Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'JANGAN SAMPAI TERLEWATKAN! KEISTIMEWAAN 10 HARI KEDUA RAMADAN ' (T1196)
Jangan sampai lupa mengerjakan amalan ibadah puasa di 10 Ramadan kedua

'JANGAN SAMPAI TERLEWATKAN! KEISTIMEWAAN 10 HARI KEDUA RAMADAN ' (T1196)

Ditulis oleh GBC

Alhamdulillah, tak terasa umat Islam telah melalui sepuluh hari pertama Ramadhan 1445 H.

Bulan Ramadhan yang sedang kita masuki ini terbagi menjadi tiga fase yang masing-masing memiliki keutamaan, yaitu sepuluh hari pertama rahmat, sepuluh hari kedua adalah ampunan, dan sepuluh hari ketiga adalah terbebas dari api neraka.

Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka." (HR. Al-Baihaqi).

Lalu apa keistimewaan dan keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadhan?

Setelah bersungguh-sungguh menjalani 10 hari pertama, tiba saatnya semakin giat untuk menjalankan ibadah di 10 hari kedua Ramadhan.

Berikut keistimewaannya yang di lansir dari berbagai sumber:

1. Diampuni dosa

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa fase kedua Ramadhan adalah maghfiroh atau ampunan. Oleh karena itu, Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang telah lalu di sepuluh hari kedua Ramadhan.

"Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan pengharapan, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu," (HR. Bukhari Muslim)

2. Wujud istiqamah

Mampu menjalankan ibadah pada sepuluh hari kedua Ramadhan merupakan sebuah kenikmatan iman dari Allah SWT. Pasalnya, tidak semua orang mampu melakukannya.

Wujud dari orang yang mempunyai keistiqamahan adalah mereka tetap menjalani ibadah puasa Ramadan secara lengkap dalam sepuluh hari kedua bulan Ramadan.

3. Pahala dilipatgandakan

Ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan.

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku," (HR. Muslim).

4. Dibukanya pintu surga

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika telah datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai," (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Dikabulkannya doa

Fase kedua atau fase 10 hari kedua Ramadhan inilah Allah membukakan pintu magfirah atau ampunan yang seluas-luasnya.

Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan sia-sia. Pada waktu-waktu inilah saat yang paling tepat untuk memperbanyak doa serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu agar diampuni dan dibebaskan dari hukuman.

Perbanyaklah melakukan sholat malam, berdoa , tilawah Al-Quran, dan berzikir karena pada 10 hari kedua Ramadhan ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Demikian yang dapat dituliskan, semoga bermanfaat

Salam Ramadan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallah Pak Nawawi

22 Mar
Balas



search

New Post