seseorang yang ada di hadapan kita.

Bahasa tubuh kita yang melukai hati seseorang akan membawa kita ke jalan yang penuh dengan dosa karena lukanya hati seseorang akan membawa kita terus menerus melakukan kesalahan, meskipun sekecil apapun kesalahan tetap kesalahan, yang akan menumpuk serta hal ini otomatis menjadikan diri kita terus menerus menjauh dari rahmatnya Allah. Untuk itu marilah kita jadi orang - orang yang beruntung baik dunia maupun akhirat.

Jaga hatimu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post