Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'AMALAN PENGHAPUS DOSA ( bagian -1)'(T1228)
Semoga amalan ini menghapus dosa kita

'AMALAN PENGHAPUS DOSA ( bagian -1)'(T1228)

Ditulis oleh GBC,

Benar dalam hidup seorang muslim amal dan dosa mengiringi hidupnya hingga ke liang lahat. Terkadang dalam keseharian kita tak luput dalam berbuat dosa, karena tak ada seorang pun di dunia ini tak punya dosa.

Dalam ajaran Islam, penghapusan dosa merupakan salah satu tujuan utama bagi setiap individu yang beriman. Allah SWT dengan rahmat dan kasih sayang-Nya telah memberikan berbagai amalan yang dapat membantu umat-Nya untuk membersihkan dosa-dosa mereka dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan dalam Islam beserta dalil dan hadis yang mendukungnya:

1. Taubat Nasuha

Taubat nasuha adalah taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, tulus, dan penuh penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Az-Zumar ayat 53:

"Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah berlebihan dalam dosa-dosa mereka: Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

2. Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis riwayat Muslim:

"Shalat lima waktu, dan dari satu Jum'at ke Jum'at berikutnya, dan dari Ramadan ke Ramadan berikutnya, semuanya itu menjadi penghapus dosa antara keduanya jika dihindari dosa-dosa besar."

3. Sedekah

Memberikan sedekah tidak hanya membantu sesama manusia yang membutuhkan, tetapi juga menjadi amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

"Sedekah itu dapat memadamkan murka Allah dan memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api."

4. Membaca Al-Quran

Membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Quran merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membersihkan diri dari dosa. Rasulullah SAW bersabda:

"Bacalah Al-Quran, karena pada Hari Kiamat Al-Quran akan datang sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya."

5. Istighfar

Istighfar, yaitu meminta ampun kepada Allah, adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Hud ayat 3:

"Katakanlah: 'Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh Dia-lah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dengan mengamalkan amalan-amalan di atas dengan sungguh-sungguh, serta tulus dan ikhlas dalam niat, diharapkan setiap muslim dapat meraih pengampunan dari Allah SWT dan mendapatkan keberkahan serta rahmat-Nya.

Demikian yang dapat dituliskan,

Semoga bermanfaat, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanallah

23 Apr
Balas



search

New Post