Leck Murman

(WA: 081225243227) (FB: Leck Murman) Pak Leck menghabiskan masa kecil di Desa Sidokumpul, Kecamatan Guntur. Sebuah desa kecil di wilayah Kabupaten Dem...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menulis Cepat

Latihan menulis bisa dilakukan dengan cara menulis cepat. Lho, kok?

Ya, ada teknik yang biasa digunakan oleh penulis pemula untuk belajar menulis. Salah satunya adalah menulis cepat.

Dengan teknik ini, penulis dilatih untuk menulis secara cepat dalam waktu yang ditentukan. Ambil contoh tiga menit. Pada tahap awal, tidak perlu lama durasinya. Dengan berkembangnya kemampuan, durasi bisa diperpanjang hingga lima atau sepuluh menit. Atau bahkan bisa lebih.

Target dari menulis cepat ini adalah menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Tanpa jeda dan tanpa istirahat. Penulis harus menuliskan semua yang ada dalam pikiran tanpa berhenti. Apabila tulisan yang dihasilkan ternyata tidak nyambung antarkata, antarkalimat, atau antarparagraf itu tidak masalah. Pokoknya, tugasnya adalah menuangkan semua yang ada di dalam pikiran ke dalam bentuk tulisan.

Yang perlu diperhatikan dalam menulis cepat adalah penulis tidak diperbolehkan menyunting. Jika terjadi kesalahan penulisan atau penggunaan diksi, biarkan saja. Anggap saja tidak ada tombol delete atau backspace. Pokoknya menulis dan menulis.

Setelah tiga menit berlalu, berhentilah. Kemudian lihat kembali hasil tulisannya. Tahap ini merupakan tahap penyuntingan. Jika terdapat banyak kesalahan, jangan patah hati. Silakan disunting dan diperbaiki sehingga menjadi tulisan yang enak dibaca. Tak ada penulis yang menulis tanpa kesalahan.

Yang diperlukan adalah mengurangi kesalahan dengan latihan. Dengan semakin seringnya berlatih, kesalahan penulisan akan bisa dikurangi.

Setelah tulisan disunting dan diperbaiki, jadilah tulisan yang baik dan enak dibaca. Selanjutnya latihan menulis cepat bisa dilakukan secara berulang dan kontinyu. Semoga hasilnya menjadi semakin baik dan lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

24 Mar
Balas

Alhamdulillaah, Barakallaah ilmunya, sehat dan sukses selalu Pak Lek

24 Mar
Balas

Mantap ulasannya, pak, bisa dipraktekkan...

24 Mar
Balas



search

New Post