Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
JADILAH  CONTOH BAIK, KALO INGIN LIHAT PERUBAHAN (T810,T.55)
Berikanlah warna kebaikan pada mereka...

JADILAH CONTOH BAIK, KALO INGIN LIHAT PERUBAHAN (T810,T.55)

Di usia pertumbuhan, anak sangat butuh pendampingan yang mampu mengarahkan si anak menjadi putra putri yang memiliki karakter baik guna bekalnya di hari esok.

"Ini bisa kamu lakukan, ini tak bisa kamu lakukan" adalah contoh wejangan dan petuah yang harus dan terus didengungkan oleh orang tua dan guru mengiringi pertumbuhan sang anak baik di rumah maupun di sekolah.

Merubah si anak jangan pakai kekerasan, karena akan berdampak pada psikologisnya. Suruh mereka melakukan dengan pendekatan hati. Tapi bapak ibu harus ingat, anak punya kebebasan untuk memilih apa yang kita ajarkanajarkan, tapi selamacdalam. Perkembangan pengawasan orang tua harus mengiringinya. Jangan lepas pengawasan, sedikit saja lengah terkadang harapan orang tua si anak bisa melenceng dari apa yang selama ini ia impikan.

Hal ini banyak terjadi disekitar kita. Saat anak-anak ia sangat patuh pada orang tuanya, tapi karena pengaruh pergaulan sebaya dan diluar kontrol orang tua membuat si anak akan membentuk karakter yang ia contoh dari pergaulannya.

Peran orang tua sangat besar dalam. Pembentukan karakter dan pribadi sang anak. Selain orang tua, guru pun sangat berperan dan membantu pembentukan karakter saat si anak masih usia sekolah.

Kedua kontrol perubahan ini, baik orang tua dan guru, jangan hanya pintar menyuruh atau hanya pintar melarang. Tapi dibutuhkan contoh baik dari orang tua dan guru agar perubahan ke arah positif itu bisa segera terwujud.

Berikan contoh baik pada mereka. Salah satu contoh yang bisa diambil, jika orang tua menyuruh anak sholat dan mengaji, maka orang tua harusnya mengajaknya sholat berjamaah atau mengaji bareng, sehingga anak merasa ada kedekatan batin dengan orang tuanya termasuk perintah orang tuanya dengan sendirinya telah ia lakukan.

Bukan justru orang tuanya hanya pintar menyuruh kearah kebaikan, tapi mereka sendiri tak melakukan. Orang tuanya tak sholat atau tak mengaji contohnya. Sehingga dalam benak si anak, "mengapa saya harus melakukannya sedangkan orang tua saya malas sholat bahkan mengaji pun tak pernah si anak lihat".

Jadi sebagai orang tua dan guru, berikanlah contoh baik pada anak kita atau anak didik kita dengan menjadikan diri kita sebagai contoh, dengan sendirinya akan tumbuh dalam diri anak akan melakukan perintah yang kita suruhkan, karena orang tua atau guru saja melakukannya, masa saya tak ikut melakukan hal baik itu.

Demikian yang bisa dituliskan, semoga bermanfaat

Salam perubahan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post