Munyati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Menjaga hati (tantangan hari ke 3)

Setiap manusia memiliki hati, hati laksana komandan dalam tubuh manusia dan anggota badan adalah para prajurit nya.

Prajurit akan melaksanakan atas perintah sang komandan, begitulah gambaran hati seorang manusia.

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh imam Bukhori di katakan:

الا وان الجسد مضغة ، إذا صلحت صلح الجسد كله وإذا فسدت فسدالجسد كله الاا وهى القلب :

didalam sebuah jasad ada segumpal daging , jika ia baik maka akan baiklah seluruh jasad nya dan apabila ia rusak maka akan rusak lah jasad nya .ingatlah itu adalah hati ( jantung )

Jika hati itu baik .maka ia akan menghabarka keseluruh anggota badan nya agar melakukan amal baik. seperti berbicara yang baik , berjalan ke arah yang baik, berfikir positif dan tangan pun akan melakukan yang baik, karena hati nya memiliki iman sehingga hati selalu merasa di perhatikan oleh yang maha mengetahui , maha melihat ,maha mendengar yaitu Allah SWT .

Pemilik hati seperti ini memiliki kesabaran keikhlasan dan kekuatan iman, sehingga apapun yang ia lakukan hanya karena Allah semata .

Lain hal nya denga. Hati yang kotor , maka hati akan menghabarka kepada semua anggota badan nya untuk berkata kotor, berfikir buruk, berjalan ke arah yang salah, dan tangan pun akan melakukan sesuai komando hati.

Si pemilik hati seperti ini , hidup nya akan bimbang, galau dan akan berfikir negatif.

Celakalah bila telah memiliki hati semacam ini, hatinya kotor dan harus dibersihkan dengan banyak istigfar , karena hanya istigfar lah yang mampu membersihkan hati yang berkarat dengan kotoran.

Dengan beristigfar dia akan merasa bahwa selama ini dia telah terjebak oleh nafsu amarah yang membabi buta.

Dalam sebuah ayat Qur'an suroh Yusuf ayat 53 di katakan وما ابرئ نفسي أن النفس لإمارة بالسوء الا من رحم ربي ان ربي غفور الرحيم dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan) karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan , kecuali(nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhan ku , sesungguhnya Tuhan ku maha pengampun, maha penyayang

Semoga kita memiliki hati yang bening , dan mampu menjaga hati kita sebagai lentera hidup ini .

Cikarang 3.januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post