Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'FADILAH SILATURAHMI SAAT LEBARAN'(T1217)
Saatnya mempererat persaudaraan

'FADILAH SILATURAHMI SAAT LEBARAN'(T1217)

Ditulis oleh GBC

Lebaran, momen yang dinantikan umat Islam setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Selain menjadi waktu untuk merayakan kemenangan spiritual, Lebaran juga merupakan waktu yang tepat untuk memperkuat tali silaturahmi.

Tidak hanya sebagai tradisi sosial, silaturahmi ternyata memiliki fadilah atau keutamaan yang besar dalam Islam.

Pada edisi kali ini akan kita bahas apa saja Fadilah yang tersirat saat silaturahmi yang kita lakukan.

Fadilah atau keutamaan silaturahmi di momen lebaran

1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Silaturahmi merupakan perintah agama yang ditegaskan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Dalam menjalin hubungan sosial, kita juga secara tidak langsung mendekatkan diri kepada Sang Pencipta karena merawat hubungan baik dengan sesama manusia.

2. Membangun Persaudaraan yang Kokoh

Lebaran adalah momen yang tepat untuk saling memaafkan dan mempererat ikatan kekeluargaan serta persahabatan.

Dengan silaturahmi, kita dapat menciptakan atmosfer yang penuh kedamaian dan harmoni di tengah-tengah masyarakat.

3. Menyebarkan Kebahagiaan

Melalui silaturahmi, kita berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat dan tetangga.

Memberikan ucapan selamat Lebaran, berkunjung, atau memberikan hadiah merupakan wujud kebaikan yang akan meningkatkan kegembiraan bersama.

4. Menghindari Kesombongan dan Penciptaan Perpecahan

Salah satu nilai penting dalam silaturahmi adalah rendah hati dan menghindari sikap sombong.

Dengan bertemu dan berinteraksi dengan beragam orang, kita belajar untuk menghargai perbedaan dan menghindari terjadinya konflik.

5. Menyebarkan Syiar Islam

Dengan menjalin silaturahmi, kita juga berkesempatan untuk menyebarkan nilai-nilai Islam secara langsung atau tidak langsung.

Sikap saling menghormati, tolong-menolong, dan kesederhanaan dapat menjadi teladan bagi orang lain.

Maka dari itu, di tengah-tengah riuhnya perayaan Lebaran, mari jadikan momen ini sebagai kesempatan emas untuk mempererat tali persaudaraan, memperluas jaringan sosial, dan menumbuhkan nilai-nilai kebaikan dalam diri.

Dengan berbagi kebahagiaan melalui silaturahmi, kita tidak hanya merayakan kemenangan spiritual, tetapi juga memperkaya makna kehidupan bersama..

Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin!

Demikian yang dapat dituliskan,

Salam Idul Fitri 1445 H , #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post