Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'MENGAPA KITA HARUS BERZAKAT?(T1212)
Haruskah kita berzakat?

'MENGAPA KITA HARUS BERZAKAT?(T1212)

Ditulis oleh GBC

Berzakat merupakan salah satu pilar utama dalam ajaran Islam yang memiliki banyak manfaat dan tujuan yang mendalam.

Praktik berzakat bukan hanya sekadar kewajiban agama, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari kepedulian sosial, solidaritas, dan keadilan dalam masyarakat.

Pada artikel kali ini akan diuraikan beberapa alasan mengapa kita harus berzakat?

Berikut uraian mengapa kita harus berzakat

1. Ketaatan kepada Perintah Allah

Berzakat adalah kewajiban yang ditetapkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 177, Allah memerintahkan umat Islam untuk memberikan zakat sebagai salah satu bentuk ibadah dan ketaatan kepada-Nya.

Dengan melaksanakan kewajiban berzakat, kita menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kepada perintah Allah.

2. Membantu Masyarakat yang Membutuhkan

Salah satu tujuan utama dari zakat adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Zakat memberikan bantuan kepada fakir miskin, yatim piatu, janda, orang-orang terlantar, dan golongan yang kurang mampu lainnya.

Melalui zakat, mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan.

3. Menjaga Keseimbangan Sosial dan Ekonomi

Zakat membantu mengatur distribusi kekayaan di masyarakat dengan memberikan hak bagi yang membutuhkan. Hal ini membantu menjaga keseimbangan sosial dan ekonomi, serta mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin.

Dengan demikian, zakat membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

4. Pembersihan dan Penyucian Harta

Zakat memiliki makna harfiah "pembersihan" dan "penyucian". Dengan memberikan zakat, kita membersihkan harta kita dari sifat serakah dan kedekatan terhadap materi, serta menyucikan diri dari dosa-dosa yang terkait dengan kekayaan.

Hal ini membantu memperkuat iman dan spiritualitas kita sebagai umat Islam.

5. Mendapatkan Berkah dan Keberkahan

Dalam ajaran Islam, memberikan zakat diyakini dapat membuka pintu-pintu rezeki dan mendatangkan berkah dari Allah SWT.

Dengan berzakat, kita berinvestasi dalam kebaikan yang akan memberikan manfaat tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

Zakat juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6. Meningkatkan Kesadaran Sosial dan Kemanusiaan

Melalui praktik zakat, kita mengembangkan rasa empati dan kepedulian terhadap kondisi sesama manusia.

Hal ini membantu memperkuat ikatan sosial dan kemanusiaan dalam masyarakat.

Dengan berzakat, kita menjadi agen perubahan positif dalam membantu membangun masyarakat yang lebih berkeadilan dan berwawasan kemanusiaan.

Dengan memahami pentingnya berzakat dan melaksanakannya dengan ikhlas, kita dapat berperan dalam membangun masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan penuh kasih sayang sesuai dengan ajaran Islam yang mulia.

Demikian yang dapat dituliskan,

Salam Ramadan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post