Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'MENJAGA HABLUMMINALLAH SELAMA BULAN SUCI RAMADAN' (T1194)
Jangan sampai lupakan sang Pencipta

'MENJAGA HABLUMMINALLAH SELAMA BULAN SUCI RAMADAN' (T1194)

Ditulis oleh GBC

Ramadan, bulan penuh berkah bagi umat Islam, adalah waktu yang istimewa untuk memperkuat hubungan dengan Allah. Salah satu aspek penting dari praktik keagamaan selama Ramadan adalah menjaga "Hablumminallah" atau hubungan dengan Allah.

Apa saja bentuk Hablumminallah kita dengan sang pencipta?

Di bawah ini, penulis akan mengajak pembaca menjelajahi beberapa cara untuk menjaga hubungan spiritual kita dengan Sang Pencipta selama bulan suci ini,.

1. Ibadah yang Konsisten:

- Melaksanakan shalat lima waktu dengan konsistensi dan khushu (khusyuk).

- Membaca Al-Qur'an setiap hari, baik secara individu maupun dalam kelompok, untuk mendapatkan petunjuk dan keberkahan.

2. Puasa dengan Kesadaran:

- Menjalankan puasa dengan penuh kesadaran dan keikhlasan sebagai bentuk ibadah kepada Allah.

- Mengingatkan diri sendiri tentang tujuan sejati puasa, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kesadaran spiritual.

3. Dzikir dan Doa:

- Melakukan dzikir dan berdoa secara rutin untuk memperkuat ikatan dengan Allah.

- Menghabiskan waktu menjelang berbuka dan di akhir malam dengan berdoa serta memohon ampunan dan keberkahan dari Allah.

4. Meningkatkan Amal Kebaikan:

- Melakukan amal kebaikan seperti bersedekah, menolong sesama, dan berbuat baik kepada orang lain sebagai bentuk pengabdian kepada Allah.

- Menggunakan Ramadan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan amal ibadah.

5. Meningkatkan Kesadaran Spiritual:

- Merenungkan makna dan tujuan ibadah selama Ramadan serta mengingatkan diri sendiri tentang kebesaran Allah.

- Mempertajam kesadaran spiritual melalui introspeksi diri dan refleksi atas tindakan serta perilaku kita.

6. Menghindari Diri dari Dosa:

- Menghindari dosa-dosa besar dan kecil serta berusaha untuk meningkatkan taqwa (ketakwaan) kepada Allah.

- Berkomitmen untuk menjauhi segala hal yang dapat menyebabkan kemurkaan Allah.

7. Menjaga Hubungan dengan Orang Shalih:

- Berinteraksi dengan orang-orang yang beriman dan berakhlak baik untuk saling memberi dorongan dan inspirasi dalam menjaga hubungan dengan Allah.

- Berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan bersama untuk memperkuat ikatan dengan komunitas Muslim.

8. Menghargai Waktu dan Kesempatan:

- Menghargai setiap momen Ramadan sebagai waktu yang istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah.

- Memanfaatkan kesempatan ini untuk bertobat, memperbaiki diri, dan meningkatkan ibadah serta ketaatan kepada Allah.

Menjaga "Hablumminallah" atau hubungan dengan Allah adalah inti dari ibadah selama Ramadan.

Dengan memperkuat hubungan spiritual kita dan meningkatkan ketaatan kepada-Nya selama bulan suci ini, diharapkan kita dapat merasakan kedamaian, keberkahan, dan kemurahan-Nya dalam setiap langkah hidup kita.

Demikian yang dapat dituliskan, semoga bermanfaat

Salam Ramadan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post