Murni Asih

Ir. Murni Asih, M.H. Pekerja social di PaSMA Kreatif. Pekerja Seni. Penasehat Paud Almira Kudus. Penasehat Teater Tiga Koma (Anak kampus UMK), Wayang Gojek. Tin...

Selengkapnya
Navigasi Web
MALAM PITULIKURAN
Yuk, kita intip mereka yang menyiapkan sekitar tiga ribuan dus nasi jangkrik. Dan akan dibagikan bagi masyarakat umum, yang mengikuti kataman Al Quran. 🥰🥰

MALAM PITULIKURAN

118/365

28,04,2022

#kolom

#renungandiri

 

 

MALAM PITULIKUR RAMADHAN

(Agenda Rutin Kataman Quran)

 

"Loh, mau bantu masak? Puasa-puasa begini?"

Bunda Heni mengangguk.

"Acara apa ya? "

"Kataman di Menara."

Coba deh ceritain dengan jelas dan gamblang. Siang-siang begini kok masak. Anehnya lagi yang masak itu para bapak. Weeh..keren! Lah kok bisa?

"Sstt..yang adang itu para bapak yang sudah terbiasa masak. "

"Ooo.. "

Ternyata eh ternyata ada kegiatan rutin, yang diadakan oleh Yayasan Menara. Yaitu kataman Quran di setiap malam PITULIKUR ramadhan. Bertempat di Menara Kudus. Waktunya habis maghrib. Diikuti oleh masyarakat umum.

"Berapa pesertanya, Bun?"

"Hari ini bikin 3000 an dus nasi, yang akan dibagikan."

Hah!

Tiga ribuan? Luar biasa. Setiap bulan ramadhan Yayasan Menara Kudus, mengadakan kegiatan rutin tahunan saat malam pitulikur.

"Jenis nasinya apa Bun?"

"Biasanya nasi jangkrik kesukaan Eyang Sunan Kudus."

"Jangkrik? Maksudnya apa ya Bun?"

Mendengar kata jangkrik kok jadi bingung. Masa iya nasi lauknya pakai jangkrik. Gak ketemu akal.

 

"Penasaran, ya?"

Pelan-pelan Bunda Heni memaparkan, yang dimaksud "nasi jangkrik" itu adalah nasi putih lauknya daging kerbau, tahu putihan, diberi kuah santan agak pedas dan ditaburi bawang putih goreng. Wow sedapnya.

Jika untuk kegiatan peringatan 10 Muharam, nasi jangkriknya dibungkus pakai daun jati. Untuk malam pitulikur ramadhan pakai kardus. Mengapa? Karena masih ada tambahannya, seperti kurma. Wah, enak sekali.

Tahu nggak? Nasi jangkrik sejumlah tiga ribuan akan dibagikan mereka yang ikut kataman. Biasanya datang dari berbagai penjuru. Rame dan membahagiakan. Menara penuh sesak.

Nah, saya tertarik cara masaknya. Bapak-bapak yang biasa masak sudah siap sejak pagi. Untuk urusan bungkus membungkus adalah  emak-emak,  yang tergabung dalam Yayasan Menara.

"Loh, sore sudah jadi semua ya?"

"Iya. Ini nggak seberapa. Kalau 10 Muharam bisa mencapai enam belas ribuan nasi jangkrik, yang dibungkus dengan daun jati."

Yuk, kita intip bagaimana mereka menyiapkan tiga ribuan dus bagi khalayak ramai.

Semoga memberkahi. Aamiin ya rabbal'alamin🤲

 

*******

Yuk, ikut membaca surat Al Baqarah di bawah ini:

128. Rabbanaa waj 'alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka wa arinaa manaasikanaa wa tub 'alaina innaka antat tawwaabur rahiim.

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang muslim kepada-Mu, dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang muslim kepada-Mu, dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara ibadah kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Aku doakan yang ikut membaca surat Al Baqarah ini, senantiasa diberkahi dengan kesehatan, panjang umur, rezeki yang manfaat. Diampuni dosa-dosanya, diangkat semua penyakitnya. Dilancarkan segala urusannya. Aamiin ya rabbal'alamin 🤲

 

 

Salam cinta❤😘

 

Kota Suci,

 

 

#psmakreatif #kampunganakmerdeka #galang#gita #mariabhoernomo #manggarmaulana

#heniptmsi

#yayasanmenara

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow..penasaran Bunda. Pasti asyik kegiatan ini. Luar biasa.

21:09
Balas



search

New Post