Mulyati Bustamir

Bertugas di SDN Lebak Bulus 04, Cilandak, Jakarta Selatan. Hamba Allah yang masih sering khilaf. Lahir di Kerinci, merantau ke Jakarta untuk kuliah ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mau Ganti Nama

Ada kejadian yang lucu bagi orang lain, tapi tidak lucu bahkan membuat malu, bagi yang melakukannya walaupun sebenarnya tidak disengaja. Seperti kejadian hari ini.

Setiap hari Jum'at pagi sekolah tempatku mengajar mengadakan acara kultum, yang didahului dengan pembacaan ayat suci Alquran dan doa khatmul quran bersama-sama.

Dalam rangka menyambut tahun baru islam 1444Hijriah. Ada kegiatan membuat poster menyambut bulan Muharram yang diselenggarakan seminggu lalu. Setiap kelas akan dipilih satu orang pemenang poster. Nah, pagi akan diumumkan pemenang lomba poster dari setiap kelas.

Pemenangnya diumumkan oleh guru agama islam, sebagai panitia penyelenggara kegiatan. Setelah diumumkan namanya masing-masing pemenang ke depan lapangan. Kelas 1 sampai kelas 4 telah diumumkan. Selanjut pengumuman kelas 5. "Pemenang kelas 5B adalah Ananda Muhammad Ridho, silakan ke depan," panggil pembawa acara.

Segera saja Muhammad Ridho kelas 4B maju ke lapangan dan Muhammad Ridho kelas 5B yang sudah bersiap maju, menghentikan langkahnya dan segera duduk kembali. Saya sebagai wali kelas 4B maju dan konfirm ke Pak Guru yang mengumumkan. "Kata beliau biarkan saja," ya sudah yang penting saya sudah berusaha konfirmasi.

"Aku sebel dengan namaku, jadi pengen ganti nama," kata Ridho. Saat itu penjelasan tentang mencintai apapun yang ada pada diri sendiri. Termasuk tampilan fisik seperti tinggi badan, warna kulit, bentuk muka, hidung alis dan mata serta yang lainnya. Nama yang diberikan oleh orang tua juga hal yang harus kita terima dan hargai.

"Hadiahnya diambil lagi bu," kata teman-temannya. Akhirnya Ridho jadi sadar bahwa Muhammad Ridho yang dimaksud bukan dirinya, karena nama lengkapnya Muhammad Ridho Fatrya.

"Tidak apa-apa Ridho, itukan kamu ga sengaja, Allah saja memaafkan jika kita tidak sengaja dan lain kali didengarkan dengan teliti ya," Saya berusaha menghiburnya dan sedikit menjelaskan.

Saya berusaha menghibur Ridho, yang sejak masuk kelas, sehabis acara kultum jadi lebih pendiam dan sedikit murung. Setelah istirahat barulah Ridho kembali seperti hari-hari sebelumnya.

Lebak Bulus

Jum'at, 5 Mei 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post