Munyati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Merawat ibu dengan penuh kasih sayang.(Tantangan menulis hari ke 5)

Tepat jam 11.30  saat saya  masih dalam perjalanan , menuju rumah , tiba-tiba ponsel berbunyi,  ternyata ada berita duka datang dari tetangga , bahwa orang tua Bu Neneng tetangga saya telah meninggal dunia. 

Dan ajakan teman di group WA sudah mulai di tawarkan untuk mengajak ta'ziah selepas shalat juhur, kata maaf saya tuliskan di jawaban WA group  .karena saya tak bisa ikut serta untuk ta'ziah bersama teman -teman tetangga. Karena masih di jalan. 

Sesampainya di rumah , saya cepat cepat berkemas untuk ta'ziah karena masih terlihat beberapa orang saja di depan rumah duka  .ternyata zenajah sudah di shalatkan dan di berangkatkan dan akan di makamkan di kampung halaman nya di Cirebon. 

Namun Bu Neneng dan beberapa keluarga nya tak ikut serta menghantarkan jenazah orang tua nya, hanya di wakilkan oleh keluarga laki-laki nya saja. 

Saat bertemu dengan Bu Neneng , saya peluk dan saya katakan bahwa saya ikut bela sungkawa dan bersyukur bahwa Bu Neneng telah mengurus orang tua yang sudah berumur 83 tahun. Sampai menghembuskan nafas terakhir nya.. 

Dalam mengurus orang tua , bukanlah masalah mudah untuk dijalani, banyak ujian yang harus dihadapi sang anak. Dan pekerjaan tersebut amatlah mulia di hadapan Allah.

Ada etika yang harus dijalani oleh seorang anak bila mereka memiliki orang tua , agar mereka mendapat ridho nya. Dan ketahuilah bahwa setiap 

Al Qur'an dan hadist banyak menjelaskan tentang berbakti kepada orang tua. Diantara  nya dalam Qur'an Suroh Al Isro ayat 23 Allah berfirman 

وقضي ربك ا لا  تعبدوا إلا إياه وبا الوالدين احسنا  ، أما يبلغن عندك الكبرأحدهماأوكلاهما فلا ثقل لهما أف ،ولا تظهر هما وقل لهما  قولا كرييما  ،  واحفض لهما جناه  الذل من الرحمة وقل رب ارحمهما كما ربياني صغيرا 

Dan telah diperintahkan oleh Tuhan mu , agar kamu jangan menyembah kecuali hanya kepada Nya (Allah ) dan kepada kedua orang tua hendaklah  kamu berbuat baik, jika sampai disini usia lanjut ,salah satu dari kedua nya atau kedua dua nya maka janganlah kamu mengatakan "ah " dan janganlahembentak kedua nya dan berkatalah kepada kedua nya perkataan yang muli. 

Dan rendahkanlah dirimu terhadap kedua nya dengan penuh kasih sayang, dan ucapkanlah " wahai Tuhan ku , sayangilah kedua nya sebagaimana mereka telah mendidik ku pada saat kecil. " 

Masa  tua . Adalah masa yang serba salah di hadapan anak.. mau menasehati anak, kadang anak merasa lebih pintar di bandingkan orang tua, 

Kadang orang tua tidak boleh melakukan pekerjaan apapun walau sekedar  pekerjaan ringan dengan dalih takut lelah. Padahal kalau orang tua hanya berpangku tangan mereka merasa tidak nyaman.. dan jenuh .

Fikiran orang tua    kembali seperti anak kecil. Untuk makan saja mau nya di suapi , mandi di layani, . Cepat tersinggung dan keinginan nya harus  selalu dikuti. Karena kita pun seperti itu saat kita masih kanak-kanak. 

Inilah yang sulit bagi sebagian anak untuk menjaga dan merawat nya . Padahal di balik itu semua bila kita ikhlash dan sabar menghadapi nya surga lah jaminan nya. 

الجنة تحت اقدام م الأمهات ;surga itu di bawah telapak kaki ibu. 

Berdoalah kepada Allah saat kita diberi skenario hidup yg indah dari Nya dan  telah memberi kesempatan untuk kita merawat dan menjaga kedua orang tua kita. Serta mintalah diberi kesabaran dan keikhlasan dari Allah dalam menghadapi nya. 

 

Cikarang 5 Januari 2022. 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post